Thursday, 14 February 2013

Valentin Untuk Nay

“Gue jabanin apa pun challenge yang lu kasih,” ucap gue pada Tya
“Yakin nih? Gue yakin Nay, lu pasti kalah ngadepin callenge pilihan gue ini,” jawab Tya meyakinkan dengan pedenya.

Tya masih senyam-senyum mikirin challege yang akan kite lakuin. Kemarin, gue kalah lantaran ngga mampu dapet nilai bahasa Inggris di atas angka 80. See, Tya dengan pede mamerin nilai 85 di depan muke gue. Akhirnye pun die berhak nentuin challenge musim febuari ini.

“Oke Nay, pulang sekolah gue kasih tau challege yang akan kite lakuin. Gue tunggu lu di perpus,” 
“Oke,”

Tya, teman seperjuangan gue yang sama gilanye. Die memang temen yang diciptakan Tuhan buat jadi rival abadi gue. Dari orok gue sama dia udeh sering ngadain challenge yang bise dibilang ngga terlalu penting tapi ngasyikkin. Challenge yang kite lakuin mulai dari manjat pohon, nguber layangan putus, coret-coret tembok tetangge, nongkrongin kuburan malam hari, lomba makan sambel, ngumpulin poin hukuman karena telat, sampe nilai ulangan tertinggi pun kena juge :uhuk 


Gara-gara kegilaan gue sama Tya, mpok gue Jiah sering ngamuk-ngamuk sambil ngasah golok milik Babeh. Mpok Jiah berang tiap kali ade tetangge lapor soal tembok rumahnye yang gue ancurin, penjaga kuburan yang ngambek gara-gara kerandanye gue umpetin padahal gue cuma numpang tidur doang di kerande tuh. Oh iye, gare-gare challenge telat itu, gue juge dapet surat peringatan dari sekoleh. Hahah, bagusnye gue menang dalam tuh challenge meski harus ngorbanin Mpok gue yang baiknye ngga ade yang nandingin :wek :shy


Gue udah standby disalah satu kursi perpus. Perpus sekoleh memang masih buke sampe jam empat sore. Tapi kok ya tumben si Tya ngajak janjiannye di perpus. Biasanye di warung baksonye bang Jamal. Wah mencurigakan banget nih cewek satu. 


"Hoe!!! bengong aje lu Nay," ucap Tya ngagetin
"Ah lu lama amat sih, gue sampe kelaperan tau,"
"Ahah, maap tadi gue ade panggilan alam heheh,"
"Udeh jangan basa-basi, jadi challenge kite ape? Ini bukan aksi nyuri buku kan? Ingat, kite pantang buat nyuri,"
"Sante aja Nay, ini emang aksi nyuri kok,"
"Ape?" teriak gue. Buru-buru gue tutup mulut lantaran beberape siswe same guru jage mlototin gue. Sementara Tya cekikikan liat gue yang panik

"Ogah ah, itu nglanggar agame tau," bisik gue pada Tya
"Mlanggar apenye? Gue belom selese ngomong kali Nay,"
"Trus maksudnye nyuri itu ape?"
"Liat tuh orang, lu perhatiin baek-baek,"

Gue nengok ke arah yang Tya tunjukkin. Bused dah! Gue pelototin tuh orang sekali lagi. Ah, Tya udeh gile.

"Ngga salah nih? Ape yang bise di curi dari die? Otaknye yang encer itu? Jangan cari masaleh deh,"
"Kita nyuri hatinye, brani ngga Nay?"
"Ape? Nyuri hatinye? Die kite bunuh trus dibedah hatinye gitu? Wah, sadis lu,"
"Lu tu yang kepikiran jelek, ngga hatinye die tapi hati sodaranye,"
"Sodare? Vino? Ah same aje,"
"Aish, lu beo sih,"
"Beo-beo, kutilang,"
"Teri,"
"Hiu, jadi challenge mancing aje deh,"
"Ogah, salah satu dari kite harus bisa nyuri hatinye Vino buat diajak ke prom ntar pas Valentine's day, gimane? Oke kan?"
"Jadi cople gitu?"
"Yap,"
"Lha kok yang lu tunjuk si die?"
"Die? Gue yakin, lu tuh ngga brani langsung bilang sama Vino, makanye gue kasih saran buat lu deketin kakaknye dulu biar tau seluk beluk si Vino,"
"Strategi lu kok di bocorin, emang lu punya strategi laen?"
"Ah, gue mah gampang. Deal ye?"
"Oke deal," jawab gue sambil jabat tangan Tya
"Good luck ye Nay. Gue yakin pasti lu bisa,"

