Saturday, 15 October 2011

Unek-Unek

Kemarin sore pulang kerja langsung tancap gas nonton Secret Garden.Melewati episode yang bikin nangis-nangis bombay gitu.Episode klimaks yang bercampur aduk,hua hua hua T.T. Sambil gelap-gelapan karena lampu belum dipasang,aksi menangis berlanjut sampai magrib.Sampai akhirnya my Ibu menyuruhku menghidupkan lampu.Beliau bilang pake bahasa jawa,yang terjemahannya seperti ini,,"Nah kalau gitu kan kelihatan,tu ingusnya kesana kemari,liat TV aja pake acara ditangisin segala,"hua hua T.T.Langsung malu dan nutup muka pake bantal :-D.

Bukannya saya mau cerita Secret Garden lagi,tapi yah memang tu drama nggak ada matinya.Ceritanya komplit kaya' jamu.Bisa dibilang drama itu bukan hanya untuk remaja,tapi ibu-ibu juga bisa menontonnya.Kalau untuk anak kecil,harus ada bimbingan dari orang tua (BO).

Kalau menurut pengamatan saya,sebagian besar anak-anak muda Indonesia pada doyan yang namanya drama Korea.Kenapa sih mereka senang sekali dengan drama dari Negeri Gingseng tersebut???
Jawaban saya,karena dramanya hidup dan ceritanya bervariasi (Jangan lupa juga artisnya yang keren-keren).Sekalipun tema cerita sama,mereka bisa menyajikan secara berbeda dan itu sangat menarik para penonton (termasuk saya sendiri).

Coba kita lihat sinetron di Indonesia.Ceritanya sama,dimuter-muterin sampai episode entah keberapa dan nggak pernah jelas akhirnya.Kebanyakan para penonton setia adalah ibu-ibu rumah tangga.Lalu sinetron untuk anak-anak dan remaja mana???Kita butuh (maksudnya saya-anak rumahan ) hiburan yang bertema remaja.

Perbandingannya sangat signifikan.Kalau drama korea,ada pemainya berumur 30-an masih diberi peran yang berjiwa muda,sangat mengasyikkan,jadi mereka terlihat awet muda.Betapa mereka masih sangat kompeten didunia keartisan.Di Indonesia,pemerannya masih pantes SMA dan Kuliyah,perannya jadi ibu-ibu rumah tangga,ngurus anak bla bla bla.Ah....mereka jadi terlihat tua.Kalau sudah tua pun dandanannya akan sama,membosankan sekali.Satu hal yang nggak lepas dari tema persinetronan Indonesia adalah rebutan harta.Ujungnya???Balas dendam,saling bermusuhan,ah cape deh!!!

Saya sebagai penonton,sangat ingin Indonesia lebih kreatif dalam hal persinetronan (Dalam segala bidang malah sangat mendukung).Nggak usah deh pake episode yang super panjang kaya' jalan tol.Beri variasi jangan striping melulu.Karena anak muda juga butuh hiburan.Di Indonesia ini yang hidup dari berbagai usia nggak hanya satu golongan saja.

Kalau boleh bilang,ambil tema yang simpel dan buat menjadi sinetron yang lebih modern.Kita Bangsa yang kaya akan cerita sejarah.Bisa saja toh cerita ala-ala malin kundang,roro jongggrang,mahabarata rama-sinta.
Iya nggak???

Intinya,saya suka cerita Secret Garden :-D
Nggak nyambung ah.....
Garing banget...............
Yah sudahlah...............




0 komentar:

Post a Comment

Mana jejak tulisanmu?