Sunday, 27 November 2011

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Kita manusia sama tidak ada yang membedakan diantara kita.Kita mempunyai cita-cita dan mereka penyandang  disabilitas juga memilikinya.Mereka adalah makhluk istimewa meskipun raga mereka tak utuh.

Sebut saja teman Taman pendidikan Al-Qur'an (TPQ) ku dulu bernama Santi.Dia gadis cilik nan cantik penderita tuna wicara.Ketika aku bersamanya,jujur kadang aku bingung dan menggunakan banyak bahasa isyarat agar bisa berkomukasi dengannya.Jika orang disekitarnya tak mengerti tentang apa yang diinginkannya,dia akan menangis dan membuat hatiku begitu teriris mendengarnya.Saat mulai sekolah dasar,orang tuanya pun memasukkannya ke SDLB sehingga dia banyak belajar berkomunikasi dengan baik.

Disabilitas sendiri didefinisikan sebagai ketidak mampuan untuk terlibat dalam aktivitas penting yang berguna oleh karena keterbatasan fisik/mental yang dapat ditentukan secara medis.Sementara World Heatlh Organization (WHO) sendiri mendefinisikan sebagai keadaan terbatasnya kemampuan (disebabkan karena adanya hendaya) untuk melakukan aktivitas dalam batas-batas yang dianggap normal oleh manusia.Tiga syarat yang harus dipenuhi untuk mendefinisikan disabilitas yaitu durasi waktu,tidak adanya aktifitas penting yang berguna,dan adanya keterbatasan yang dapat ditentukan secara medis.Selain itu,disabilitas juga dipengaruhi faktor ekonomi,sosial dan lingkungan pekerjaan ,geografi dan tipe pekerjaan.

Salah satu hal penting dalam penentuan disabilitas adalah hendaya yang dapat ditentukan secara medis.Bertolak belakang dengan definisi disabilitas,hendaya didefinisikan sebagai terdapatnya penyakit spesifik yang cukup parah untuk mendukung kesimpulan bahwa penurunan fungsi telah terjadi.

Jika mengikuti alur tentang apa itu disabilitas,tidak akan pernah ada habisnya.Penyandang disabilitas memiliki hak-hak yang patut diperjuangkan.Lihat mereka saat ini,banyak yang membutuhkan uluran tangan.Jangan memandang mereka sebelah mata,karena banyak juga dari mereka yang justru memberikan motivasi kepada kita orang yang dibilang normal.

Seperti halnya Nick Vujicic motivator dan direktur Life Without Limbs dari Australia yang justru memberikan banyak motivasi pada orang lain.Bu Rusidah fotografer dari Purworejo yang dengan segala kekurangannya,mampu memberikan hal lebih dengan kameranya.Hirotada Ototake penulis dari Jepang yang sukses dengan bukunya “Life Without Limits”.



Dian Inggrawati Soebabil,wanita yang membawa nama Indonesia dalam ajang Miss Deaf World 2011 dan menjadi juara runner up ke dua.Masih banyak dari mereka yang tak terekam tapi mampu memberikan hal lebih untuk orang lain.

 *****

Kisah lain,Tiara gadis kecil itu menderita keterbelakangan mental.Saat aku melihat dan berbicara dengannya,wajahnya sungguh polos tak berdosa.Pancaran sinar matanya penuh dengan semangat yang membara.Ini yang membuat orang disekitar menjadi sayang padanya.

Saat ini,terdapat 146 negara yang menandatangani Konvensi Hak Orang dengan Disabilitas (CRPD),89 penandatangan Protocol, 90 Ratifikasi terhadap Konvensi dan 59 ratifikasi protokol.Indonesia sendiri merupakan negara yang hanya dapat menandatangani tapi belum meratifikasinya.

Penyandang disabilitas bukan obyek amal ataupun obyek kasihan.Mereka berhak memperjuangkan hak-hak mereka sebagai makhluk yang sama-sama hidup didunia ini.Indonesia sendiri telah mengaturnya dalam Undang- Undang No.4 tahun 1997 tentang penyandang disabilitas.Secara khusus untuk anak-anak penyandang disabilitas perlindungan anak telah diatur dalam Undang- Undang No.23 tahun 2002.Mereka berhak atas pendidikan (baik pendidikan biasa maupun pendidikan luar biasa),kesejahteraan sosial,dan hak untuk memperoleh perlakuan yang sama dengan anak lainnya untuk mencapai integrasi sosial sepenuh mungkin dan pengembangan secara umum.