Tya ngelonyor pergi ninggalin gue. Ih tuh anak aneh. Sasarannye Vino kenape die nyuruh gue deketin kakaknye coba? Reza Rahardian, kakaknye Vino Bastian makhluk populer di SMA gue. Keduanye same-same populer tapi dalam bidang yang berbeda. Vino populer sama basketnye dan Reza sama otak encernye. Vino seangkatan same gue kelas XI dan Reza kelas XII.


Keduanye memang same-same ganteng tapi jauh beda. Vino lebih ramah sementare Reza angker, horor banget dah. Tatapan matanye tajem tanpa ekspresi, jarang senyum. Pernah gue ngga sengaje adu pandang sama dia, dug rasanye nusuk banget dah, suerrr :peace . Mungkin kalo ade setan ato demit yang liat Reza, pasti mereka pade kabur. Yah, Reza is hororr guy.

***

Misi hari ini, gue harus bisea ngomong sama Reza. Gue clingukan takut kalo ade siswi lain yang liat gue lagi ngamatin Reza di pojokan perpus. Gue harus nyusun strategi dan gue mulai ambil buku matematika sape tau ade rumus yang bise di pake. Misalnye rumus peluang, ah atau rumus fisikanye daye tarik magnet aje ye? Hah, apa-apaan gue ini? Harus gimane gue ini? Ngga ade satu pun cewek yang brani deket sama Reza, lha ini kok gue malah, ah...

"Perpus bukan tempatnya tidur, ngga guna banget kamu disini,"

Gue yang sejak dari tadi benamin kepale di atas meja langsung saje ngangkat kepale liat makhluk yang berani negur gue. Bused dah, Reza.

"Ah anu, gue ngga tidur kok. Reza kan? Gue Nay," ucap gue mengulurin tangan
"Aku tau, Nay yang beberapa bulan hobi banget telat kan?" jawab Reza ngga hirauin tangan gue

Gue tarik tangan mulus gue itu sambil manyunin muka.

"Gue terkenal banget yah? Sampe seorang Reza tau kebiasaan gue,"
"Di dunia ini, apa sih yang ngga aku tau?"
"Vino, lu pasti tau kan? Lu kan sodaranye,"
"Vino? tentu saja,"
"Jadi, bise bantuin gue?"
"Atas dasar apa kamu minta bantuan? Apa untungnya buatku?"
"Untung?"
"Iya, berdasarkan prinsip ekonomi, setiap apa yang kita keluarkan harus menguntungkan. Jadi kalo aku bantu kamu, kamu bisa kasih apa?"
"Eh bused, matre juge lu," ucap gue geleng-geleng kepale
"Kesempatan cuma datang satu kali, gimana?"
"Oke, deal. Gue kasih ape pun yang lu mau asal ngga langgar norma-norma agame ame hukum yang berlaku,"
"Oke deal," Reza nyalamin tangan gue. Dug! Anget juge tangannye #eh
"Jadi, lu minta ape?"
"Menurut aturan yang berlaku, kita harus mengerjakan kewajiban baru bisa menuntut hak. Jadi hakku akan ku ambil saat misimu sudah selesai,"
"Sebenernye lu ini jualan ye? Dari tadi ngomongin untung rugi, hak kewajiban. Yah sudahlah, jadi Vino itu punye kebiasaan ape aje?"
"Hey, tenang aja kali. Santai, semua bisa diatur. Besok pulang sekolah aku tunggu disini, jangan ngaret,"
"Oke,"

Jeduk!!! Kepala gue natap meja. Eh, tadi gue mimpi ape bukan? Perasaan tadi gue ngomong banyak sama Reza. Gue tengok ke kanan kiri, Reza masih duduk di pojokan sama buku-bukunye. Ah, ternyate gue cuma mimpi.

***

Gue ngendap-ngendap kaya maling buntutin Reza. Terhitung udah dua hari ini gue kaya gitu. Mau nyapa, tapi mukanye horor. Mau deket takut-takut salah paham. Jadi terpakase gue jadi stalker keren kaya gini.


