Wednesday, 7 March 2012

Ujian Oh Ujian

Ujian Nasional memang sebentar lagi, aku lemes bukan kepalang. Materi belum sepenuhnya aku kuasai. Nah lho, jadi selama ini ngapain aja?

Dunia MAN memang jauh berbeda dari MTs atau SMP. Tanggal 22-26 Maret 2010 aku ujian menentukan nasib dilima hari. Rasanya melihat tanggal ujian yang makin maju, hem pengen kabur. Tapi aku sadar, ini bukan masalah yang sulit. Bukankah setiap orang pasti akan menghadapi ujian?


2. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi?
3. dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (Al-'Ankabut 2-3)

Setiap orang pasti akan mengalami ujian, baik berupa ujian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dari sinilah kita diajarkan untuk bersabar, karena Allah akan memberi balasan yang baik untuk kita.

Dengan 6 mata pelajaran yang harus dikerjakan, bukan hanya aku yang deg-degan tapi ibuku juga. Meskipun saat ujian tiba aku tidak dirumah dan lebih memilih tinggal ditempat orang biar lebih efisien, aku yakin Bu e' selalu mendoakan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Bu e' dan Bapak memang tidak selalu menemani anak-anaknya belajar. Itu bukan lantaran mereka tidak sayang, tapi karena kita (anak-anaknya) tidak belajar di rumah.


Aku ingat betul saat MTs, di malam hari H ujian. Aku sengaja tidak belajar larut, hanya membuka-buka latihan soal untuk esok hari. Bu e' dengan senang hati menemaniku belajar. Saat sepertiga malam, Bu e' juga membangunkanku tak lupa aku juga sahur karena aku berniat puasa saat ujian.

Bu e' bukanlah orang yang berpendidikan tinggi. Ketika kehawatiran ujian datang, hanya doa darinya lah yang terucap, menyemangatiku setiap saat. 

Inilah hidup. Ujian itu biasa, setiap orang akan merasakannya. Bukankah Allah memberikan ujian karena Dia sayang pada kita? Bukankah ujian yang Allah berikan itu sesuai kadar kemampuan kita? Seberapa pun beratnya ujian, yakinlah bahwa kita akan mampu melewatinya sebagai pemenang.
7. dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Ibrahim-7)

Alangkah lebih bijak jika kita sering bersyukur dan memaknai ujian itu sebagai tangga menuju esok yang lebih baik.


Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Pertama Di Kisahku Bersama Kakakin

18 comments:

  1. Yup, ujian itu sesuai dengan akdar kemampuan hamba2Nya.. itu kenapa ujian yg berat hanya untuk orang2 yg hebat ;)

    Jiah, tulisan Arabnya ga keliatan ^^a

    ReplyDelete
  2. Ujian adalah tangga menuju esok lebih baik, setujuuu...

    Gudlak ya :)

    ReplyDelete
  3. Kalo ngga di uji malah harus dipertanyakan, sebenarnya di anggap ada atau ga sih sama Sang Pencipta hehe

    ReplyDelete
  4. Jiah, terima kasih udah ikutan ya...
    tapi... ini ayatnya tak terlihat lho...

    dicatat sebagai peserta ya

    ReplyDelete
  5. Oh.. itu ayat qur'an.. kirain kode matematika :D

    met bercengkarama sama ujian ya sis, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  6. giveaway again. . .
    ganbatte ganbatte :D

    ReplyDelete
  7. kakak jiah...

    tulisan yang kayak gini....

    öNä3¯Ry‰ƒÎ—V{ ( ûÈõs9ur ÷LänöxÿŸ2 ¨bÎ) ’Î1#x‹tã Ó‰ƒÏ‰t±s9

    bacanya apa ya kakak... ^_^

    ReplyDelete
  8. Ujian itu indah bilang kita tahu ending & muara dari Ujian itu hal yang akan membawa kita ke kehidupan yang lebih baik

    ReplyDelete
  9. Lho, dah mau ujuan tho??

    Haha... belajar dulu ah...

    Semoga menang jiah kontesnya :D

    ReplyDelete
  10. ujian hari ini apa buguru . . . . aku malah belom belajar nih. . . :)

    ReplyDelete
  11. öNä3¯Ry‰ƒÎ—V{ ( ûÈõs9ur ÷LänöxÿŸ2 ¨bÎ) ’Î1#x‹tã Ó‰ƒÏ‰t±s9 ÇÐÈ

    apaan artinya ini jiah?

    ReplyDelete
  12. Wahhh...
    Aku dulu abis ujian nasional SMP eeh gempa jogja :(

    ReplyDelete
  13. setiap manusia akan diuji untuk membuktikan ketangguhannya...
    :)

    ReplyDelete
  14. semangaaaaat!
    yang tak kalah penting dari hasil UAN adalah bagaimana proses kita dalam menuntut ilmu dan menuntaskan sebuah ujian bernama UAN.

    goodluck! :)
    salam kenal.
    ditunggu kunjungan baliknya ya. :)

    ReplyDelete
  15. Betul, setiap kita tiada lepas dari ujian, bahkan tak jarang ujian datang berbarengan, ujian di atas ujian. Konon, hidup ini adalah juga ujian, siapa yang berhasil melewatinya dengan baik, maka kebahagiaan dunia dan akhirat menjadi haknya.

    Semoga sukses di kontes.Amin.

    ReplyDelete
  16. hihihihi aku juga barusan abis tryOUT :) bentar lg ujian :(

    ReplyDelete
  17. Ibu juri datang.. :)
    Semoga ujiannya lancar dan diberikan kemudahan :)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?