Monday, 26 March 2012

Kalau Pedagang Cantik

Pagi-pagi yang dingin, seperti biasa aku pergi ke pasar desa. Sebuah pasar kecil yang letaknya ngga terlalu jauh dari rumah. Setelah hujan deras semalam, pagi ini pedagang yang datang masih sedikit. Entah aku yang datang kepagian atau mereka memang datang siang :uhuk

Setelah membeli bahan makanan yang dibutuhkan, aku juga beli cabe. Gara-gara BBM mau naik, bahan makanan juga ikut naik. Yang jadi masalah, kapan gajiku naik?? :peace

Ya sudahlah, bosen bahas BBM yang belom jelas. Nah, lagi nunggu si penjual ambilin cabe, ada pedagang ikan yang lewat. Beuh, cantik.... Ya memang dia masih muda. Mungkin sih saumuran sama aku atau malah dibawahku satu tahun.

Tiba-tiba ada pedagang lain yang nyeletuk,

"Wong jualan ikan teri aja dandanannnya kayak artis, mending kalo bawa pulpen"

Pedagang lain nimbrung,

"Amit deh, emang tuh terlalu,"

(Pembicaraan pedagang kurang lebih seperti itu. Hanya saja memakai dialek jawa. Ketika aku tulis, jadi lebih modern :uhuk )

Ahihihi, aku jadi ngelus dada sendiri :waduh
Hari gini masih kolot aja pemikirannya. Yah, harap maklum, orang desa yang agak berumur :kedip

Aku jadi mikir, bukannya si mb' yang jualan ikan itu keren? Jarang banget lho nemu pedagang cantik yang mau sedikit kotor. Plusnya lagi, dia itu masih muda. Bukannya jualan ikan itu pekerjaan yang halal? Tau ngga, betapa hebatnya dia. Pagi-pagi udah ke TPI buat nyari ikan.  Trus apa bedanya dong waktu aku jualan sosis goreng dan berpakaian rapi plus berjilbab? Bukannya sama aja?

Pantas saja Nabi pernah bersabda, "Sebaik-baiknya tempat adalah masjid dan sejelek-jeleknya tempat adalah pasar"

Disini, bukan berarti pasar itu tempat yang ngga pantas dikunjungi. Tapi coba perhatikan sedikit. Kadang kala ada pedagang yang ngga jujur, ada juga yang ini itu terjadi dipasar. Dan contoh yang lain yaitu ghibah  aka menggunjing dipasar ternyata sudah lumrah. Haduh :waduh

Kalo menurut bapakku, bukannya penampilan yang rapi dan menarik itu menjadi salah satu perhatian? Meskipun hanya berjualan ikan, bukannya yang bersih dan menarik akan menjadi ciri khas si mb' pedagang itu? Paling ngga, kalo yang beli lagi agak males, trus lihat mb'nya yang jualan cantik, siapa tau jadi pengen beli :uhuk

Nabi aja yang seorang rosul besar, dia adalah seorang penggembala kambing. Nabi Muhammad SAW sang penggembala disanjung seluruh umat. Apa ngga hebat? Subhanallah...

Jadi kalau pedagang cantik, so what gitu lho :smile

27 comments:

  1. buat menarik pembeli juga kan harusnya tuh bagus...

    ya pertama tertarik sama mbaknya terus ntar beli deh

    ReplyDelete
  2. yup setuju, asal mungkin dandan'a jgn kelewatan sampe pake sanggul LOL

    "Wong jualan ikan teri aja dandanannnya kayak artis, mending kalo bawa pulpen"

    emank kenapa kalau bawa pulpen?

    ReplyDelete
  3. bisa-bisa ada yang beli bukan karena butuh, tapi karena ingin ngeliat mbak cantik itu dari dekat, xixixi

    ReplyDelete
  4. pokoknya klop aja deh, dandanannya sama yang dijual...

    dandanannya cantik/ganteng
    yang dijual : barangnya "fresh.."

    wkwk :D

    ReplyDelete
  5. Iya jadi ingat dulu pernah bacakan cerita sama anak bahwa gak boleh lama2 ke pasar karena pasar itu ibarat 'masjid' iblis, kamar mandi ibarat rumahnya iblis. Syukurnya sampe sekarang mereka ingat jadi nggak mau lama2 dikamar mandi dan gak suka pasar ^^

