Thursday, 24 January 2013

Maulid Nabi

Bismillahirrahmaanirrahiim.....

Hari ini tepat tanggal 12 Rabiul Awwal tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW. Apa yang istimewa? Biasanya juga kita merayakan ulang tahun, kenapa saat Nabi kita lahir kita tidak turut bergembira? . Kalau aku sendiri, biasanya ikut membaca albarjanji di mushola, solawat yang banyak. Tiap hari pun kita bisa bersolawat tanpa menunggu maulid nabi :smile 


Dulu pas jaman MTsN, di "Penjara Suci" sering diadakan lomba untuk memperingati kelahiran Nabi. Lombanya macam-macam, ada pidato, tartil Al-Qur'an, Qiroah, baca albarjanji, pokoknya terbebas dari acara ngaji kitab :smile . Semua jelas berantusias meski hadiahnya tidak mewah-mewah amat :uhuk


Di tahun terakhir aku duduk di bangku MTsN, seperti tahun sebelumnya kami penghuni diwajibkan untuk ikut menjadi peserta. Yang terparah adalah lomba drama dan setiap kamar wajib ikut. Parahnya lagi, kamarku tidak ada makhluk dewasa, ababil semua. Aku tidak tahu harus drama apa, pokoknya maju aja biar tidak kena sangsi :uhuk [Ketika ini aku sama sekali belum kenal Teater] . Ngakak juga kalau ingat drama ancur itu :uhuk


Menang? Tidak :uhuk . Tapi yang bikin kaget waktu aku dapat nomor tiga lomba tartil Al-Qur'an. Kayaknya jurinya pada syok waktu dengar aku ngaji :uhuk makanya dikasih hadiah :smile. Hadianya apa??? Bukan barang mahal, hanya sebuah rongsokan setrika buat lucu-lucuan heheh :uhuk . Selain itu ada jajannya juga sih, mie instan, agar-agar, permen, tapi menyenangkan juga bisa dapat hadiah :uhuk . Itu pertama kali dan terakhir kalinya aku mendapat hadiah saat lomba Maulid Nabi.


Maulid Nabi dengan segala kegembiraannya. Ini bukan masalah bid'ah atau bagaimana ya. Toh apa yang kita lakukan itu bermanfaat tidak lebay. Kita membaca solawat memuji beliau. Tidak ada yang salah kan???
This entry was posted in

14 comments:

  1. Wah kalau soal bid'ah2an gak tahu dik :)

    Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke junjunan paduka alam habibana wa nabiyana Muhammad saw, kepada keluarganya, para sahabatnya dan semoga juga sampai kepada kita yang mengaku sebagai ummatnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. kalo soal bidah atau ga, kurang tau. tapi semoga shalawat tetap etrcurah buat nabi muhammad ya, jiah. btw, slamat nih udah menang. asyiknya dapet makanan banyaakkk :D

    ReplyDelete
  3. Kalo soal bid'ah ane juga kagak ngarti..
    yang penting turut semoga salam dan shalawat tetep tercurahkan pada NAbo Besat kita Muhammad SAW

    ReplyDelete
  4. Allahummashalli washallim alaiih. semoga ketauladana Rasulullah SAW bisa kita ikuti dalam hidup kita. AMiin

    ReplyDelete
  5. kalu melebai-lebai peringatannya ya memang tak bagus lah. harusnya qt mengingat or Shalawat banyak2, ntar lain pulak yg diingat.
    Allahumma sholli'ala muhammad...
    Rabbi,bantu kami senantiasa menumbuhkan cinta padaMu dan RasulMu.....

    ReplyDelete
  6. Lumayan yang penting menang, hehe.. Semoga kita bisa jadi pengikut Nabi Muhammad saw di surga sana suatu saat nanti. Amin.

    ReplyDelete
  7. setiap tahun dirayakan tp yg terpenting kita harus mengingat sifat rosul..

    ReplyDelete
  8. Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad. Semoga kita dapat syafaat Beliau, aamiin.

    ReplyDelete
  9. ane setuju gan, ultah pacar aja di rayaan apa lagi ultahnya Nabi :D

    ReplyDelete
  10. kalau menurut ane yang baik yah di rayakan ajalah tapi jangan sampai perayaan yang berlebih lebihan hehehehe

    ReplyDelete
  11. jaman sekolah sellau seru kalau pas acara Maulid, banyak lomba dan ada acara perngatannya yg serba endebarkan jika ikutan lomba. Dan seumur2 ikutan lomba, menangnya sekali duang lomba baca puisi..hehhee

    ReplyDelete
  12. kalau udah mendekati hari H biasanya di kampungku sudah sibuk dengan persiapan bro..mulai tenda dan peralatan yang mendukung lainnya. indahnya kebersamaan apalagi turus serta dalam peringatan kelahiran Nabi..mantab

    ReplyDelete
  13. kalau soal bidah kisahnya akan panjang jiah... aku pilih diam dan tak menganggu orang yg merayakan amulid

    ReplyDelete
  14. banyak cara mengenang beliau...
    :)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?