Gue baru tau kalo Reza tiap pulang selalu naik Bus. Mampir di Warung Blogger sebuah warung kopi kecil yang katanye enak. Gue sendiri sih belum pernah mampir disane lha wong arah rumah gue dan Reza kan beda. Jadinye ini gue bela-belain muter arah demi deketin si Reza.


Gue sedikit kaget waktu ketangkap basah sama mate Elangnye Reza. Gue malu :shy tapi gue harus tetep Pede.

"Kamu Nay kan?"
"Kok lu tau? Lu buntutin gue ye?"
"Bukannya kamu? Sudah tertangkap basah, masih saja tidak mau mengaku,"
"Gue? Nggak lah. Mane mungkin? Ape buktinye?"
"Kalau begitu minggir, aku mau lewat. Jangan mengikutiku lagi,"
"Eh, eh tunggu dulu. Gue minte bantuan dikit ye? Please"
"Aku tidak ada waktu mengurusi hal-hal tidak penting, jadi menyingkirlah dari hadapanku,"
"Ah... Aku nggak mau putus. Sayang, maafin aku yah," ucap gue sok-sokan merengek sambil memegangi lengan Reza.
"Nay, kamu apa-apaan sih?"
"Pokoknya aku nggak mau putus, bapak ibu mas mbak tante tolong bilangin sama pacarku ini," ucap gue memelas.
"Sudahlah nak, baiknya masalah kalian dibicarakan dulu," ucap pemilik warung
"Iya nak, liat tuh air mata pacarmu. Coba bayangkan kalau ibu kamu yang menangis seperti itu," tambah ibu-ibu yang duduk di samping Reza.
"Maaf sudah merepotkan, kami akan bicarakan hal ini secara baik-baik," ucap Reza sambil narik tangan gue lalu pergi ninggalin warung kecil itu.


Ah yes, senangnye hati gue. Akting gue berhasil hihihi. Wah, muka Reza kenape mendadak jadi merah gitu ye? :shy


"Mau kamu apa sih Nay? Sudah puas bikin aku malu seperti tadi?"
"Maaf Za, gue ngga maksud ape-ape kok. Gue cume mau tahu tentang Vino,"
"Vino? Apa hubungannya sama aku? Kalau kamu ingin tahu dia, kenapa tidak tanya dia sendiri saja? Bukankah jauh lebih hemat energi?"
"Heh, iya juga ye. Tapi-tapi, gue kan udah terlanjur Za. Jadi tipe cewek yang disukai Vino itu kaye siape?"
"Marsya, liat saja dia. Sudahkan? Jangan mengikutiku lagi,"


Gue melongo, Reza ngomong keras banget. Ape die marah? Hah, ape gue udah keterlaluan ye? Ah, what should i do?

***

Dua hari ini gue bengong ngga tentu. Gue masih kepikiran Reza yang kayaknye marah. Gue masih buntutin die di perpus, di warung blogger pokoknye dimane aje. Eh tapi, harusnye gue kan mikirin Vino. Deadline udah mepet Valentine tapi gue sama sekali belum nyusun strategi buat ngajak Vino ke prom. Gue liat si Tya sante gila. Ape mungkin karena die lumayan cantik kaya Marsya makanye die sante aje? Ah Marsya, mana mungkin gue bisa kaya lu? Cewek feminim nan cantik. Gue beringsut di atas meja, gue bakalan kalah ini.


Kayanye gue udah ngga waras. Gue masih jadi stalker keren buat Reza. Hello Nay? Harusnye lu mikirin Vino bukan Reza. H-3 menuju Valentine's day. Gue beneran pusing ini. Gue harus kirim 'Amplop Merah Jambu' buat Vino. Ini ngga boleh ditunde.