Kesetaraan dan non diskriminasi merupakan salah satu syarat terbukanya berbagai akses bagi penyandang disabilitas.Dalam hal ini,salah satunya adalah Kartunet yang merupakan situs web yang pendirinya sendiri adalah pemuda pemudi tunanetra.Kartunet lebih dari media yang memberikan kesempatan pada mereka penyandang disabilitas untuk tetap maju sesuai perkembangan zaman yang tambah modern.Kartunet sendiri berasal dari Kar = Karya,Tunet = Tunanetra.Awal tahu tentang kartunet,saya sungguh tidak tahu bahwa mereka adalah orang-orang hebat.Saya pikir mereka orang biasa yang juga menyukai dunia tulis menulis.Melihat dan membaca karya mereka,sungguh luat biasa.Sungguh apresiasi yang besar terhadap semua karya mereka terutama bahasan tentang disabilitas.

Kalau mereka bisa berkarnya sebagus itu,kenapa kita sebagai makhluk yang masih memiliki kelengkapan dalam segala hal tidak bisa memberikan hal yang jauh lebih baik?.Kadang kala masyarakat sendiri menganggap mereka rendah karena tak bisa apa-apa.Bagaimana jika mereka adalah keluarga kita bahkan kita sendiri???.Tapi kenyataannya berbeda,justru mereka jauh lebih semangat dalam menapaki hidup yang penuh dengan cobaan dan ujian.

Masihkah ada diskriminasi sosial pada masyarakat tentang penyandang disabilitas??? Jawabannya jelas ada.Kita tidak mungkin bisa menjangkau seluruh masyarat untuk memberikan penyuluhan tentang apa itu disabilitas dan hak-hak mereka.Tapi kita bisa menguranginya dengan mulai dari diri kita sendiri bahwa mereka dan kita adalah makhluk sosial yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama.Kita seharusnya saling  bantu membantu dengan mereka.Sebagai makhluk beragama,mereka mempunyai hak yang wajib kita penuhi.

"Tidak beriman salah seorang dari kalian sehingga mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR.Bukhari).


Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Kekurang bukan alasan untuk meminta belas kasihan,tapi kekurangan merupakan motivator terbesar dalam diri kita.Banyak orang yang kuat fisiknya,meminta -minta seolah mereka benar-benar makhluk yang sangat menderita.Tapi jauh diluar sana,banyak penyandang disabilitas yang justru semangat berkarya,tidak meminta bahkan memberi pada kita. Apakah kita tidak malu jika kenyataannya disini memang seperti itu???

Mereka itu orang yang hebat.Mereka adalah makhluk istimewa yang diciptakan Allah disekeliling kita.Kedudukan kita sama,yang membedakan adalah ketaqwaan kita saja.Jangan pernah berfikir kita sudah sempurna karena tak ada manusia yang sempurna.Bisa jadi mereka yang dianggap tidak sempurna,jauh lebih sempurna di hadapan-Nya.Peluklah mereka,karena mereka itu hebat.


Dengan adanya Kartunet,keterbukaan tentang disabilitas dapat diketahui lebih jelas.Harapan untuk semua terutama untuk  Kartunet, dengan adanya situs ini semoga orang - orang disabilitas bisa mendapat haknya secara utuh dan masyarakat terutama kita ataupun pemerintah tidak lagi menganggap mereka berbeda.

8 comments:

  1. Jiah kok perasaan banyak blog yang memosting postingan dengan judul yang sama ya? :-s

    Dalam rangka apa sih?

    ReplyDelete
  2. iyaa ini sebenarnya apaa yaa??

    *jiah, aku follow yaa ^__^ ditunggu follow baliknya~ berteman denganku ya? salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. itu mb' dlam rangka kontes semi seo kartunet 2011....ntar aq follow back ^^

    ReplyDelete
  4. Terima kasih informasinya, blognya ringan gan.. ayo galakan kepedulian masyarakat terhadap para penyandang cacat di Indonesia.

    Pernahkah anda merasa betapa kasihannya para penyandang cacat di Indonesia?.

    Bagaimana tanggapan keras anda mewujudkan Indonesia akan hak para orang cacat (Disabilitas dan Pandangan Masyarakat) untuk sekarang ini? Terima kasih informasinya, blognya ringan gan.. ayo galakan kepedulian masyarakat terhadap para penyandang cacat di Indonesia.

    Pernahkah anda merasa betapa kasihannya para penyandang cacat di Indonesia?.

    Bagaimana tanggapan keras anda mewujudkan Indonesia akan hak para orang cacat (Disabilitas dan Pandangan Masyarakat) untuk sekarang ini?

    ReplyDelete
  5. @ muslih21 : sama"....wah kalau dijelaskan yah susah,,enakan langsung mewujudkan biar nggak OOT~omong" tok,,,

    ReplyDelete
  6. Yuk rame-rame dukung kontes disabilitas di Indonesia biar meriah..disabilitas di Indonesia harus ditingkat, ditingkatkan apanya?? ditingkatkan akan kepedulian dan kasih sayang terhadap para disabilitas...
    Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
    Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
    Informasi Lengkap Online | Curhat Pengalamant

    ReplyDelete
  7. Blognya makin rame aja gan, sukse untuk kontsnya, mari sama2 semangat, ane muviblogiztic

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?