Monday, 13 May 2013

Ngeblog itu

Ngeblog itu, ya susah yang gampang. Blogku cintaku, awalnya seperti itu. Buat blog di tahun 2010 tapi baru aktif ngisi satu tahun kemudian :uhuk . Jatuh bangun ngeblog buat pasang template, pasang gadged dan sebagainya. Dukanya ya itu. Setres tingkat akut. Orang gaptek coba sesuatu yang baru tentang dunia perbloggeran. Mana ngga ada yang bisa dimintai bantuan lagi. Untung masih ada google yang setia membantu setiap saat tanpa pernah mengeluh. 


Pernah juga lho aku sampai nyembunyiin blogku dulu jadi 'hanya saya' gara-gara kehancuran yang kubuat sendiri. Otak-atik template tanpa membuat backupnya. Hasilnya rusak, gagal. Tapi dengan begitu aku banyak belajar untuk berhati-hati walaupun harus mengulang tatanan blogku dari awal lagi. 


Dukanya juga kalau pas lagi deadline. Lagi ngejar DL eh jaringannya super lemot atau malah ngga jalan. Yang lebih parah kalau tulisan yang sudah panjang kali lebar harus hangus gara-gara tidak teliti dan asal delet. Terlaluuuu.... Enough, kayanya dukanya ngeblog cuma itu deh.


Kalau senengnya, jangan ditanya pasti banyak banget. Selain kepuasan batin karena bisa nulis, ternyata ngeblog itu membawa dampak yang besar dalam kehidupanku. Aku jadi kenal banyak orang, banyak teman. Aku juga belajar bergaul dengan mereka yang jauh tapi dekat di hati. Lewat kesamaan misi, kita bisa saling diskusi tentang sesuatu, misalnya saja Flashfiction


Dari ngeblog aku juga banyak hadiah. Mulai dari sebuah pin, kue, jilbab, majalah, kaos, pulsa, rok, uang dan banyak buku yang sampai hari ini masih belum kubaca. Ngga mau munafik, setiap aku mengikuti sesuatu aku pasti mengharapkan bisa memperoleh sesuatu, sebut saja hadiah. Tapi toh kalau pun ngga menang, intinya aku sudah berusaha memberikan yang terbaik. Dan pastinya aku semakin bisa mengasah apa yang aku bisa.


Dalam dunia blog, aku tetap menjadi diriku. Menampilkan sisi lain kehidupanku. Aku hanya perlu mengenali diriku sendiri dan menjadi aku yang paling terbaik. Dua tahun aktif ngeblog bukanlah hal yang gampang. Pernah satu tahun yang lalu aku memutuskan hiatus beberapa bulan karena sibuk offline. 


Mengaca pada Azwar weBlog yang telah aktif ngeblog selama 8 tahun. Hey, 8 tahun bukanlah waktu yang sebentar. Meski ngga setiap hari update, tetap saja beliau ini keren karena mampu bertahan sampai sejauh ini. Sejak 2005, hey bahkan saat itu aku hanya tahu cara search di google tanpa tahu sedikit pun tentang ngeblog. Di tahun itu juga ngga pernah terlintas aku bisa seperti ini.


Menelisik postingan awal Azwar weBlog, aku tahu beliau ini juga mengalami yang namaya revolusi sama dengan tulisanku. Tulisan awal beliau berupa artikel nasihat, puisi, berubah menjadi sesuatu yang lebih. Beliau menulis informasi, review film atau apa pun yang sedikit berbeda dengan blog lain. 


Aku fikir, setiap kita pasti akan mengalami masa-masa seperti itu. Ngeblog yang hanya berisi curhatan geje, puisi ngga romantis, opini seenak udelnya sendiri menjadi sesuatu yang lebih. Mungkin menjadi blog yang bertema film, buku, dunia fiksi, atau pemburu giveaway. Itulah cara waktu mengajarkan kita untuk menemukan jati diri tulisan kita.


Hey, selamat ulang tahun buat Azwar weBlog :smile . Tetap semangat menulisnya. Aku yang tergolong baru masih butuh belajar untuk terus bertahan seperti Azwar weBlog. Amazing!: Lukisan Menggunakan Pensil, Hasilnya Seperti Foto Digital, aku suka itu deh. Soalnya dulu pernah belajar ngevector tapi sekarang lupa :uhuk . Gambar tanganku juga ngga bagus-bagus amat, makanya naksir berat sama tuh gambar.


Oh iya, gambar headernya kan berbau biru muda hijau, background belakang sama bagian laman yang hitam itu kayaknya lebih bagus kalau dibuat biru kaya banner GAnya atau transparan kaya blogku hehehe :uhuk . Satu lagi, labelnya itu pilih satu aja, yg label biasa atau label cloud biar ngga banyak gadged yang bikin load lama :smile . Yuk mari tingkatkan page rank #eh :shy .


Banner Giveaway 3

3 comments:

  1. pengalaman ngeblog memang lucu2 dan mengesankan yah

    ReplyDelete
  2. Wah... makasiha Jiah udah bergabung di GA saya. Memang awalnya ngeblog cuman posting artikel2 aja. tapi, seiring dengan berkembangnya jaman dan bertambahnya pengetahuan, jadi postingannya beraneka ragam. Keep posting!

    ReplyDelete
  3. sukses GA nya ya... hehehe

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?