Monday, 30 December 2013

Merdeka

"Vin, gue mau ngomong sesuatu."

"Ngomong aja Nay, gue dengerin kok." jawabku sambil benerin posisi tenggeran di atas pohon jambu.

"Kita putus!"

"Apa?"

"Gue pikir lebih baik kita putus aja dari pada lu gue kalahin mulu saat adu nguber layangan. Gue malu Vin, malu!"

"Gue pikir, lu cinta mati sama gue Nay. Ternyata gue salah. Gue kecewa Nay sama lu."


Tanpa pikir panjang,  aku langsung meloncat ke bawah meninggalkan Nay yang masih terpaku di atas pohon jambu.


"Vin! Maafin gue!" ucap Nay


Gue berjalan tanpa peduli panggilan Nay. Ditanggal 17 Agustus ini akhirnya gue bebas, hore!!!

Friday, 27 December 2013

Refleksi Masa Lalu

“Empat tahun! Di Amerika tidak ada makhluk seperti kalian!” Sam mulai bercerita.

“Kenapa tidak menghubungi kami?” tanya Nita.

“Sam terlalu sibuk berkencan dengan perempuan berbikini seksi.” timpal Nara.

Mereka tertawa. Sudah terlalu lama mereka tak pernah berbagi cerita.

“Nit, di resepsi nanti kau mengundang semua teman SMA kita, kan?” 

“Tentu saja Nara, aku tidak mungkin melupakan mereka. Aku harap kau tidak mengacau, Sam?”

“Jangan bilang kau mengundang semua mantanku! OMG, Nita!”


Tawa renyah mereka membahana di ruang tamu. Mereka terkenang Sam, playboy paling digemari se-SMA.


“Setelah perayaan malam kelulusan di vila, kita sama sekali tidak pernah berhubungan lagi. Kalian ingat malam itu?” tanya Nara.

“Tentu saja.” jawab Sam dan Nita bersamaan.

“Kau dan Alex pacarmu pergi meninggalkan pesta.”

“Iya Sam. Ayah Alex kecelakaan kami ke rumah sakit.”

“Apa hal buruk terjadi?”

“Buruk, Nit! Aku melakukan kesalahan di pesta.”


Sam dan Nita memandang Nara tak mengerti. Kesalahan apa?


“Alex memintaku mencampurkan sesuatu kedua gelas minuman, sekedar lucu-lucuan katanya. Aku tak tahu siapa yang meminumnya karena pergi ke rumah sakit. Dua tahun lalu, Alex memberi tahu bahwa itu obat perangsang. Aku marah pada Alex, tapi lebih marah pada diriku sendiri. Aku harus minta maaf kepada mereka. Mungkin hal buruk terjadi setelah mereka minum minuman itu. Jadi, Sam, bisakah kau membantuku menemukan mereka dalam resepsi pernikahan Nita nanti? Nita, Kau mengijinkannya kan?”


***


Nita

Aku ingin marah, tapi itu artinya aku akan membongkar apa yang aku tutupi selama ini. Pagi hari aku terbangun di ranjang dengan tubuh telanjang di bawah selimut. Aku bahkan tak tahu apa yang telah terjadi. Rasa sakit di selangkanganku membuatku mengerti. Aku hamil dan melahirkan tanpa tahu siapa ayah dari bayi laki-laki bertanda bulan sabit di bahu kanannya. Aku meninggalkannya di panti asuhan. Aku frustasi pada laki-laki yang tega meninggalkanku sendiri. Menyetujui permintaan Nara, itu sama saja bunuh diri. Tapi bagaimanapun, aku juga ingin tahu, siapa ayah bayiku. Anakku, maafkan Ibumu ini.


***


Sam

Aku ingin marah pada Nara, tapi lebih marah pada diriku sendiri yang pagi itu pergi meninggalkan Nita di ranjang seorang diri. Aku terlalu pengecut untuk mengatakan, aku Sam, sahabatnya yang telah mengambil kegadisannya. Aku takut Nita marah, persahabatan kami hancur gara-gara kejadian yang sebenarnya tidak pernah kami inginkan. Aku memilih lari ke Amerika tanpa mencari tahu apa yang terjadi setelah Nita terbangun pagi itu. Kali ini jika aku mengakui semua, apa Nita mau memaafkanku?


***


“Bagaimana?” tanya Nara pada kedua sahabatnya.

“Ya tidak.” ucap Sam dan Nita bersamaan. Mereka bertatapan satu sama lain.

“Aku tidak yakin calon suamiku setuju dengan rencanamu.”

“Aku tidak yakin kau akan melanjutkan pernikahanmu.” Sam menimpali.

Mereka saling menatap lagi, menyimpan sejuta tanya di hati.


“Mama! Biyan akut!” 


Anak kecil sekitar tiga tahun berlari menghambur ke dada Nara. Nara mendekapnya erat. Sam terkejut bukan karena anak itu memanggil Nara dengan sebutan Mama, tapi lebih karena wajah yang begitu mirip dengan wajahnya. Sementara Nita terhenyak melihat anak dengan wajah mirip Sam dan tanda bulan sabit di bahu kanannya.


“Aku melihat kalian dalam diri Biyan. Tolong, maafkan aku!”


Notes :
Gila!!! Drama banget aku nulisnya :hwa

Thursday, 26 December 2013

Masih MFF Idol

MFF Idol sudah berakhir, cerita MFF Idol, Aku dan Eliminasi juga sudah tertulis rapi. Lha kenapa masih MFF Idol  saja yang dibahas? Sedih gara-gara nggak menang? Ngaku!!! :uhuk . Ayo dong move on! :smile .


Aku nulis masih MFF Idol ini karena dulu dalam hati pernah iseng. Andai aku tereliminasi, aku mau nulis profil 10 besar menurut versiku. Iya, versi di mana sebatas pengetahuanku tentang mereka. Daripada aku ileran gara-gara nggak nulis, mending aku kenalin mereka satu-satu. Ingat! Ini versi aku ya :uhuk .


Pertama kita kenalan dulu sama hostnya @NafriYrrah, Harry Irfan yang beralamat di ceritaceritafiksi.wordpress.com ini asli Makassar tapi tinggal di Jakarta. Kenal Masnya ini gara-gara MFF, jelas :smile . FF dia mah biasa aja, nyatanya dia nggak masuk 10 besar :uhuk *KemudianNgumpet . Tapi terus terang, fiksimini Masnya ini keren-keren :smile .


Kedua, dewan juri yang keren-keren.


@RedCarra, Carolina Ratri setahuku tinggal di Jogja. Biasanya main di www.redcarra.com, tapi fiksinya sih mejeng di stories.redcarra.com. Awal kenal Mak Carra ini bukan dari fiksi tapi di @Warung_Blogger. Waktu itu Maknya kurang bener pas ngetwit format update di WB. Jadi deh mentionan geje pakai bahas bola :uhuk . Terus, apa musti dilanjutin ceritanya? Intinya karena sama-sama jadi peserta dipembukaan Berani Cerita, akhirnya aku gabung di Monday Flashfiction :smile .


@elmanohara, Latree Manohara katadanrasa.wordpress.com ini admin MFF. Kenal sebatas kenal baik karena beliaunya admin :uhuk . Mak Latree ini juga piawai banget soal nyanyi. Cerpen yang terbit mah udah banyak. 


