Sunday, 20 January 2013

Mozaik Kinanti


Mozaik Kinanti milik Mb' Ririe ku terima pada tangggal 12 Desember 2012. Buku dengan tebal satu senti ini berisi berjuta-juta pesan di dalamnya. Ingat, ini bukan Satu Senti Kebahagiaan Kisahku karena kata-kata itu miliki Mb' Maya  Si Cinderella dengan Kemilau Cahaya Emasnya.


Mozaik Kinanti terdiri dari tiga resep yang ciamik. Three In One antara artikel, puisi, dan cerpen  yang patut untuk diteladani. Mb' Ririe dengan padat, lugas dan jelas menyampaikan apa-apa yang diamatinya. Kadang orang berfikir bahwa hal itu tidak penting. Tapi, ketika Mb' Ririe yang melihatnya, semua terasa terbuka. 


Bayangkan saja, senang, puas, bahagia bisa dijadikan diagram yang keren. Ada juga cerita saat mati lampu. Kalau aku sendiri, saat mati lampu enaknya tidur, tapi Mb' Ririe malah mengamati lilin dan jadilah artikel (Seperti) Lilin dan Pohon kelapa. Oh iya, apa benar bau singkong itu pertanda ada makhluk halus? Wah.... Dulu berarti di rumahku banyak makhluk halus dong? :uhuk Secara dulu aku anak singkong, tiap hari ngolah singkong buat "Tela-tela" :uhuk


Puisinya, tsaah jangan ditanya, aku tidak mengerti artinya :peace . Yang jelas, puisinya keren-keren. Puisiku mah tidak ada apa-apanya :smile . Cerpennya juga keren dan tidak Happy Ending. Ada cerpennya yang buat aku jingkrak: uhuk .  

Syam meraih tanganku, menggenggamnya dengan erat. "Kita akan lalui bersama-sama Ras,"

Bukan menyuruh, tapi menjalani, melewati bersama-sama, romantiskan? :uhuk . Ovelall aku suka.


Ada beberapa cerita Mb' Ririe yang membuatku hampir menangis. Kebesaran hati seorang Ririe Khayan saat menuliskan e-mail untuk adiknya. Seorang wanita tegar dan hebat. Aku sendiri malu. Aku 21 tahun terkadang masih terlalu egois. Mb' Ririe dengan cerita kehidupannya membuatku tersadar. Kita memang mendambakannya, mengharap dia teman hidup kita akan segera datang. Hidup diantara banyak pilihan. Menikah bukan hanya semata untuk mengganti status, tapi lebih. Dimana kita bisa berkolaborasi dengan segala perbedaaan yang ada.


Thanks Mb' Ririe buat bukunya. Banyak kisah menjadi kumpulan kepingan mozaik yang indah penuh makna.  Ada saatnya kita tertawa, menangis, dan marah. Tapi pada akhirnya, kita layak dan patut bersyukur atas apa yang terjadi. Setiap sesuatu pasti ada pilihan dan kita harus memilih diantara pilihan tersebut. Disetiap kepingan kisah selalu ada pelajaran di dalamnya.

Biarlah hidup sewajarnya mengalir dan aku pun bersenyawa dalam alur sejarahku ~ Ririe Khayan
This entry was posted in

15 comments:

  1. Menarik kayaknya bukunya, kalo gitu gw juga pas lagi pup mau buat artikel ah.. ha.. selamat yak.. :)

    ReplyDelete
  2. jiah,...pinjem. aku pengen baca buku'ne jeng ribut........hehehe

    ReplyDelete
  3. Aku beluuum punya tuh..! Aku ikutan giveawaynya mbak ceris, berharap bisa dapat Mozaik Kinanthi :D

    Eh eh *colek jiah
    akyu selalu terpikat oleh review jiah yang yummy...!! ^^ seperti makanan yang enak disantap ya, hoho

    ReplyDelete
  4. kayaknya menarik banget yaa.. :)

    ReplyDelete
  5. speechles neh baca reviewnya, buku saya yg sederhana jd terlihat lbh gimana gettu. Ma kasiih ya sdh membuat review yg menelisik MOzaik Kinanthi dengan cermat:)

    ReplyDelete
  6. Mbak Rie memang sosok yang tegar. Saya pun kagum padanya. Apalagi waktu baca kisah di blognya yang tentang sepatu itu ... waduh tersentuh sangat rasanya ...

    ReplyDelete
  7. Good Review...Selamat ya mbak ririe udah punya buku :D

    ReplyDelete
  8. wow, mantep bgt ya!
    gak nyangka aku bakalan punya temen yg hebat2 seperti mereka2 ini yg melahirkan buku2 yg hebat..
    kpn ya aku bs bikin buku? tahun ini, HARUS! hehe..
    :D
    aku termotivasi semangat nih..

    ReplyDelete
  9. Iya, sama nih kayak penghuni 60... jadi termotivasi buat bikin buku juga. Lagi dalam tahap tapi gak kelar2 bawaannya maleees aja, jadi deh, penghuni dokumen di kompi saja :D

    ReplyDelete
  10. dulu pernah berencana bikin kumpulan puisi murid kelas 6, tapi gak kesampaian. semangad lah dulu

    ReplyDelete
  11. duh...saya jadi makin perasaan dengan buku nya mbak ririe nih
    kapan ya ada yang kirim ke saya...hehe

    review nya bagus mbak...salam kenal ya...

    ReplyDelete
  12. Quotenya keren keren ya, walaupun hanya 2 he he.
    Tapi cover bukunya kok gak keren, jadi gak yakin ama isinya.

    salam kenal dan sila kunjung balik

    ReplyDelete
  13. Sepakat banget dengan reviewnya Jiah... Ririe Khayan memang punya kharisma tersendiri. Tulisan dan goresan penanya mendalam, berbau science, intelek dan tetap artistik!

    Mozaik Kinanthi adalah salah satu bukti nyata indah dan bermaknanya tulisan seorang Ririe Khayan!

    Aku juga punya bukunya lho! Juga ada namaku di dalamnya, hehe {emang siapa yang nanya ya? hihi}

    ReplyDelete
  14. ini bukunya mbak ririe khayan itu??? omo omo... di tokbuk ada nggak? :O

    ReplyDelete
  15. huihh..mantap bana ripiu nya. jd mkn penasaran aja pgn baca. pinjem dong ;-)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?