Lagi-lagi gue ngendap-ngendap buat ngasih 'Amplop Merah Jambu' ke Vino. Surat ala kadarnye yang gue tulis semaleman khusus buat Vino. What ever lah, penting gue usaha. Vino pun menyunggingin senyum termanis yang belum pernah gue liat. Ah, sepertinye 'Amplop Merah Jambu'  itu ngga terlalu buruk :uhuk

***

Gue bengong sendiri di malam valentine ini. Ngga tau deh muka ini dah kaya ape, bawaannye pengen nangis :hwa tapi ngga tau yang ditangisi itu ape :hwa . Kemarin gue liat Tya cengar cengir sama si Vino. See, gue gagal tapi gue ngga sedih. Gue cuma heran, gue kangen buntutin si Reza :hiks


"Nay, tuh ada yang nyariin," ucap mpok Jiah
"Siape Mpok?"
"Liat aja ndiri, cakep tuh"
"Ape?"


Gue pun beranjak dari kasur buat liatin hidung siape yang berani datengin gue malem-malem gini. Jangan-jangan si Jelangkung yang minta dianterin pulang ke sarangnye :omg . Gue ucek-ucek nih mate buat mastiin siape yang dateng. Mukanye ngga keliatan beuh, makin merinding aje gue ini. Untung aje tuh punggung ngga berlubang macam sundel bolong. Hai lu, balik badan dong :uhuk


"Malam Nay, aku ganggu tidak?"
"Ngg ngga sih. Kok lu tumbenan kesini?" ucap gue agak meragu bercampur haru :hwa
"Pengen aja sih, tidak boleh ya?"
"Hmm boleh kok. Silakan duduk, ngga pape ye cuma di teras doang,"
"Aku sih pengennya ngajak kamu keluar, mau tidak?"
"Keluar? Ke prom ye? Ah ngga useh, gue ngga punye gaun,"
"GeEr lu Nay, siapa juga yang mau ke prom? Cuma ke warung sebentar kok sambil makan,"
"Eh gitu ye? Gue pamit dulu sama Mpok Jiah baru kita let's go,"
"Okey,"


Setelah pamitan, gue ngikut Reza pake motornye. Ya Allah... Nyak, Babeh, Mpok, Tya, Vino kok bisa sih si Reza boncengin gue. Gue pasrah deh mau diajakin makan dimane aje :smile


"He? Makan disini? Balik aje deh, saltum ini mah,"
"Tidak apa-apa Nay, biarin aja,"
"Sandal jepit, rok di bawah lutut, kaos kucel, ape kate orang?"
"Percaya sama aku," ucap Reza sembari mengulurin tangannye.


Gue nerima uluran tangan Reza. Kayaknye jadi Si Tampan dan Si Kumel deh. Gue yang kucel dan Reza yang rapi sama kemeja kotak-kotaknye [dia bukan pendukung Jokowi - Ahok :wek ]. Kite duduk di sebuah meja yang kece abis. Maksudnye ape ini? Wah gue ngga mampu bayar ini.


"Kenapa Nay?"
"Kenape? Ini restoran mewah Za. Pasti makanannye mahal. Bangkrut kalo gini. Gue ngga bawa duit banyak,"
"Kan aku yang ngajak, berarti aku yang bayar,"
"Tapi kan..."
"Sudahlah. Oh iya, aku mau ngomong sesuatu,"
"Gue dulu aje ye? Gue mau minta maaf soal yang kemarin-kemarin. Gue ngga ade niat buat ganggu lu. Suer :peace "
"Udah ngga papa. Ada yang lain?"
"Oh iye, gue ngga apal lagunye Syahrini yang 'Sesuatu' itu, jadi jangan ngomongin sesuatu ye,"
"Hah, kamu memang lucu Nay. Siapa juga yang mau nyanyi? Aku cuma mau bilang, kita jangan putus ya"
"Ha? Putus? Yah ngga lah, kite ngga akan putus. Eh emang kapan kite jadian?"
"Baru saja kan?"
"Hah? Kapan?"


Belum selesai gue nyerna perkataan Reza, tiba-tiba suara berisik ngagetin gue.


"Ciye si Nay, jadian ciye-ciye," seloroh Tya yang tiba-tiba dateng dari belakang gue
"Eh, kok lu disini? Bukannye ke prom?"
"Ciye si Nay jadi Kakak ipar gue," ucap Vino yang lagi-lagi bikin gue kaget
"Jangan-jangan kalian sekongkol ye? Kok datengnye bise barengan gitu?"
"Gimane Nay misi gue? Berhasilkan? Gue mesti dapet piala nih," ucap Tya
"Lu ngindur? Bukannye gue gagal? Gue kan ngga berhasil ngajakin si kutu Vino ini ke prom?"
"Ih Nay, kok gue di bilang kutu sih? Bang Reza, cubitin nih pacar lu,"


Gue natap Reza, dia cuma senyum lihat kelakuan ajaib gue, Vino sama Tya.