    ReplyDelete
  6. yang gunjing penjual cantik ngiri aje dahh :D takut kalah saing kaliii #eehhh...hihiiii

    ReplyDelete
  7. Ya iyah lah harus poin utama juga pedagang bersih bagi si pembeli yang akan membeli barang atau makanannya sehingga si pembeli merasa kalo orangnya besih barangnya ga usah diragukan lagi :)) sekedah penambah. Salam, kunjungan pertama nih^^

    ReplyDelete
  8. Tuh pasa iri yang ngegunjingin kali jiah :D
    Pasti laris deh mbaknya cantik yang jualan :))

    ReplyDelete
  9. Lupa...
    Ntar siang PR nya aku kerjain jiah, but hanya 1 soal yang aku bisa hahahha...
    Dateng yah tuk ngasih nilai :p

    ReplyDelete
  10. iya yah.. bener.. rata2 yang jualan di pasar kan dekil semua... hahahhahha

    ReplyDelete
  11. biasa lah persaingan usaha, wajah cantik pun akhirnya bisa jadi daya tarik :D

    ReplyDelete
  12. setujuu, apa yang keliatan menarik di "mata" itu pasti yang membekas :p

    ReplyDelete
  13. Haha iya sowhat gitu loh??

    tapi apa harus seperti itu??

    yang penting sih jujur dan adil XD

    ReplyDelete
  14. salam kenal jiah...
    bersih,rapi itu kudu dilakoni krn Allah itu cinta keindahan, asal tdk berlebihan..:)

    ReplyDelete
  15. Saya lebih memilih pedagang yang ramah daripada yang cantik, mbak... :)

    Tapi kalo ada yang cantik dan ramah, tentu saja saya milih yang itu... hehehe...

    ReplyDelete
  16. Dan gw adalah orang yang akan beli dagangan tuh mbak2 cantik. Oh iya, kalo lagi ada duit aja tapi.. :D

    ReplyDelete
  17. btw.., kita tukaran link yaa..., link km dah aq pasang.., terima kasih :)

    ReplyDelete
  18. Itu mah sirik alias iri, iri itu tanda orang tak mampu heheh,,siapa namanya Jiah penjual itu, boleh gak kau kenalan hi hi hi

    ReplyDelete
  19. Jiyah.. nitip salam buat mbak cantik itu ya

    ReplyDelete
  20. Hihi iya, kalau bersih emang jadi lebih menarik ya. Apalagi yang jual cantik wkwk.

    ReplyDelete
  21. MANTAAFFF BANGEEET!!!
    Ayas setuju tuh.. kalo ada Pedagang berpenampilan menarik gitu, Ayas jadi SALUT deh!!!
    Selain bisa dijadikan daya tarik dg dagangannya, juga Kita sebagai Pembelinya merasa senang dan nyaman dilayaninya. I LIKE IT!!
    Kalo ada Pedagang yang Cantik aja masih juga dikatain macem2 gitu....
    Hmm... harus SEGERA DIPERIKSAKAN tuh Orang???
    Hwehehee... PizZZ

    ReplyDelete
  22. selain penampilan yg rapi (cantik) juga harus ramah..kalau cemberut bikin males klo mau beli

    ReplyDelete
  23. haha..namanya jg manusia mbak, beragam komentar nya
    =)
    setuju, biarpun pedagang apa bajunya mesti kucel?gak kan =)

    ReplyDelete
  24. cantik ya? asyik dong... hehehe
    tapi aku lebih suka yang ramah dan sopan, jadi pengen beli banyak2... :D

    ReplyDelete
  25. wow :D
    yang penting rapi dan manis ^^ kan tidak apa, asal jangan terlalu cantik =P xixixix

    ReplyDelete
  26. Hehehehe kalau aq pedagang Ilmu mbak, lebih bermanfaat. Hehehehehe

    ReplyDelete
  27. Nabi SAW jadi penggembala waktu masih muda. Lalu berdagang. Menikah dengan Siti Khadijah ra yang pedagang cukup sukses. Tapi hartanya digunakan untuk kesejahteraan umat.

    Soal cantik... yah, cewek mana yang gak suka dibilang cantik yah.

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?