Monday, 23 January 2012

Sudut Dunia Maya

Maya
Dimana kau berada
Hatiku sudah rindu ke padamu
Maya
Jangan kau tinggalkan diriku
Maya
Sunyi Tanpa kau di sisiku
@laginyanyilaguMuchsinAlatas

Sebuah dunia yang tak bisa dijelaskan dengan kata dan dunia yang tak berujung. Dunia Maya itu Dunia Impian -> Neverland yang memang tak pernah ada.

Gara-gara Maya juga, Rahul dalam Movie Dil To Pagal Hai aka My Heart Is Crazy jadi sedikit gila. Rahul membayangkan dia akan melakukan pertunjukan dengan sebuah karakter bernama 'Maya'. Tapi ketika teman-temannya bertanya, apa itu Maya? Dia sendiri tidak tahu. Jadi Dunia Maya itu belum terdefinisi.

Dari Dunia Maya Dunia Impian -> Neverland aku juga belajar dari Putri Cahaya yang mencari Peter Pan yang hilang. Baru diawal aku sudah bingung, Tubuhku melayang dan segera menuju bintang kedua dari sebelah kanan langit malam. Langit malam itu ada arahnya yah?? Sebelah kanan langit itu mana? Atau jangan-jangan Putri Cahaya membawa kompas??? Tapi di langit, apa kompas itu bisa berfungsi?



Perlahan, aku mengeluarkan botol berisi bintang kecil nan berharga yang tadi kuambil dalam perjalanan menuju kesini. Di tanganku yang lain masih tersisa dua botol kosong lagi. Tak terpikir solusi apapun selain bagaimana mendatangkan triliunan cahaya sehingga bisa melenyapkan kegelapan ini. Aku melirik Tinker Bell,


"Aku butuh hujan. Dimanakah aku bisa mendapatkannya?"
"Untuk apa menemui hujan?"
"Untuk mendatangkan pelangi,"


Aku kira untuk apa. Tapi bukankah untuk mendatangkan triliunan cahaya dan melenyapkan kegelapan, Putri Cahaya bisa menggunakan jiwanya? Jiwa yang memang bercahaya seperti namanya. Mungkin saat ini hati terasa gelap, tapi dengan cahaya dari jiwa di sudut kecil nurani kita bisa memusnakan kegelapan itu.

Ada Pelangi, Hujan dan Bintang

Ketika pertama kali melihat pelangi, akan terbersit pikiran bahwa dia hanyalah fatamorgana. Namun semakin lama melihatnya, siapa pun akan sadar, pelangi mempunyai kekuatan pemulih impian yang sangat dahsyat. Pelangi senantiasa akan menuntun orang-orang yang kehilangan jejak impian dan membawanya ke ujung tanpa batas.


Yah ... Pelangi datang dengan keindahannya. Sebuah biasan dari kilauan cahaya Sang Surya. Setiap hujan selesai dengan nada lagunya, hanya sekali dua kali aku melihat pelangi. Lalu kemanakah aku mencari jejak pelangi yang akan menuntunku?? Apakah pelangi itu ada di dalam jiwa dan keyakinanku?

Hujan, sosok yang kadang mengisyaratkan sendu dan harapan palsu. Tak jarang kesalahpahaman terjadi, apakah hujan membawa berkah atau malah membawa petaka.


Hujan, Entah ....
Saat ini terkadang aku masih takut akan hujan, tapi aku juga menyukainya. Hujan Zero to Hero yang kadang  membiarkanku berhayal jauh tapi juga membawaku menepi menghindari kilatan petir. Putri Cahaya adalah sosok yang menyukai hujan dengan segala kekuatannya. Hujan yang membuat hatimu berdebar saat pertama kali bersentuhan dengan kisahnya. Hujan perantara rasa yang tak terjabarkan dengan kata.

"Ini untukmu, simpanlah. Dahulu bintang dianggap sebagai sosok pelampiasan amarah dari langit. Bukan itu saja, bintang juga mendapatkan sinyal rasa pedih dan sakit dari sekitarnya. Namun karenanya, saat ini kilauan  bintang benar-benar hangat. Bintang sampai kapan pun akan menjadi sahabat terbaik bagi siapa pun juga. Walau kadang tak terlihat bahkan seakan tak peduli, bintang akan selalu ada bagi jiwa yang membutuhkannya."


Aku rasa, Bitang ini bukan untuk Tinker Bell tapi untukku. Bintang yang selalu menjadi sahabatku yang benar-benar menghangatkan jiwaku. Bintang adalah sosok yang bercahaya yang akan selalu menghangatkan jiwaku yang dingin.


Kini aku mengerti, Ada Pelangi, Hujan dan Bintang yang melambangkan arti tersendiri dalam Dunia Maya Dunia Impian -> Neverland. Ketika aku terjatuh, menangis karena aku kehilangan arah. Orang disekelilingku selalu percaya bahwa aku bisa melewati semua. Lalu kenapa kadang aku masih ragu?

Neverland bermandikan cahaya, dan benar Kata Puteri Cahaya bahwa kegelapan muncul karena hilangnya rasa percaya diri pada impian. Ketika diri sendiri tak percaya bagaimana  mungkin orang akan percaya bahwa kita mampu meraihnya? Bukankah setiap solusi sudah diberikan oleh Sang Pemilik Masalah yang tersimpan rapi di setiap lubuk hati?

