Friday, 27 September 2013

Maya Maia

Setelah kemarin sukses menjadi makhluk paling ngga jelas di HeartChime: GIVEAWAY DIBUKA!!! Dung tak dung tak jes! dengan hadiah novel Maya Maia, akhirnya malam jum'at 26-27 September aku berhasil menjadi kuntilanak semalam huahahah :uhuk .


Bisa dibayangkan, betapa gejenya aku ketawa tengah malam di kamar. Santai bok! Aku ngga sendiri. Ada Phi, teman tidur yang juga lagi baca novel lain :smile .


Baiklah, mari kita kenalan sama Maya Maia, salim-salim dulu gih :hepi .


Judul : Maya Maia
Penulis : Devania Annesya
Penerbit : PlotPoint
No. ISBN : 9786029481501
Cetakan Pertama : Juli 2013


Baca sekilas judulnya, kaya nama penyanyi yak? Tapi jangan salah, ini ngga bahas Maya-Maia yang itu. Sama sekali!


Jadi, itu ceritanya gimana dong kakak? :wek


Mau tahu atau mau tahu banget? :uhuk


Jadi, ceritanya begini #PasangMukaJutek :jiah .

Maya, anak gahul nan somse ini sengaja kuliyah [Baca : kabur] ke London dan berlama-lama di sana. Karena si Maya ini ngga kelar-kelar kuliyahnya, orang tuanya pun berang dan memulangkannya dengan paksa untuk segera di tunangkan dengan seorang bernama Jojo, teman kecil Maya [Ralat : anak cowok yang suka dijaili Maya]. Dasar Maya yang memang geje, dia ngga pulang langsung ke Jakarta tapi malah transit ke Tulungagung, rumah Anisa sahabatnya.


Maia, cewek alim, lugu banget nan ndeso. Dia sama sekali belum pernah ke Jakarta. Niatnya, mau kerja sama keponakan teman Bu liknya bernama Jojo. Begitu sampai di Stasiun Pasar Senen, muka melasnya kelihatan banget. Kaya mukaku yang unyu tanpa dosa :shy .


Joni-Jojo, tukang reparasi komputer. Gayanya slengekan, jarang mandi. Tapi entahlah, kenapa aku mendadak terpesona dengan sifatnya yang absurd ngga jelas gitu. Menarik kan? Ngangguk ajalah :uhuk . Dia ini calonnya Maia.


Jonathan-Jojo, si cowok tampan, tampan banget dah. Direktur utama bok. Calon suami idaman deh ya. Cuma, dia ini Gagal Move On. Duh! Mas tampan ini. Cantikan juga aku :smile . Nah! Si Jojo yang ini bakal calonnya Maya.


Cerita berawal dari insiden Pasar Senen di mana masing-masing penjemput  -Jojo-Jojo- salah jemput orang. Maya bertemu Jojo-Joni sedangkan Maia bertemu Jojo-Jonathan. Kehidupan pun berubah, semua berubah menjadi tidak biasa. Maya yang serba ada mendadak jadi babu di rumah Jojo. Sedangkan Maia, hidup seadanya malah dibawa ke apartemen mewah.


Semua berjalan di luar kewajaran. Beberapa waktu berlalu, atas dasar ini itu, Maya akhirnya mengetahui bahwa jodohnya telah tertukar.


Pertanyaannya, apa yang akan dilakukan Maya? Bagaimana dengan Maia di sana? Joni-Jonathan, bagaimana sikap mereka? Apakah semua hanya kebetulan semata?


Aku sendiri berkeyakinan bahwa tidak ada yang namanya kebetulan. Teori Kosmos yang diagungkan itu sama sekali tidak berlaku.

Tidak seorang wanita pun di dunia ini yang suka menjadi yang kedua kalau masih memiliki kesempatan menjadi yang pertama dan satu-satunya.
83

Mana yang lebih menyakitkan, mereka yang memiliki kenangan lalu kehilangan atau mereka yang kehilangan tanpa memiliki kenangan?
129

Novel ini, ngga melulu membahas tentang jodoh mereka yang tertukar. Banyak bagian yang kusuka. Ada Mamanya Maya yang gahul abis bikin ketawa. Ada juga Putri, adik Joni yang geje abis. Dan ya, ada beberapa makhluk lagi yang bikin nyengir kuda. Kelakuan Joni-Jojo yang bikin aku keki setengah mati. Sampai-sampai bengong, narik napas, ih wow, arghhh :jiah .


Mungkin ada sesuatu yang tidak perlu diucapkan untuk didengar, mungkin ada sesuatu yang tak perlu disampaikan untuk dipahami. Mungkin ada sesuatu yang tak perlu disemai untuk kemudian tumbuh, bersemi. Rumit..., tetapi sederhana untuk sekedar dimengerti.
202

Bagaimana mungkin kamu pergi begitu saja setelah semua hal yang terjadi?
Kamulah yang terburuk!
Karena kamu datang serupa angin, mengisi ruang yang hampa untuk kemudian pergi begitu saja, seakan tidak terjadi apa-apa.
211

Ini tentang hidup, cinta dan kebetulan. Hidup, tentang arti keluarga, orang tua, sahabat dan juga cinta. Kalau baca bagian Joni dan Putri, mendadak ingat Kakak :hwa . Nangis bombay karena sering ngrepotin dia :hiks .

Dan kau hadir merubah segalanya
Menjadi lebih indah
Kau bawa cintaku setinggi angkasa
Membuatku merasa sempurna
Dan membuatku utuh tuk menjalani hidup
Berdua denganmu selama-lamanya
Kaulah yang terbaik untukku


Sering kali hidup tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Bukan Tuhan tidak mau memberikan. Hanya saja, kadang Tuhan menunda atau bahkan memberikan yang lebih baik dari apa yang kita minta. Berkaca pada masa lalu, bahwa memang ada timbal balik atas apa yang kita lakukan.


Dia, adalah jodoh yang Tuhan ciptakan. 
Kau hadir, merubahku menjadi seseorang yang lebih baik. 
Seseorang yang bisa membuka diri dengan cinta. 
Seseorang yang bisa lebih kuat. 
Seseorang yang lebih menghargai orang lain. 
Cinta, tidak ada yang keliru atau kebetulan tentang ini. 
Jiah~

4 comments:

  1. Baca reviewnya aja seru begini, gimana novelnya ini? Masuk daftar list bulan depan ^^

    ReplyDelete
  2. ah makasih eeaah udah mau ngereiview novelku yang unyu unyu kaya akyuu

    ReplyDelete
  3. terharu --berlinang air mata-- :lol

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?