Saturday, 24 November 2012

I am B

Bismillahirrahmaanirrahiiim

Aku sih maunya jadi B, ya karena aku memang B. Maunya Be Good Girl and Good Women.

Maunya jadi yang biasa-biasa aja, ngga usah kelihatan wah atau gimana. Hanya B, baik dan bermanfaat untuk siapa saja . Sebenarnya sih bukan hanya B yang itu, tapi ada juga yang lain. Apa itu? Aku bergolongan darah B. Pas bangetkan? :uhuk

Tadinya ngga pernah tau sedikit pun tentang golongan darah. Habisnya alhamdulillah aku belum pernah masuk rumah sakit trus sampai periksa darah gitu. Paling sakitnya mriang, panas, pilek, sakit gigi gitu-gitu aja sih. Alhamdulillah banget ya :hepi

Back to topik
Jadi sekitar tahun 2007 - 2008 pas aku kelas X MAN ada pameran di dekat alun-alun Jepara. Ini bukan pameran buku, tapi pameran sekolah-sekolah gitu. Kalo SMK yang jurusan animasi, tata boga, designer, dll yang ditampilkan ya film anime, baju, masakan. Ada juga yang pamerin kerajinan, kaligrafi, macem-macemlah. Kalo MAN ku sendiri sih ngasih liat Al-Qur'an digital. Jadi Al-Qur'annya baru dibuka aja udah langsung ada bunyi suara ngaji.

Nah, disana juga ada yang ngasih ngratis buat tes golongan darah. Maunya sih aku ikut golongan berdarah biru. Sayang tuh golongan milik Crustacea aka Udang-udangan sama Artropoda :uhuk . Wes, aku ngalah sajalah :smile . Awalnya waktu ada temen yang ngajak buat tes, hem ... ngeri, takut, kuatir. Mosok jari tanganku ditusuk? Hiii . Akhirnya aku milih kabur buat liat-liat stand lain.

Setelah sekian lama jalan-jalan, biangnya pemberani datang. Cewek satu itu ngajakin rame-rame buat ngetes golongan darah. Endingnya, aku berani :hepi . Akhirnya terjadilah pengetesan golongan darah dengan serum anti A dan serum anti B. Dari situlah baru aku tau kalo golongan darahku itu B.

Ngomongin golongan darah, sobat blogger tau nggak kalau ada diet menurut golongan darah?

Kalau menurut buku  "Terapi Herbal Berdasarkan golongan Darah" karya Ir. Lukas Tersono Adi, pola golongan darah B itu berpindah-pindah, mencetuskan antara keseimbangan hidup dan fleksibilitas tinggi karena daya kreativitas yang sempurna.

Golongan darah B itu lebih baik mengkonsumsi daging merah seperti domba, kambing, kelinci ( Beuh, sayang kalau kelincinya dimakan coz diakan unyu :uhuk ) . Selain itu, darah B juga harus menghindari berbagai macam udang, jagung, gandum, lada hitam + putih karena mereka mengandung lektin yang dapat mengganggu daya tahan tubuh. Perbanyak juga mengkonsumsi sayuran hijau terutama yang mengandung magnesium atau zat besi karena merupakan agen antivirus penting yang dibutuhkan darah B. Untuk buahnya, kelapa, santan, kesemek, delima, belimbing lebih baik dihindari. Oh iya, tomat juga ngga bagus buat darah B. Padahal, aku tuh suka kelapa muda, bakwan jagung juga enak, tomat juga kadang tak makan :uhuk. Untungnya, cabe ngga termasuk pantangan :smile

Untuk penyakit yang sering menghinggapi darah B contohnya, Diabetes mellitus tipe I dan II, sindrom letih lesu kronis, dan penyakit Autoimun (Lupus -Systemic Lupus Erythematosus).

Wah, ini aja baru golongan darah B, padahal masih ada golongan darah A, AB dan O. Hem, sobat blogger browsing sendiri aja ya heheh :smile. I am B dan aku maunya jadi yang biasa-biasa saja. Semoga apa yang aku tulis ini bermanfaat. Ngga ada salahnyakan kalau kita juga perlu diet, terapi sesuai golongan darah agar kita jauh-jauh lebih sehat.

Happy blogging :smile





10 comments:

  1. oooooooghhh itu toh..ngomong2 goldar kita sm neng.

    tpi pantangannya menyiksa bgd deh hikz

    ReplyDelete
  2. Kambing jugaaa unyuuu Jiah T.T
    Sian kalo dimakan... sapi juga unyu... jadi kabeh unyu opo sing dipangan hehehe

    ReplyDelete
  3. wahmbak una rajin koment diman mana nih

    ReplyDelete
  4. Toss ah sm Jiah, aku jg B goldarnya :)

    ReplyDelete
  5. saya juga pernah diberi beberapa lembar copy-an, jenis-jenis makanan berdasarkan golongan darah yang membikin tubuh lebih sehat, cuman karena saya nggak telaten urusan makanan, ya nggak bisa mereapkan. Lha wong saya kalo nggak ketemu iwak asin dan sambel trasi makan rasanya kurang lengkap je
    Salam silaturahim dari Blitar

    ReplyDelete
  6. aku darah biru lho, eh kuning, ihhh ... ijo deng, hahaha :P

    ReplyDelete
  7. niar mah darah muda ajah deh mbak jiah, eeh pilihan B nya seru banget Be good girl and good woman :D

    ReplyDelete
  8. gol dar ku A, penjelasannya apa jiah? eh di suruh nyari sendiri ya? baiklah :D

    ReplyDelete
  9. Seumur hidup saya, saya tidak pernah tau golongan darah saya apa lho mba? Gimana tuh? Salam kenal dari Purwokerto

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?