Tuesday, 3 March 2015

Benda (Tak) Penting Saat Jalan




Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Traveling, jalan-jalan, siapa sih yang tidak suka? Saya yang ndeso dan tidak hafal jalan ini senang sekali kalau ada yang ngajakin jalan-jalan. Ho iya! Saya sebenarnya masih punya hutang post cerita jalan-jalan saya satu tahun lalu ke Jogja. Di sini saya tidak cerita itu, tapi cerita barang bawaan saya :uhuk.

Jujur, saya ini orangnya rempong kalau mau jalan. Ada saja benda kurang penting yang mau dibawa. Jauh lebih mudah sebenarnya kalau jalannya pakai motor, semriwing dan tidak bikin mabok. Paling kaki semutan pinggang pegel :uhuk.

Ada 3 benda wajib yang nongkrong di tas saat saya jalan. Di sini jalannya agak jauh ya, ke luar kota Jepara plus naiknya bukan motor.

1. Obat-Obatan

Accung Diciduk Polisi Setelah Bawa 1.180 Butir Obat G
Source
 
Sakit? Oh No! Tidak ada seorang pun yang mau sakit, maunya sehat terus. Obat yang saya bawa biasanya obat mual, obat sakit kepala. Alasannya sih karena saya mabok :uhuk. Obat itu biasanya membuat ngantuk. Jadinya mending tidur daripada mual, muntah :smile. Mungkin kalau saya kecelakaan #Amit2 #SemogaSelamat, saya tidak tahu urutan kejadiannya wong saya lebih banyak tidur :uhuk.


Source

Kresek ini buat bungkus kepala saya :jiah. Bukan ding :wek. Sudah minum obat tapi masih mual? Siapin kresek! Kali saja ada batu akik yang nyumpet tenggorokan :uhuk. Selain persiapan untuk mual, kresek juga bisa digunakan untuk menyimpan sandal atau apapun.

3. Minum

Source
Minum ini semacam fardu 'ain. Makanan tak ada, tidak masalah yang penting minuman ada. Jaga-jaga saja wong saya juga khawatir kalau dikasih minuman sama orang. Yang lebih penting itu hemat. Jujur saja, minuman di tempat wisata itu harganya lebih. Waktu ke Bali dengan gajenya saya bawa minum 1 liter lebih. Padahal di bus travel sudah diberi minum, mampir ke rumah makan juga. Waktu ke Jogja hampir bawa 2 liter. Kakak saya yang ngomel hingga akhirnya saya kurangi 1 liter. Saya memang doyan minum. Kadang saya pikir, kenapa tidak sekalian bawa galon ya? Ini saya mau jalan-jalan apa pindah rumah?

Saya tahu bawaan saya tidak elit sama sekali, cenderung tidak penting bagi orang lain. Lha di sini siapa yang jalan? Siapa yang butuh? Saya kan? Bukan situ :wek

Sebagai seseorang yang suka jalan tapi kondisinya mabok perjalanan, saya kan harus prepare. Saya harus bisa mandiri, jaga diri dan sebisa mungkin tidak merepotkan orang lain.

Kalau jalannya sama keluarga, ada yang mijetin tengkuk. Lha kalau jalan sendiri di kendaraan umum? Semua urusan saya tanggung sendiri. Meskipun maboknya tidak sering-sering banget. Minyak angin tidak bawa? Tidak. Saya kalau jalan dan bau minyak angin malah tambah mual :uhuk.

Bagi saya, tidak penting berapa harga atau tidak elitnya benda yang saya bawa. Yang penting benda itu saya butuhkan dan bisa menyelamatkan saya saat perjalanan jauh.



12 comments:

  1. klo minyak angin aromaterapi? saya mah suka :D

    ReplyDelete
  2. Aku masih harus diingetin bawa minum.Bukan buatku, tapi buat anak2ku :D

    ReplyDelete
  3. bawa air minum saat perjalanan, memang penting ya...

    ReplyDelete
  4. Bener banget Jiah, klo sdh paham dg kondisi badan ya persiapan spt yg kaulakukan itu udah sip.

    ReplyDelete
  5. kalau saya kebanyakkan minum malah enek pingin muntah :)

    ReplyDelete
  6. Waduh... kalau aku jalan2 & naik bis sama kamu... rugi bingit ya gak bisa ajak ngobrol. Atau aku ikutan minum obat agar tidur ya? :uhuk
    Aku sering terjaga kalau di perjalanan.

    ReplyDelete
  7. pengalaman kalau saya sih gabisa makan dulu kalo naek mobil jauh jauh pake mobil ... suka langsung mual, baru keisi udah diajak gojlak gojlak

    ReplyDelete
  8. saya dulu juga pemabuk berat, Mbak tapi mabuknya bukan mabuk alkohol, ga tanggung-tanggung mabuknya bensin ( perjalanan) hihihi.
    Tapi itu dulu, saat masih di kampung, jarang naik mobil, sekarang alhamdulillah sudah 'insyaf', jarang sekali mabuk kecuali sedang tidak enak badan atau rute perjalanan yang terlalu ekstrim.

    ReplyDelete
  9. aku juga wajib banget bawa obat-obatan macam obat maag dan obat alergi ya kayak gitu deh biar gak bingung aja kalau sakit tengah jalan hehe

    ReplyDelete
  10. Wahh...

    aku jarang sih nyediain kresek khusus.
    Biasanya kalo lagi dimana trus butuh kresek tinggalbeli minum aja ke warung trus minta kresekannya wkwkwk

    #cowok

    ReplyDelete
  11. @ nathalia: suka mbak, tp gak dipake klo lg mual hihi
    @ mak hana: nah skrg kudu dicatet mak
    @ santi: ho oh mbak. Klo makan bs ditahan, minum gak
    @ uniek : ya gitu mak. Kita plg tau kondisi diri sndiri
    @ sri: ya kan org beda2 klo saya suka minum
    @ mbak susi: ya rugi kalo jalannya di bis :uhuk. Klo boncengan ya ngobrol kita hahaha
    @ aji: saya paling makan buat minum obat sih hihi
    @ abi sabila: saya maboknya pas jalan, biasanya. Pulangnya seger hahahi. Smoga ntar bisa ilang maboknya
    @ ninda: nah iya itu mbak, persiapan
    @ aul: dih itu sebiji doang Ul, kita butuh byk hahah

    ReplyDelete
  12. obat2an penting, ya. Gak enak jalan-jalan kalau badan sakit :)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?