Aku sadar, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Setiap masalah pasti ada penyelesaiannya karena sesungguhnya bersama kesulitan pasti ada kemudahan. Kini tinggal hatiku sendiri, aku harus yakin bahwa aku bisa menyelesaikan ujian ini.

Lalu dimanakah aku bisa mencari Sudut Dunia Maya? Melalui garis lintang dan garis bujur aku mengadu. Aku tak tahu walaupun sudah ku tinggalkan jejakku disini. Meskipun jarak kisah kebahagian Dunia Maya hanya satu senti, tetap saja aku tak tahu dimanakah sudut duniamu itu. Ini adalah rahasia karena kehidupan tidak pernah sama.

Kau tahu tempat antara tidur dan terjaga?
Tempat di mana kamu masih bisa mengingat mimpi?
Di situlah Aku akan selalu mencintaimu. 
Di situlah aku akan menunggu


Tapi bukan itu yang ingin ku katakan.

Kau tahu tempat antara Jepara dan Makassar?
Tempat dimana kau memberikan banyak hal padaku
Disudut itulah aku banyak belajar
Dan disitulah aku menemukanmu
Mb' Maya
Bukan dalam pusaran cinta itu
Bukan pula antara Cinta dan Cita
Ketika kau membuka pintu cinta
Lalu memperlihatkan warnanya,
Aku sadar
Kita ini berbeda
Seperti antara aku, kamu dan hujan
Lalu
Bolehkah aku
Mengambil sedikit cahaya perhiasanmu?

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Kemilau Cahaya Emas yang diselanggarakan oleh Nurmayanti Zain"




52 comments:

  1. postingan yang bagus, jadi bikin semangat nulis lagi nih.. :)





    hiakuherry

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau ada yg ikut bersemangat :-D

      Delete
  2. saya suka dengan lukisan alam. suasana yang didapet gak hanya sendu, tapi juga semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hasil karya mb' Maya... saya cuma ikut nimbrung dikit :-D

      Delete
  3. Hihi penulisan Jiah makin rapiii, maksudku tanda baca dll gituuu. Pisss ^^
    Sukses GAnyaaa...
    Maaf belum mampir ke postingan lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah~
      Mb' Una kaya guru bhsa Indonesia :-D
      aminnn,, g papa kalo belum mampir

      Delete
  4. sukses but GAnya y ...semoga semkin rajin nulis..:)

    ReplyDelete
  5. wow, perlu perhatian khsus nih bacanya, TOP BGT, sukses sama GA nya ya :D

    ReplyDelete
  6. sukses ji GA nya ji..... Gong si fa coi ditunggu angpaonya

    ReplyDelete
  7. di sini pun hujan.. #ngeliatkemataMaya

    ReplyDelete
  8. kalau aku ingatnya wonderlandnya is alice, wkkwkw

    semoga menang ya GA-nya..

    ReplyDelete
  9. wah bagus jiah.semoga menang ya? :D

    ReplyDelete
  10. :) sungguh, dari awal sampai akhir aku nggak bisa berhenti senyum-senyum sendiri...
    jiah, tulisannya masyaAllah :)
    berirama dan beralur dngan manis ^^

    ---------------
    sudah terdaftar
    terima kasih atas partisipasinya ya jiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah~
      ati" mb' jgn senyum" sendiri :p
      makasih mb' ^^

      Delete
    2. ups =P
      hihihihi ^^ jiah kan juga senyum tuh~
      hayoo, ngaku..! =)

      Delete
    3. heheh~
      baca komentnya bikin senyum :-D

      Delete
  11. woaaaaaaaaaaaaaaah its awesome. . .
    good luck ya. . .

    salam. . .

    ReplyDelete
  12. hadiiir...ini 'MAYA' hadiirrr...hehehehe...selamat dan sukses utk GAnya yaa

    ReplyDelete
  13. waahh ternyata jiah ikutan juga.. sama dong kalo gitu, hehe :D

    semoga kita sukses yaa GA nya

    ReplyDelete
  14. puisinya baagus mbak, tapi fontnya itu... warna warni, apalagi yang biru tua itu. ketutupan sama headernya yang gelap. #IMHO

    =,=

    ReplyDelete
  15. iya ini ilustrasinya kalau di jadiin ke dunia nyata kaya Alice In Wonderland,tapi overall keren kok tulisan kamu
    aku doain biar menang deh

    ReplyDelete
  16. Mantap, sangat menyentuh.. Gue suka hujan ketika lagi galau.. :D

    ReplyDelete
  17. Tulisannya kaya pelangi warna warni..

    sukses ya ngontesnya..

    ReplyDelete
  18. makasih ya dah menyebut kota asalku Makassar.., ayuk ke makassar hehe...

    ReplyDelete
  19. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..
    menyentuuh bangeett, suksess yaa.. D

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  20. wah lagi ikutan kontes yg diadain mbak nurma ea ? :)
    sukses ya...

    ReplyDelete
  21. Napa engga dikasih judul "gara-gara Maya" aja Jiah hehe

    sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gara-gara kan milik mas Lozz,,, nanti dikira niru :-D
      makasih yah :-)

      Delete
  22. keren keren... kayaknya ngena banget gitu. . .. moga menang ya ... . .

    ReplyDelete
  23. Diantara tidur dan terjaga, banyak mimpi hingga berupaya terkait dgn dunianya "maya" hehe...
    Salam!

    ReplyDelete
  24. selamat ya Jiah... kamu jd pemenangnya tuh..
    ^_^

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?