Friday, 2 March 2012

Rasanya, Like This Yah

Aha, akhirnya yang ditunggu tiba juga. Apaan sih? Ini dia sotoji, Soto Jamur Instan. 

Sotoji itu produk apa?
Jadi, sotoji merupakan produk mie instan yang lebih baru dan unik. Uniknya itu dimana? Menurutku, keunikkannya terletak pada jamur tiram goreng yang krenyes-krenyes.

Menurut teman-teman yang sudah mereview sotoji, katanya sotoji itu enak. Masa' iya? Beneran enak atau cuma asal enak karena gratis?

Nah, berhubung kiriman sudah sampai, ngga pake lama langsung ambil satu untuk dimasak. Karena baru pertama kali nemu mie instan model sotoji, aku ngga mau salah waktu masak. Aku baca kemasannya dan juga cara memasaknya.

Sotoji
Soto Jamur Instan
Soto Jamur Lezat
Tinggi Kandungan (emang hamil? lupakan) Serat dan Protein Nabati

Komposisi :
Sohun, jamur tiram goreng, bumbu, minyak soto, cabe bubuk.

Informasi nilai gizi :
Takaran saji 1 bks                   70 g
Jumlah sajian perkemasan  1
Protein                                        3%
Karbohidrat                              60%
Lemak                                          9%
Energi Total                               296 kkal

Cara Memasak :
  • Rebus sohun dan jamur tiram goreng kedalam 400 cc (2 gelas) air mendidih selama 2 menit, sambil diaduk-aduk.
  • Sementara sohun dan jamur direbus, siapkan bumbu, minyak soto dan cabai bubuk kedalam mangkok.
  • Campur sohun dan jamur tiram beserta kuahnya kedalam mangkok yang sudah ada bumbunya, aduk hingga rata.
  • Soto jamur tiram lezat siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga anda sebagai lauk pelengkap nasi.

Setelah dibaca, ilmunya lumayan sampai otak. Langsung saja praktek sesuai petunjuk.

Sudah jadi satu mangkuk, hem baunya... Sedappp. Gregetan pengen nyoba rasanya.
#Udah, bilang aja enak, biar sama kayak blogger lain.
#Eh eh, siapa bilang enak? Baru mau nyoba satu sendok, Bu e nyuruh buat lagi mienya biar Bapak juga ngrasain. Yah wes, ambil mie lagi buat dimasak. Setelah cepet-cepet ngambil sotojinya, liat mangkok mie tadi. Nah lho? Kok habis, tinggal kuahnya doang.

Aku     : Gimana kak rasanya?
Kakak : Hem, like this yo

Jiakakak, gimana ngga like this? Wong sudah habis sotojinya.

Masak lagi deh buat bapak. Trus ada keponakanku si Irfan datang,

Irfan   : Mb' opo iku? Nyuwun (Mb' apa itu? Minta)

Ya udah, selesai masakin Bapak, mie yang terakhir dimasak juga. Nah, sebelum air mendidih, kali ini aku nyobain jamur tiram gorengnya. Jamurnya ternyata dibumbui juga. Setelah beberapa saat, akhirnya jadi.

Hasil makan sotoji, obyektif yah :

  • Kata mb' ku, mienya anyep. Maksudnya, mb'ku makan sohunnya doang ngga pake kuah. Tapi, si Irfan malah doyan sohunnya dan jamurnya kurang suka.
  • Kata Bapak, sohun jagung rasanya yah gitu, enakan mie biasa. (Ini reaksi pertama makan sotoji, biar berkata seperti itu, tetep saja habis satu mangkok)
  • Menurutku, sohunnya enak pakai kuah. Kalo makan sohunnya aja, kurang nyusss. Jamurnya, krenyes-krenyes dan dilidah brasa sesuatu. Bumbu kuahnya, passs.
Setelah semua selesai dan habis, liat aturan main mereview sotoji. Plaks, tepok jidat... Kalo bisa ada gambarnyaaaa~ Ah,, gaswatttt!!!