@istiadzah, Isti'adzah Rohyati www.istiadzah.com. Seperti awal kenal Mak Latree, aku kenal Mak Isti juga saat gabung di MFF. Mak Isti ini lagi di Irak ikut misuanya. Kalau ada yang mau kerikil Irak, ntar aku bilangin deh :uhuk .



Ketiga, 10 besar MFF Idol 2013 :smile .


@MeliyaIndri, Meliya Indri ruangmeliya.wordpress.com. Aku kenal Mbak Meliya ini pas kita sama-sama kepilih jadi 10 besar. Walaupun katanya sudah lama gabung di MFF, tapi kan nggak semua anggota aku kenal :shy . Mbak Meliya ini asli Rembang dan dia selalu ngatain aku 'Cah Cilik' gara-gara umurku lebih muda dari dia. Resiko anak kaya aku yang tahun ini baru lulus PAUD :shy .  Oh iya, FFnya Mbak Meliya biasanya bau Jawa soalnya dia sarjana Bahasa Jawa.


@fatwaningrumNa, Na Fatwaningrum avife.com domisili Kediri. Mak Na ini hobi bagi-bagi pisang goreng *Eh. Di MFF sendiri Mak Na tugasnya bahas karya tiap hari selasa. Kadang gabung, lebih sering nggak sih :uhuk .


@yatirachmat, Bunda Yati Rachmat goodcrab-personal.blogspot.com Pamulang aku kenalnya udah lumayan lama. Awal tahun 2012 pas belajar SEO. Beberapa kali main ke blognya Bunda Yati. Akunya seneng banget sama semangatnya Bunda diusianya yang sudah tidak muda lagi :smile . FFnya Bunda juga nggak kalah keren sama peserta lain :smile .


@rindrianie, Rinrin Indrianie rindrianie.wordpress.com lebih akrab disapa Mbak Orin. Mbak Orin asli Sunda, kenal juga lumayan lama. Waktu seriusan ngeblog tahun 2011 sudah malang melintang liat blognya Mbak Orin. Mbak Orin juga aktif dalam dunia fiksi udah lumayan lama. Dulu noh Mbak Orin ikut 13 Hari FF itu :smile .


@melctra, Mel Puspita jejakmelctr.wordpress.com. Kenal Mbak Mel semenjak di MFF. FF Mbak Mel sendiri lebih ke arah horor, thriller, bikin merinding. Kadang ya pengen belajar nulis kaya Mbak Mel. Tapi ya, nonton film horor aja jarang :uhuk *NarikSelimut.


@lianny, Lianny Hendrawati liannyhendrawati.com domisili Jember. Kenal Mak Lianny juga dari MFF. Tapi lebih nggeh waktu Mak Lianny ikut GIVEAWAY DIBUKA!!! Dung tak dung tak jes! mana menang dapat novel Maya Maia lagi, nyesek :hiks . Sama yang buat GAnya, aku nggak boleh ikut  :hwa . Iyalah, aku jurinya :etc .


@Ria_MissRochma, Ria Miss Rochma mamaarkananta.blogspot.com dari Gresik ini salah satu admin Berani Cerita. Kenal ya waktu pertama kali ikut pembukaan BC :smile . Beberapa kali main ke blognya itu FFnya berjenis detektif. Tapi banyak juga kok jenis lain :smile .


@noichil, Nina Nur Arifah noichil.wordpress.com. Dokter muda yang sekarang kabarnya bertugas di Malang ini piawai banget buat FF gombal :uhuk . Aku sering terhanyut, ketawa-ketiwi. Kenal juga dari MFF :smile . Yang paling aku inget FF gombalan Mbak Nina itu pas bahas hari jum’at. Gini nih potongan katanya, “Mau jadi iman jum’atan?” “Nggak, aku mau jadi imam tiap kamu solat.” :uhuk :luph .


@sulunglahitani, Sulung Lahitani Mardinata catatannyasulung.wordpress.com Balada Guru Muda, dulu tagline blognya itu. Kalau pas jadi mahasiswa ya, Catatannya Sulung aja :smile . Kenal The Author ini sejak 2011, kenal doang pas masih main sama Mbak Denok Habibi. Uda satu ini juga hobi bagi-bagi rendang, dalam bentuk gambar :uhuk . Awalnya sih nggak terlalu ngeh kalau dia suka FF meskipun aku tahu dia tuh guru Bahasa. FF dia, keren jelas! Genrenya? Yang jelas bukan komedi atau romantic :uhuk .



Hei, kurang satu itu. Siapa? Aku @jiahjava. Baca noh About Me, gampang kan? Aku saranin jangan terlalu kenal aku, nggak baik bagi kesehatan. Ntar kalian jadi susah tidur, apalagi kalau dengar suaraku. Malah kebayang-bayang nggak jelas. Serem kan?



Yey! Akhirnya tuntas juga nulis mereka semua. Ini tuh tulisan sebatas sok kenal ya :uhuk . Kalau mau lebih kenal, kenalan sendiri :uhuk .

Wednesday, 25 December 2013

Cerewet

Aku sedang belajar untuk sabar. Sabar ketika ada seorang anak laki-laki yang cerewetnya amit-amit jabang bayi. Untung dia bukan adikku, kalau dia adikku, pasti mulutnya aku plester, aku ceples juga pakai staples.


Dia bilang, aku nenek lampir. Dia selalu ngomel tentang aku yang katanya jarang ibadah, pokoknya dia selalu ngerasa dia itu yang lebih baik. Terus, kalau aku solat, ngaji, ibadah harus laporan dulu sama dia? Memang dia siapa coba?


Semoga Allah selalu memberikan kesabaran untukku, amin :smile .

Tuesday, 24 December 2013

(Susahnya) Antri

Beberapa waktu yang lalu, luama sangat sempat baca twit dari Mbak dokter @noichil dan Mak @amma_chemist tentang antri. Apa sih hebatnya antri? Tantri Kotak mah suaranya kenceng nan nyaring. Kalau antri? Mungkin nyebelin.


Suatu ketika, pagi-pagi seperti biasa aku pergi ke pasar yang dekat rumah. Namanya juga pagi, aktifitas paling rempong sedunia. Semua ibu-ibu maunya cepat, nggak pake lama soalnya kudu masak buat sarapan atau nyiapin tetek bengek buat anak sekolah dan buat suami tentunya. 


Di situ itulah kerempongan dan kemarahanku terjadi. Meski aku bukan ibu-ibu, aku merasa nggak nerima keadilan waktu itu :uhuk . Aku antri buat beli bumbu, eh yang jualan malah duluin orang lain. Suebel setengah mati. Aku belanja kan ditungguin orang rumah juga. Sampai aku bilang kaya gini sama yang jual. Tapi langsung diterjemahin aja ke Bahasa Indonesia biar nggak roaming kalau nggak ngerti Jawa. 

“Tante, aku antri sudah dari tadi kok nggak dilayani? Jangan karena aku pembeli paling kecil, jadi yang tua-tua diduluin!”


Setelah itu apa yang terjadi?


Yang jual diam, pembeli lain juga diam. Penjual langsung layanin apa yang aku beli dan semua transaksi berjalan lagi :smile . Bagusnya, setelah kejadian itu, Penjual bumbunya duluin yang antri. Siapa yang bediri duluan di depan lapaknya, dia yang dilayani dulu :smile .