"Gue berhasil lagi Nay. Berhasil bikin Reza ngakuin kalo die suka sama lu. Gue emang Mak Comblang keren :uhuk "
"Ape? Gue ngga salah denger?"
"Oh iya, surat lu udah tak kasih ke bang Reza? Gue bacain aja ya? Masih di kantongin tuh,"

Gue coba nyegah Vino, tapi gagal. Die pun berdiri kaya Sang Proklamator saat bacain Teks Proklamasi.

Assalamu'alaikum

Hai Vin, gue Nay. Lu tau kan siape gue? To the poin aje yeh. Gue tuh mau ngajakin lu ke prom di malem Valentine, lu mau ngga? Eh tapi, kayaknye ngga usah deh soalnye gue ngga punya gaun pesta. Tapi ye Vin, abang lu si Reza tuh kenape ya? Marah sama gue? Gue bingung deh. Emang tipe cewek abang lu kaya siape sih?

Wassalam

Nay Manis

Wah~ Gue malu gile :shy . Mana si Reza cuma senyum-senyum doang lagi.

"Nay, aku suka sama kamu. Ini valentine buat kamu dan juga selamat ulang tahun yah, semoga hari-harimu semakin indah terlebih sekarang aku ada disampingmu :luph " ucap Reza sambil megangin tangan gue

Ya Allah, rasanye gue meleleh denger ucapan Reza itu. Makasih Reza, Tya and Vino yang berhasil buat gue berbunge-bunge. Bagi gue ini adalah valentine sama ulang tahun terindah. Cinte, kadang dateng ngga pernah terduge. Cinta dateng seiring berjalannye waktu. Rasanye bintang malam pun iri sama keadaan gue ini. Terimakasih cinte :luph

The End~

Notes :
Alhamdulillah akhirnya selesai juga. Ngga nyangka ceritanya bakal sepanjang rel kereta api antara Jakarta dan Jepara :uhuk . Itu sudah mirip Betawi-Betawian belum yah? :smile . Maaf kalau ada kata-kata yang kurang mengena dengan bahasa Betawinya. Ampun deh buat nulis Betawi. Tapi aku tetep nekat aja buat pakai bahasa Betawi :uhuk . 


Selamat ulang tahun buat Adikku Nay Belo [Biar dia merasa lebih mudah :uhuk lagian tanggal lahirku juga sebelum si mbak satu ini :wek] yang ke 17 + :smile . Semoga usianya tambah barokah dan sukses selalu dalam menggapai apa yang Mbak Nay impikan. Biar kata kita belum pernah kopdar semoga itu ngga akan menjadi masalah yang berarti. Di tunggu novelnya yah? :uhuk

10 comments:

  1. Imajinasiku seolah cerita di atas seperti betawi tulen haha

    ReplyDelete
  2. Ihh ji.... Keren... Gue mah kagak bise ngomong begituan.. Kudu les dulu kali yee same mandra! Haha

    ReplyDelete
  3. selamat ultah buat Naya. salamin buat Naya ya, lama gak pernah posting dia ya

    ReplyDelete
  4. asyik ya... ga ky aku yg lwati hari valentine seperti hari biasa :(
    huuuaaaaahhhh

    ReplyDelete
  5. jiaah gile aku bacanya tak resapin sapa tau kalau reza itu benran nyata, aahh mau #nyadar :D

    eeh selamat ulang tahun buat mbak naya makin sukses semua, trio aquarius podo ulang tahun yaa :D

    ReplyDelete
  6. mau ucapin diblog'a nay langsung, tp udah ditutup sama nay, jadi ucapin disini aja deh,
    semoga nay bisa move on, selepas vino married sama marsha timothi, hehehe

    ReplyDelete
  7. Apik kisahnya dan ada hikmah yang bisa diambil
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  8. Hey Sobat,
    kemana aja dari kemarin aku tunggu2 diblogku tp gak muncul2
    apa gak mau hadiahnya nih?
    ^_^
    kalo gak mau aku ksh yg lain loh.. ditunggu ya

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?