Google punya
Sekedar info :

Sohun biasanya terbuat dari pati jagung. Pati jagung sendiri juga mengandung karagenan yang bermanfaat untuk mengotrol kandungan kolesterol dalam makanan. Karena kemampuannya mengurangi jumlah lemak makanan, dapat juga membantu memperbaiki kontrol glikemik, profil lemak, menurunkan kolesterol, serta membantu menurunkan berat badan. 

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh berwarna putih hingga krem dengan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisinya berupa zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Oh iya, serat jamur ini juga sangat baik untuk pencernaan dan kandungan seratnya mencapai 7,4 - 24,6 % sehingga cocok untuk orang yang sedang diet.

Jamur tiram juga memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai makanan, menurunkan kolesterol dan jantung lemah, sebagai anti bakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi.

Nah, dari sinilah diketahui bahwa, makan sotoji sangat aman untuk mereka yang sedang diet. Hayo... Siapa yang sedang diet???

Untuk produsen sotoji, monggo produknya lebih dikembangkan. Area pemasarannya juga diperluas. Pokoknya sotoji, like this yah 

NB : Seharusnya ini tulisan udah beberapa minggu yang lalu, baru bisa tayang

Thanks For :
Tulisan ini diikutsertakan pada LOMBA BLOG SOTOJI

28 comments:

  1. selamat menikmati sotojinya dan semoga menang lombanya ya mbak

    ReplyDelete
  2. mantap...jadi pengen ikutan coba hehee

    ReplyDelete
  3. promo nih postingan.... hahhahah

    oh yah ada tag

    http://immanuels-notes.blogspot.com/2012/03/postingan-ini-dibuat-dalam-rangka.html

    ReplyDelete
  4. nyummi...., punyaku sdh habis

    ReplyDelete
  5. kalo dhe masih nunggu sotojinya neng, belum sampe2 juga ampe gini hari.. :D

    ReplyDelete
  6. Mie yang satu ini sudah tidak diragukan lagi rasanya, buktinya sudah banyak yang mencoba menikmatinya,,sepp,,aku belum nyoba nih hehe

    ReplyDelete
  7. pengen SOTOJI>>> Segeralah datang :D ngiler

    ReplyDelete
  8. asli ngiler nih,banyak yang pada posting sotoji,...

    ReplyDelete
  9. Aku bikinin satu po'o Jiyah...

    ReplyDelete
  10. Belum pernah coba tapi kayaknya like thos lah hehehe....

    ReplyDelete
  11. hmmm, kayaknya enak ya itu makananya...

    ReplyDelete
  12. oh iya, belakangan kemarin itu mengurus ini dan itu, jadi agak nggak menyisihkan waktu untuk blog hihi

    ReplyDelete
  13. aku juga mau ah dapat sampelnya aku ikut juga ah

    ReplyDelete
  14. mau juga dong dimasakin sama mba Jiah #pasangmukamelas :S

    ReplyDelete
  15. hehe.... masih menunggu,.,... :D nunggu nunggu.. moga moga sampai di rumah.. Amin. :D

    ReplyDelete
  16. jadi penasaran deh sama sotoji.....

    ReplyDelete
  17. wah jadi ketularan hihihi

    mupeng say....

    ReplyDelete
  18. wahahahahha. . .. dimana ada gratisan . . . aku ikut wkwkwkkwkwkk

    ReplyDelete
  19. wew... beberapa kali baca postingan sotoji

    ReplyDelete
  20. aduh mba,tapi aku kagak suka soto dari dulu soalnya makan soto itu kaya mandi alias pas lagi makan alias selesai makan pasti basah sama keringat,hehehe

    ReplyDelete
  21. wah wah wah. . .sukses ya ^_____^

    ReplyDelete
  22. weleh2 semoga sotoji cepat tersebar kemana2 udah gak sabar nyicip lagi nih,abis kurang sihh ^^

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?