Yang paling konsisten tentang antrian itu Mbak Yanti, penjual lauk-pauk. Masakannya enak banget *Eh. Yang paling penting adalah, dia mengutamakan antrian. Pokoknya ngelayani sesuai urutan yang berdiri di depan lapaknya.


Sebisa mungkin ya, aku sendiri belajar untuk selalu antri. Dengan antri kita bisa belajar untuk sabar, tidak asal serobot. Antri tidak terlalu buruk, bukan?

Monday, 23 December 2013

(Bukan) Peran Utama

Mengikuti jejak Mbak Niar, aku juga kepincut mau nulis tentang Reza Rahadian. Reza ini lahir di Jakarta, 5 Maret 1987. Kalau sama aku, usianya pas lah :uhuk . Tahun depan aku 22, dia 27 :smile .

Reza Rahadian.jpg
Credit

Sebenarnya, Reza Rahadian ini bukan aktor baru di Sisi Lain. Maksudnya Ji? Iya, jadi aku sudah beberapa kali nulis Reza, cuma beda karakter aja :uhuk . Temanku, Mbak Naya Harun itu suka juga sama Reza. Jadi beberapa cerita di All About Nay ada tokoh bernama Reza. Contohnya di cerita Valentin untuk Nay :smile .


Aku suka Reza bukan karena dia jadi peran utama di Film Ainun Habibi. Aku malah suka dia waktu main Queen Bee, pada hal di situ dia bukan peran utama :smile . Malah di Film Kirun + Adul, Reza ini jadi detektif, hooo cucok abis deh. Aku aja sampe heran, masa yang bukan peran utama malah nyedot perhatianku? Bahkan di film Perempuan Berkalung Sorban, meski pengen jewer tapi terpesona juga dengan aktingnya. Intinya, Reza ini keren karena bisa meranin berbagai karakter. Semoga sih kepribadiannya nggak random juga :uhuk .


Ya, meskipun bukan peran utama, yang penting sih aku jadi aktris utama dalam drama kehidupanmu :uhuk .

Sunday, 22 December 2013

Prompt #33: Ujung Jalan

"Ojek!" panggilku pada anak kecil yang menjajakan payungnya. 


Dia berhenti di tengah jalan sementara hujan semakin deras. Aku sedikit kesal, apa yang dia fikirkan? Kenapa dia tidak menghampiriku? Kuhampiri dirinya seraya menerjang hujan yang kian deras.


Aku memegang payungnya bertepatan dengan seorang perempuan yang datang dari arah yang berbeda denganku. Sejenak kami bertatapan kemudian tersenyum memaklumi.


"Yang ngasih bayaran gedhe, dia yang boleh ngojek!" celetuk si anak ojek payung.


Kuraba saku celanaku. Lembaran Ngurah Rai satu-satunya kuserahkan pada anak itu sebelum perempuan di depanku mengambil sesuatu dari dalam tasnya.


"Ke arah mana? Kita bisa jalan satu payung berdua."


Dia tersenyum dan menunjuk arah yang sama denganku. Tuhan Maha Baik.


Kami berjalan beriringan, satu payung di tengah deras hujan. Si anak ojek payung mengekor di belakang kami dengan jas hujannya, aku tak peduli. Yang terpenting adalah rasa yang tiba-tiba merayap di relung hati. Ini pertama kalinya dan rasanya luar biasa. Aku meliriknya, dia menunduk pipinya bersemu merah. Dalam kesunyian kami seolah bicara dengan bahasa yang tak jelas definisinya.  Aku menggaruk kepalaku yang tak gatal. Bagaimana bisa hanya dengan diam, perempuan di sampingku ini mampu meluluhkan hatiku?

Credit
Di ujung jalan dia menghentikan langkah, aku mengikutinya.


"Terimakasih." ucap perempuan itu.

Aku menatapnya. Mata coklatnya, suaranya membuatku gila.

"Terimakasih atas tumpangan payungnya. Rumahku di situ, mari mampir. Suamiku pasti senang bisa berkenalan denganmu."


Aku tertawa getir. Bodohnya!

***

MFF

Ibu, Cinta Tanpa Akhir

Bismillahirrahmaaanirrahiim....

SELAMAT HARI IBU DAN CALON IBU :smile

Hari ini aku nggak akan mengungkapkan terimakasihku pada Bu e. Bosen dong pastinya mondar mandir bewe isinya terimakasih kepada Ibu, khusus IBU. Toh untuk berterimakasih nggak perlu nunggu hari ibu, kan? :Smile . Santai, aku sudah sering kok nulis tentan Bu e :uhuk .


Jadi ceritanya begini, awal Desember 2013 sebelum aku balik ke hutan, aku sempat nonton TV acara Hitam Putih. Aku nggak akan bahas hostnya ya apalagi menyangkut acara tinju. No! Waktu itu, bintang tamunya Denada sama seorang ibu muda, aku lupa namanyanya. Ditag judulnya itu ditulisakan, IBU MENYUSUI 25 BAYI. Aku langsung wow gitu. Anaknya ada 25 biji? Kalau orang kampung mah biasa, lha ini ibu muda!?


Aku sendiri adalah anak ASI. Bu e menyusui kelima anaknya dengan ASI tanpa bantuan susu formula. Sampai usia segede gajah ini, aku malah nggak terlalu suka minum susu :uhuk . Sama seperti Bu e, kedua mbakku, Mbak Santi dan Mbak Ita juga menyusui anaknya hanya dengan ASI. Cuma bedanya, anak-anak mereka masih mau minum susu lain :smile .


Dari hasil baca-baca di sana-sini dan pelajaran jaman sekolah, manfaat ASI itu banyak banget, baik untuk ibu maupun anaknya sendiri. Bagi anak sendiri diantaranya, dapat meningkatkan daya imun, IQ lebih tinggi, gizinya sangat bagus untuk nutrisi anak, dll. Untuk Ibu, bisa mengurangi resiko kanker payudara, kanker ovarium, mengurangi resiko osteoporosis dan juga bisa jadi KB alami. Ini hanya sebatas pengetahuanku ya, kalau ada yang mau nambahi silakan. Maklum, aku belum pernah menyusui, lha nikah aja belum :uhuk .


Nah! Begitu banyaknya manfaat ASI sampai si Ibu muda ini mau menyusui 25 anak. Gimana ceritanya coba?


Aku kira, Ibu ini memang punya 25 anak kandung, tapi ternyata tidak. Ibu ini memberikan ASI yang sudah diperahnya untuk anak orang lain. Ada dokter yang datang, katanya Ibu ini luar biasa. Tepuk tangan meriah, semua orang bangga. 


Pertanyaan, Ibu ini agamanya apa ya? 


Sedikit menyinggung SARA, tapi ini mengingatkanku akan pelajaran fiqih jaman sekolah tentang Mahram Nikah atau orang-orang yang haram dinikahi. Kalau aku jelasin di sini, jadi bahas fiqih :smile . Salah satu mahram nikah adalah anak yang satu susuan. Dalam artian ini, bisa jadi susu langsung atau pakai sedotan, *eh maksudnya ASI perah.


Nah, apakah Ibu ini tahu siapa-siapa yang menerima ASInya? Kalau tahu ya alhamdulillah, kalau nggak ya gawat bin bingung. Kita tidak pernah tahu hari depan, apakah nanti suatu saat anak-anak hasil susuan ASI ibu itu jatuh cinta atau tidak. Kan mereka saudara, satu susuan. Terus ibunya si anak yang di kasih ASI, kok biasa aja ya anaknya nyusu orang lain? Aku yang belum paham persusuan seorang ibu atau gimana ya? :etc


Maka dari itu, aku sendiri sebagai wanita calon ibu akan lebih hati-hati tentang ASI. Aku nggak mau asal-asalan ngasih ASI ke anak orang lain. Bagaimana ya? Aku bukan tipe orang yang mengahalangi orang lain untuk jatuh cinta. Aku nggak mau anak yang aku kandung tiba-tiba membatalkan pernikahan karena baru tahu fakta bahwa calon pengantinnya ternyata satu susuan. Ini sangat kejammmmm!!!! *DramaBangetDeh :uhuk .


Terimakasih buat Bu e yang udah ngasih aku ASInya selama dua tahun. Aku ingat Bu e pernah cerita waktu aku disapih, malam-malam pasti nyari camilan. Sekarang malam-malam udah jarang nyemil lho Bu e. 


Habis ini, ada yang mau berbagi ASI? Walaupun manfaatnya banyak, coba dipikir lagi deh :smile .


Selamat Hari Ibu dan Calon Ibu :lope

Saturday, 21 December 2013

Rumah, Istana Terindah

Setelah menikah nanti, aku sangat-sangat berniat memiliki rumah sendiri :uhuk . Aku sudah membayangkan ini itu tentang rumah bersama suami dan anak-anakku nanti. Tukang ngayal banget ya aku ini? :uhuk


Kedua kakak perempuanku, Mbak Santi dan Mbak Ita sudah punya rumah sendiri. Bukan rumah berkelas di kota-kota tapi rumah biasa yang nyaman untuk dihuni. Rumah memang istana terindah. Dari rumah semua bermula. Makanya kita berusaha membuat suasana nyaman, damai sentosa.


Beberapa bulan yang lalu sempat iseng tanya sama Kakak ipar tentang jumlah uang yang dikeluarkan ketika bangun rumah. Bila dihitung ternyata nilainya luar biasa gedhe. Dari beli batu, pasir, bata, semen, besi dan perlengkapan lain yang aku tak terlalu paham. Itu aja dipotong tanah yang tidak beli, kayu potong sendiri plus Kakak Iparku sendiri yang jadi tukangnya.


Setelah dipikir-pikir, saat ada orang yang jual rumah seharga milyaran itu mungkin untungnya sedikit jika dihitung rinci, rinci banget deh. Apalagi kalau rumahnya didaerah perumahan atau ditempat strategis seperti puncak. Pasti harganya memang sangat waw!


Awal Desember kemarin, aku dapat e-mail dari seseorang yang belum aku kenal. Namanya Pak Labib, beliau sedang jual rumah di derah Sukmajaya, Kota Depok.


Setelah aku lihat, rumahnya lumayan cuma uangku aja yang lumanyun hihihi :uhuk ditambah lagi aku domisili di Jepara Jawa Tengah :uhuk .


Rumahnya tingkat dua, kamar tidur ada tujuh, kamar mandinya tiga. Ada bagasi dan carport dan ada teras depan dan belakang. Sumber air dari sumur, sudah pakai penampung. Jarak ke jalan raya Tole Iskandar kurang lebih 250 meter. Dekat rumah sakit HGA, Alfamart, BCA, BRI, dll. Sarana transportasi umum sangat banyak (M04 jurusan Depok Timur - Pasar Minggu, D06 jurusan Terminal Depok - Simpangan, dll). Harga yang ditawarkan 1,4 M.


Minat? Call/SMS
0817-9919-624 (Pak Labib)


Apapun pilihan kalian, bagiku Rumah, Istana Terindah. Tidak peduli berapa harga rumah tersebut, dari bahan apa mereka dibuat, asal ketika membuat dan menghuninya dengan penuh cinta, semua tak akan ada masalah :smile .

Friday, 20 December 2013

Perempuan Pintar

Kenapa perempuan seperti Laila Lopes yang hitam memenangkan Miss Universe 2011?

Leila Lopes at Chinese Laundry Fashion Denim
Credit
Karena cantik, jelas. Toh cantik itu tidak memiliki standar tertentu seperti kulit harus putih, tinggi harus di atas 160 centi meter. Cantik tidak seperti itu. Cantik itu relatif, tinggal siapa yang mendefinisikannya. Apa dia menang hanya karena cantik? Tentu saja tidak. Leila Lopes itu pintar, makanya dia bisa dianugerahi gelas Miss Universe :smile .


Perempuan itu makhluk yang luar biasa. Perempuan bisa jadi apa saja walau bukan bidangnya. Bukan bidangku, tapi mereka tetap luar biasa saat menjadi Wonder Woman untuk keluarga.


Perempuan itu tidak melulu soal bagaimana dia mendapat nilai matematika sempurna, bahasa yang luar biasa, ilmu pengetahuan yang tidak ada matinya. Adakalanya mereka harus bisa mengaji, mengajari anak-anaknya.


Perempuan itu, paling tidak dia bisa membedakan mana merica mana ketumbar. Mana kunci mana kencur. Mana tepung beras mana tepung terigu. 


Perempuan smart itu ketika dia bisa menempatkan dirinya di mana saja seperti air. Nggak punya kepribadian dong? Kepribadian tetap ada, hanya saja dia bisa gampang beradaptasi di mana saja.


Kenapa aku merasa smart? Diusiaku yang 21 tahun lebih ini aku belajar banyak hal yang mungkin teman-teman sekolahku dulu tidak pernah merasakannya.


Dulu aku pikir, aku adalah makhluk teraneh di dunia. Ketika temanku asyik bereksperimen, aku harus mengaji. Ketika temanku mempunyai uang saku lebih bahkan mereka tidak sungkan untuk terus meminta, aku berpikir seribu kali untuk SMS rumah bahwa aku butuh uang. Aku harus rela tidak jajan demi menyisihkan uang untuk fotocopy materi pelajaran atau pergi ke warnet mencari bahan-bahan tugas makalah. Aku sekertaris kelas yang dianaktirikan wali kelas karena tidak punya HP :hwa . Maka dari itu tidak pernah malu kalau nilainya di bawah standar dan harus remidi :uhuk .


Aku merasa smart meskipun tidak menjadi ranking satu di kelas, tapi aku mampu melewati semua itu sampai mendapatkan kelulusan MAN. Aku bisa fotocopy dan menyelesaikan tugas dengan modal uang jajanku sendiri. Setidaknya walaupun saat itu aku belum punya FB seperti temanku, aku bisa belajar dengan tenang, damai sentausa tanpa gangguang status yang tidak jelas.


Aku smart karena walaupun belum kuliah seperti temanku, aku sudah pernah ikut kelas kuliah :uhuk . Karena belum kuliah, aku belajar banyak tentang kehidupan, tentang dunia kerja yang ternyata kejamnya luar biasa.


Aku belajar bagaimana tidak mudahnya mendapat rupiah sehingga harus hemat dan tidak membelanjakan uang yang aku dapat untuk hal-hal yang tidak terlalu penting, yang bukan kebutuhan mendesak. Ini bukan karena aku pelit, tapi dari sini aku harus belajar menanage keuangan untuk pelajaran saat aku sudah berumah tangga nanti.


Dari tempat kerja, aku bisa memposisikan diriku sebagai apa saja. Aku bisa angkat junjung galon, aku bisa mencuci, mengisi bahkan mengirimkan galon. Kejam? Tentu saja tidak. Selain untuk olah raga, dari sini lagi-lagi belajar untuk mandiri. Tidak semua pekerjaan berat itu urusan laki-laki. Jika suatu saat nanti aku berumahtangga dan suamiku tidak di rumah ketika air minum habis, bukankah aku tetap harus membeli air untuk kebutuhan minum? Aku tidak perlu menunggu sampai mati dengan dalih egoism bahwa pekerjaan berat itu tugas lelaki.


Dari banyak hal aku belajar untuk menjadi perempuan yang smart, tidak hanya pintar dalam teori pelajaran, tapi harus pintar juga dalam banyak hal yang menyangkut kehidupan. Termasuk pintar berakting *Eh :uhuk .


Yah, aku bisa ngaji dan mengajari anak-anakku untuk mengaji. Aku bisa membedakan bumbu-bumbu dapur, jenis tepung dan aku juga sedikit bisa memasak.


Aku berusaha menempatkan diriku di mana saja. Aku sedang belajar untuk jadi anak, istri, ibu, teman dan sahabat yang baik. Tidak mudah memang beradaptasi dalam banyak hal, banyak bidang yang mungkin sama sekali belum pernah kita lakukan. Bukankah perempuan pintar tidak pernah mengeluh untuk selalu belajar dan belajar?


Dunia butuh orang pintar dalam ilmu pengetahuan, tapi jangan lupa, dunia juga butuh orang pintar dalam memanage segala hal. Apa artinya kamu pintar dalam matematika tapi tidak pintar bergaul dalam masyarakat? Apa artinya kamu pintar berbahasa asing tapi tidak bisa menjaga apa-apa yang keluar dari lidahmu?


Menjadi pintar itu mudah. Kuncinya adalah belajar banyak hal. Kita bisa belajar dari kesalahan misalnya. Dari kesalahan kita belajar bagaimana meminta maaf dan berterimakasih.


Ah iya. Aku juga membaca dalam beberapa artikel bahwa pengusaha itu memperistri perempuan yang tidak hanya bermodal kecantikan, tapi juga kepintaran dalam banyak hal.


Mantra hebat untuk diri sendiri :

Jadilah perempuan yang pintar, maka dunia akan takluk kepadamu :uhuk



Dibanding perempuan lain, aku tak sehebat perempuan itu, yang bisa apa saja tanpa mengeluh. Paling tidak aku berusaha menjadi perempuan yang baik, perempuan yang pintar yang bisa dibanggakan. Bukan untuk orang lain, tapi untuk diriku sendiri.


“Wanita itu tiang Negara, bila dia (wanita) baik, maka baiklah negara itu. Tetapi bila wanita itu rusak maka rusaklah negara itu.”


Blogpost ini diikutsertakan dalam Lomba Ultah Blog Emak Gaoel

Asiknya Liburan (Gratis) Lagi Bersama Cheria Tour & Travel

Seperti yang sudah aku tulis dalam beberapa postingan, aku punya 100 mimpi yang ingin aku wujudkan. Salah satu mimpinya menghajikan kedua orang tua ke tanah suci Makkah. Lebay? Bismillah aja, toh kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi nanti :smile .


Credit
Setelah kemarin beruntung bisa liburan ke Bali secara gratis dalam Bali : Bukan Sekedar Mimpi :uhuk , dipikir, diangan-angankan dan diplaning, aku ingin ke luar negeri juga :smile . Ngayal kamu Ji!!! Masa orang ndeso kaya kamu bisa ke luar negeri? Mau jadi TKW apa?


Hei, kau! Positif thinking kenapa? Memang kalau aku ndeso nggak boleh ke luar negeri? Aku mau ke Jepang. Pertama, biar cerpen Kertas Kecil dulu yang ke sana, baru aku :smile .


Kembali lagi ke topik liburan. Tahun 2013 akan segera berakhir dan 2014 segera datang :smile . Tahun depan sebelum pertengahan tahun aku sudah keluar dari hutan! Yey! Rencananya, sebelum cari kerja lagi atau mungkin nikah, aku mau refresing dulu, jalan-jalan ke mana gitu :uhuk .


Nah! Karena angan-angannya keluar negeri, jadi ya aku browsing travel yang mainnya ke negeri luar. Belagu! Biar! Jangan sirik! Mimpi-mimpi gue, masalah buat lo?


Seperti sebelum bertolak ke Bali, aku browsing dulu dan dapat travel. Kali ini aku browsing juga yang berbau luar negeri dan dapat Cheria Tour & Travel. Cheria yang iklannya Dewi Persik di sawah itu to Ji? Hadeuh, cepe deh! Dipikir ini Goyang Gergaji? Nggak sama sekali!


CHERIA Tour & Travel atau PT. Cheria Tours and Travel yang beralamat di Gedung Twink Lt. 3 Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan - Jakarta Selatan DKI Jakarta, Indonesia 12790 merupakan biro perjalanan dan penyelenggara haji ONH PLUS dan Umroh serta tour wisata muslim dengan Ijin Biro Perjalanan Wisata ( BPW ) / SIUP : 2365/2012 dan Depag RI Ijin Umroh Depag RI No. D/ 816-2012, Ijin Ibadah Haji Khusus Depag RI No. D/355.


Cheria Travel nyediain program terbaik dengan biaya/harga promo murah untuk kita. Ada program Tour Travel Wisata Muslim, Paket Tour Wisata Muslim, Travel Umroh dan Haji Plus.  Mupeng nggak lo? Pengen traveling nggak? :uhuk . Ada juga voucher senilai $100 untuk paket haji dan umroh serta $50 untuk paket tour wisata muslim kalau kita daftar secara online :smile .


Banyak pilihan dari Paket Tour Wisata. Kita bisa ke Rusia, Mesir, Bosnia Herzegovina, Swiss, Perancis, Kanada, Italia, Inggris, Maroko, Alaska, India, Bosnia, Irlandia, Dubai, Singapore Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Thailand, China, Eropa, dan Turki. Asik kan?


Paket Wisata Tour Muslim terdiri dari Paket FIT (Free Independent Travelers) cocok buat honeymoon, dua orang dengan waktu yang ditentukan sendiri. Ada Paket Grup bisa berangkat satu keluarga, jumlah minimal tertentu, waktu pelaksanaannya juga ditentukan. Ada juga Paket Private dengan fasilitas tour yang berbeda nggak digabung sama peserta lainnya selama tour berlangsung. Paket wisata tour muslim yang lain juga tersedia dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita.


Itu tournya ada yang pribumi nggak Ji? Ada dong. Ini dia pilihan wisata nusantara, ada Bali Harmon, Exotic Belitung, Jogja – Dieng, Jogja – Solo, Letz Go Lombok. Beh! Itu aku mau semua :smile .


Untuk Wisata Jepang boleh reques, seperti: Beautiful Japan, Paket Tour Jepang Tokyo Kawaguchi Yokohama, Paket Tour Jepang Tokyo Osaka Hamamatsu, Paket Tour Jepang Hokkaido Murah. Aaaaaaaa!!! Ini mah nggak bisa tidur jadinya. Bayangin ke Jepang ketemu Ayang Usui Takumi di bawah pohon sakura.


Credit
Kesempatan emas dengan Paket Tour Wisata Liburan Singapore Malaysia.


Kalau seandainya aku punya kesempatan untuk ke luar negeri, yang dekat aja wis, bisa noh ke Malaysia dan Singapura. Kalau ke Malaysia mau kopdar sama Upin dan Ipin. Mau ngelus kepalanya biar nular aku bisa punya anak kembar :shy . Kalau ke Singapuranya, jelas ketemu Leo. Leo siapa? Singanya dong :uhuk . Ke Singapura itu siapa tahu ketemu Merry Riana kemudian dikasih buku Mimpi Satu Juta Dolar atau ketemu Hardi Mirza kemudian diajak duet :smile *NgayalKeBablasan.


Objek Wisata Paket Tour Singapore Malaysia yang disediakan antara lain :

  • KLCC / Petronas Twin Tower : Menara kembar yang tinggi menjulang itu tuh.
Petronas+Twin+Tower+Malaysia
Credit

  • Hello Kitty Town dan Legoland : Taman bermain baru yang terletak di Johor Bahru. Ini ntar kopdar sama Siti Nurhaliza :smile . *Betapa kucinta padamuuuuu~ Katakanlah, kau cinta padakuuuuu :luph
  • Pasar Seni Kuala Lumpur : Ini bisa belanja souvenir :uhuk .
  • Genting Highlands. Bayangin jadi bidadari di negeri kahyangan dengan kabut tebal.
  • Universal Studio Singapore : Nah! Kalau di sini aku sering lihat. Di internet :uhuk . Siapa sih yang nggak tahu Universal Studio Singapore?
  • Patung Merlion dan Esplanade : Nah! Ketemu kan sama si Lion :uhuk . Akhirnyaaaa~

Patung+Merlion+dan+Esplanade
Credit
Ah pokoknya masih banyak nyok tempat yang asik buat dikunjungi :smile . Ayo tunggu apa lagi? Segera cek di websitenya. Di bawah ini nih, aku kasih alamat lengkapnya. 


PT. CHERIA - Biro Perjalanan Umroh, Haji & Tour Muslim Halal Syariah Gedung Twink Lt. 3, Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790
Telepon : 021 - 7900 216 (Hunting)
Mobile : 021 444 610 74
Fax : 021-7918 2408
Email : info@cheria-travel.com
Web: http://www.cheria-travel.com
Fanspage FB : Saya Suka Travelling dan Cheria Wisata
Twitter : @cheriatour


Ingat! Tetap ceria apapun yang terjadi nanti. Asiknya Liburan (Gratis) Lagi Bersama Cheria Tour & Travel!!! Yipi!!!! Kalau nggak geratis pun, aku juga mauuu :smile .


kontes cheria wisata
Credit
Referensi :

Thursday, 19 December 2013

MFF Idol, Aku dan Eliminasi

Panggung MFF Idol di Monday Flashfiction memang sudah berakhir pada 15 Desember 2013 dengan mengukuhkan Sulung Lahitani sebagai The Author . Lha kenapa ngomongin eliminasi Ji? Yey, aku sebagai salah satu peserta MFF Idol merasa luar biasa ketika tereliminasi :hwa .


Acara MFF Idol sendiri bermula dari gagasan Harry Irfan yang bertindak sebagai host dan juri tetap yaitu ketiga admin MFF Carolina Ratri, Latree Manohara, dan Isti'adzah Rohyati serta beberapa juri tamu setiap minggunya.



Seingatku, audisi dimulai akhir September sampai awal Oktober. Waktu diumumin aku masuk 10 besar, rasanya luar biasa hihihi :uhuk . Awalnya cuma iseng, sekalian nantang diri sendiri :smile .


Minggu 1 : Mengerjakan fiksi mini ternyata tidak semudah yang aku bayangkan. Minggu pertama, Mbak @MeliyaIndri harus turun panggung.


Minggu 2 : Mendeskontruksi legenda. Baru pertama kali dengar dan ternyata luar biasa geje :uhuk . Gara-gara ini, bulan Desember ini aku ikut proyek Deskontruksi Legenda 123 kata :uhuk . Minggu kedua, Mak @fatwaningrumNa meninggalkan panggung MFF.


Minggu 3 : Melengkapi cerita. Meski di MFF sudah biasa dengan tema seperti ini, ternyata melanjutkan cerita juga tidak mudah. Soalnya genre yang diminta itu horor, thriller dan erotis. Bunda @yatirachmat pun meninggalkan panggung.


Minggu 4 : FlashPiction Stage. Gambar kamar mayat genre komedi dan fantasi. Hadew banget deh. Minggu keempat, Mbak @rindrianie mengikuti Bunda Yati.


Minggu 5 : Duet tentang perceraian. Kebetulan aku dapat perceraiannya Jupe dan mantan suaminya. Kesulitan di sini aku harus duet sama peserta lain. Dua kepala, dua pemikiran berbeda tapi kudu buat satu karya. Hasilnya? Euw~ Aku sendiri berduet dengan Uda Sulung. Bener-bener luar biasa geje :uhuk . Apalagi waktu Uda Sulung ini nitip link sambil bilang aku teman duetnya :etc , jerit histeris pokoknya :uhuk . Dari sini aku dapat nama Jipe, eu~ banget deh. Minggu kelima, ternyata @melctra mengundurkan diri karena suatu hal. Bener-bener campur aduk rasanya panggung MFF ini.

Ini karyaku, setres ngadepin perceraian sebelum menikah :hiks

Minggu 6 : Fusion Stage. Menggabungkan cerita dari sebuah film dan novel. Kali ini aku dapat film Claudia/Jasmine dan buku Rojaknya Fira Basuki. Waktu aku cari filmnya di internet, nggak ada yang bisa di play. Aku juga nggak mungkin secepat kilat nyari buku Rojak. Jadi waktu ngerjain ini aku hanya bermodal sinopsis. Minggu keenam, Mak @lianny yang biasanya adem ayem langsung turun panggung. Aku kaget deh :shock .


Minggu 7 : Poem Stage, beberapa puisi dari Adimas Immanuel. Seperti yang aku tulis di Liburan Part 3 aku milih puisi Air Laut yang Menerpa Wajah Kita. Nah! Minggu ini, 1 Desember 2013 akhirnya aku @jiahjava beneran pulang setelah berulang-ulang dapat bintang keberuntungan. Rasanya pengen nangis, tapi tergantikan karena hari itu aku pulang ke Jawa :smile . Mau nyanyi tapi dipending dulu :uhuk .


Minggu 8 : Triangle Stage , jauh lebih sulit ternyata. Allah memang Maha Baik karena membuatku tereliminasi. Maklum, aku tanggal 3 Desember sekitar jam 8 malam baru sampai Jepara. Kebayang susahnya andai aku masih bertahan di 3 besar. Kudu duet sama admin terus buat trilogi. Minggu ini Mbak @Ria_MissRochma harus pulang.


Jadi deh tanggal 15 Desember 2013 Grand Final dimulai dengan mempertemukan Mbak @noichil dan Uda @sulunglahitani. Dibanding mereka berdua, usaha mereka jauh lebih besar daripada aku. Walaupun aku terlunta-lunta di awal November sampai akhir November menjelang cuti karena ditinggal Bosku minggat ke luar kota sehingga harus mengurusi urusan kantor yang luar biasa banyaknya dari transfer, kirim paket de el el, aku masih bisa mengerjakan FF sebelum de el. Yah, setiap kita punya usaha sendiri untuk mencapai kata akhir. Walaupun perjuanganku berakhir dengan menjadi empat besar, paling tidak aku sudah berusa lebih dari apa yang mampu aku lakukan :smile .

Tabloid terabsurd yang aku buat untuk Grand Final :uhuk

Buatku pribadi selama ikut MFF, terimakasih kepada :

1. Allah SWT dan Rosullah SAW yang telah memberikan nikmat yang terkadang lupa aku syukuri.

2. Keluarga, Bapak, Bu e, Mbak-Mbakku, Kakak, Adik dan semuanya yang tahu aku nulis di blog tapi tidak pernah membacanya :Smile .

3. Juri-juri MFF Idol yang luar biasa. Kritikan kalian nancap bener di hati.

4. Host MFF Idol yang keren, luar biasa gila disetiap minggunya.

5. First Readerku yang namanya nggak usah disebut. Udah terlalu banyak namanya nongol di Sisi Lain. Udah cukup dia ngebully dan buat aku Gagal Move On gara-gara X *ComingSoonat2014 .

6. Semua anggota MFF Idol yang dengan suka rela ngasih dukungan ke aku, kalian luar biasa.

7. Semua teman yang bukan anggota MFF Idol yang slalu ngasih semangat ke aku.

Siapa lagi yang belum kebagian selamat ya? *MikirDulu .


Aku nulis udah kaya aku yang menang aja ya? Biarlah, latihan buat salam-salam pembukaan novel, amin :smile .


Intinya aku bangga bisa jadi bagian dari MFF Idol. Dari sini aku banyak belajar, banyak banget. Maaf kalau selama mengikuti MFF Idol aku banyak salah. Bakal rindu moment menegangkan hari minggu. Ah! Semoga tahun depan ada lagi dan MFF Idol menemukan lagi Author keren lain. Selamat buat Uda Sulung yang jadi The Author dan Mbak Nina yang jadi Runner Up. Kalian memang keren!!!


Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Lagu terakhir yang tadinya mau aku nyanyiin pas tereliminasi :hwa . Love kalian semuaaa :luph

Tibalah waktunya
Di penghujung rinduku
Perpisahan adalah kenyataan

Katakan padaku
Walau dengan air mata
Yang jatuh membasahi bumi

*
Harus Disinilah
Kita berpisah
Lambaikan tanganmu

Pejamkan matamu
Di penghabisan seluruh rindumu
Harus sampai disini

Terbenam sang fajar
Bukan berarti juga
Seluruh cintaku kan pudar untukmu

Back to *

Kenanglah kini ku kenanglah...
Pahit dan manis saat bersama
Oo..oo..oo..

Back to *

Harus Sampai Di sini - Kia AFI

Wednesday, 18 December 2013

Bali : Bukan Sekedar Mimpi

Kya...!!! Akhirnya selesai juga cerita liburan maha tidak penting sedunia :uhuk . Cerita liburan gitu aja aku hebring luar biasa sampai buat cerita part 1 - 8 . Ya terserah aku dong, aku yang punya blog :uhuk . Lagian aku nulis pakai tanganku sendiri, sekalian mau pemanasan untuk mengerjakan Proyek Monumental Tahun 2014: JMSHYT. Lagian selama aku cuti, blogku ini nganggur nggak update sama sekali. Makanya, nulis perpart biar tiap hari blog Sisi Lain ada isinya. Ini dia ceritanya :


Dari liburan ini, beberapa catatan penting yang aku dapat, diantaranya :

* Bila dapat voucher, cek dengan cermat tanggal kadaluarsanya biar persiapan apapun tentang voucher itu matang.
* Browsing dan lihat skala pada peta jika mau mengunjungi tempat tertentu.
* Banyaklah bertanya agar tidak tersesat.
* Selama aku terdaftar sebagai karyawan, liburan panjang kurang cocok untukku. Kenapa? Habis liburan biasanya aku malas balik kerja. Makanya habis ini mau jadi bos saja, amin :uhuk . 
* Jaga diri, jaga hati jika bepergian sendiri. Siapkan mental baja :smile .


Aku yakin, dulu entah kapan kita pasti punya mimpi yang belum terwujud. Saat kita berdoa, kadang Allah tidak langsung mengabulkan. DIA menunggu kita siap dengan doa yang kita minta. Jadi, apa mimpimu?


Hei!!! Mari wujudkan mimpi kita :smile .

Tuesday, 17 December 2013

Berani Cerita #40 : Pilihan Hati

Jam kantor telah usai. Sandra terdiam menunggu Malik ke luar dari ruang Dirut. Sandra terlalu sering berselisih paham dengan Malik. Tapi kali ini, sepertinya Sandra akan terbunuh secara perlahan. Sandra duduk di kubikelnya. Masih terngiang ancaman Malik tadi. Sandra meremas tangannya, perutnya terasa tegang.


“Rio, manager kita itu sahabatku. Dia telah dijodohkan dengan puteri Dirut kita. Jangan coba-coba menggoda Rio. Aku akan membunuhmu kalau sampai perjodohan itu gagal!!!”


Kata-kata Malik terus saja terngiang di telinga Sandra. Malik orang kepercayaan Dirut dalam banyak hal termasuk urusan percintaan puterinya. Sifat Malik yang terlalu setia itu, kadang membuat Sandra sebal. Sandra mengutuk dirinya sendiri yang ceroboh. Harusnya setelah meeting dengan klien waktu itu, Sandra menolak ajakan Rio untuk makan malam. Rio begitu baik dan Sandra menyukainya.


Sandra tidak mau usaha yang dilakukan selama ini gagal begitu saja. Sandra memulai semuanya dari nol, dari titik terbawah untuk membuktikan bahwa dia bisa mandiri walaupun tanpa kerja keras dia sudah pasti mendapatkan posisi lebih dari posisinya sekarang.


Sandra bisa memastikan rencana perjodohan itu jelas akan gagal karena dirinya. Ketika rasa itu muncul dan jatuhnya pada orang lain, siapa juga yang kuasa melarangnya?


Malik baru saja keluar dari ruang Dirut. Malik mendekati meja Sandra. Wajahnya merah, matanya menatap Sandra seperti ingin menelannya sekaligus.


“Puas sekarang, ha? Apa sih maumu?” tanya Malik sinis.

“Maksudmu?”

“Jangan pura-pura tidak tahu! Perjodohan itu gagal dan semua itu karenamu!”

“Aku akui, itu semua salahku. Kenapa selalu saja Rio yang kamu pikirkan?”

“Karena dia sahabatku!”

“Kapan kamu mempedulikan dirimu sendiri?”

“Jangan mengalihkan pembicaraan! Kamu perempuan cantik dan berpendidikan. Harusnya kamu bisa mendapatkan lebih dari seorang Rio. Tinggalkan Rio, aku bisa membantumu melupankannya.”


Malik menunduk menatap wajah Sandra. Malik mendekatkan bibirnya ke bibir Sandra kemudian mengecup bibirnya sejenak.


“Apa kamu menciumku demi Rio juga?” tanya Sandra.

Malik sedikit kikuk. Dia bukan seorang yang pintar berkata-kata.

“Ini karena…, aku mempedulikanmu.”

“Aku bukan sahabatmu! Toh kita sering bertengkar, tak perlu kau mempedulikanku!” kata Sandra acuh.

Sandra beranjak dari kursinya, mengambil tas hendak pergi. Tapi Malik menghentikannya.

“Aku mencintaimu.” kata Malik lirih.

Sandra menatap Malik tak percaya.

“Aku serius! Jadi bagaimana?” ulangnya lagi

Sandra tersenyum melihat Malik semakin kikuk.

“Kalian belum pulang?” tanya seorang yang tak lain adalah Dirut mereka.

“Kami masih ada urusan yang perlu diselesaikan, Pak.” jawab Malik.

“Urusan?” tanya Pak Dirut menatap Malik kemudian mengalihkannya pada Sandra yang tersenyum tenang.

“Baiklah. Sandra, jangan lupa ke rumah Ayah jam 8. Mamamu sudah menyiapkan makan malam.” lanjut Pak Dirut kemudian meninggalkan keduanya.

“Ke rumah Ayah? Maksudnya apa, Sandra?” tanya Malik tak mengerti.

“Tidak salah kan kalau perjodohan itu gagal karenaku. Aku memilihmu, Malik.”



Notes : Suka banget bannernya :uhuk , makanya belain ikut :smile

Liburan (Part 8)


Minggu, 1 Deseber 2013 males bangun. Mau ke Pantai Kuta subuh ketakutan kalau kesasar, bagaimana kalau telat pergi ke tempat travelnya. Bagaimana? Hum, hidup dan waktu terus berjalan, aku harus siap-siap chek out.


Setelah aktifitas beres-beres dan lain-lain, sambil nonton TV masih coba masang HP buat internetan tapi gagal. Ada SMS dari Mak Ranny ngasih kabar bahwa aku tereliminasi. Iya aku pulang, tapi tereliminasi itu sesuatu. Pengen nangis :hwa , tapi akhirnya ngakak. Dulu cita-cita waktu tereliminasi bakal nyanyi, tapi belum kesampaian. Yah, mungkin kelanjutan cerita dan perasaanku tentang eliminasi akan aku tulis setelah ini :uhuk .


Aku jalan ke luar hotel. Jadwal travelnya jam setengah dua WITA. Waktu aku jalan keluar sekitar jam sembilan lebih. Ngapain ya aku jalan? Aku nyari taksi :uhuk . Biasanya ya aku naik angkot, bus, sepeda motor sendiri tapi dengan belagunya nyari taksi. 



Masih mengira ini patung Arjuna, ternyata bukan :uhuk

Setelah nyetop taksi, akhirnya aku minta tolong buat dianter ke hotel dulu. Setelah chek out, sambil SMS Mas Usnan tanya apa nunggu travel di Mengwi atau Ubung. Ini hasil ngobrol sama Pak Supir bisa tahu bahwa turun di Mengwi dan naik dari Ubung. Nah! Di sini aku minta tolong buat diantar ke Pantai Kuta. Kata Pak Supir, ke Bali tanpa lihat pantai itu seperti tidak ke Bali. 


Ciye, jadi ke Pantai Kuta. Mampir sebentar, lumayan memuaskan :smile . Sudah kaya nonton FTV di SCTV setting Pantai Kuta. Ramainya, Bule bikininya, orang yang surfing, penjual gelang-gelangan, tukang pijat, pokoknya nggak ada bedanya kaya di TV.




Setelah beberapa waktu mampir di Pantai Kuta, perjalanan berlanjut ke Ubung. Jauh? Jauh banget deh, ngalahin perjalanan dari Mengwi ke hotel. Sedikit kaget waktu sampai di sana pintu taksi di buka. Beberapa orang nawari buat naik bus ini itu, tapi aku tolak. Ye lah wong aku sudah ada travel.



Setengah dua WITA bus berangkat. Seperti yang kemarin-kemarin, bus jalan ke pelabuhan Gili Manuk menempuh waktu yang lumayan lama. Tak lupa pamitan sama Mas Ari dan Mbak Ayu yang ternyata kita tidak jadi kopdar, maaf  :peace :hiks .

I'm go home....

Sampai di pelabuhan aku bangun dari tidur. Kali ini nggak mau tidur, harus lihat laut :smile .





Ada yang buat takjub saat di kapal. Jadi aku duduk di kursi penumpang kapal, tiba-tiba byur!!! Kirain ada yang bunuh diri, ternyata nggak :uhuk . Jadi ada sekelompok anak sengaja terjun dari kapal dan berenang di laut sambil minta dilemparin uang receh. Aku ya amazing gitu sambil ikut lempar koin. Hal ini tidak berlangsung lama. Setelah kapal siap berangkat, mereka berenang ke tepian. Kini saatnya menikmati laut :hepi .









Ternyata, ombak di laut tidak terlalu besar. Rasanya itu, gimana ya? Asik deh . Penyeberangan masih sama kurang lebih satu jam **Satu jam saja oh asyiknya *sambil goyang Itik :uhuk . Sampai pelabuhan Banyuwangi magrib. Bus terus berlanjut sampai Situbondo kurang lebih jam delapan malam untuk solat, makan de el el. Setelah itu, masuk bus aku bobok lagi deh :uhuk .


Rasanya mimpi deh bisa jalan sampai berhari-hari. Kali ini AC tidak terlalu dingin. Aku juga dapat tempat duduk nomor 8, lumayan di depan. Terus yang di sampingku juga lumayan :uhuk bisa diajak ngobrol. Tapi mendadak aku berhenti ngobrol setelah makan malam dan lihat dia ngrokok. Oh No!


Jam tigaan aku terbangun. Pak kernet bilang sudah di daerah Lamongan. Aku siap-siap aja, takut kalau sampai Rembang. Rencananya aku tidak langsung pulang tapi mampir dulu ke Pati, tepatnya daerah Batangan. Dan pertama kalinya dalam sejarah hidupku, aku turun dari bus jam empat pagi :smile . 


Sebelumnya aku nelfon Mas buat minta jemput. Beberapa menit setelah turun, motor Mas datang.


Jadi selama aku di Pati, lumayan bisa nyuci baju ganti yang kotor pas di Bali. Bisa juga aku main sama Lala keponakanku :uhuk . Paling nggak, aku bisa ngunjungi Mbakku itulah.


Tanggal 3 Desember sore sekitar setengah enam aku pulang ke Jepara naik bus Indonesia Jepara-Surabaya. Bus kali ini lumayan longgar sampai Jepara. Sampai bagasi di derah Pengkol Jepara, aku SMS adikku buat jeput.


Ah! Akhirnya tuntas juga ceritanya :smile . Beneran liburan yang luar biasa :hepi .