Tuesday, 23 June 2015

Icip-Icip Ramadhan

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadhan sudah memasuki tanggal enam. Hem, kalian sudah melakukan apa saja? Ngajinya sudah berapa juz? Makin malas atau makin semangat?

Setelah Hari Pertama Ramadhan di Rumah, hari selanjutnya saya masih di rumah, hehe :uhuk. Di rumah terus, tidak bosan, Ji? Kadang saya kangen bukber bersama teman-teman. Tapi saya kebagian masak buat berbuka. Mau bagaimana lagi?

Namanya orang masak pasti tidak jauh dengan yang namanya icip-icip. Meski masakannya sederhana semacam Mendoan, Sayur Bening tetep kudu icip-icip. Sudah pas belum? Kurang asin atau kurang ajar? Dan sampai sekarang, acara icip-icip masih belum bisa saya hilangkan. Jadi jangan kaget kalau saya masak porsinya berkurang dari pas awal buat, hehe :uhuk.

Err kasus porsi berkurang itu berlaku kalau bukan ramadhan ya. Kalau ramadhan begini, icip-icip ramadhan paling jilat terus diludahin. Makruh memang. Habisnya kalau kasih bumbu, saya asal tanpa takaran. Kira-kira saja, pakai insting, hehe.

Pernah dulu puasa, waktu kecil saya khilaf makan kue sampai habis :uhuk. Ceritanya begini.

Waktu saya masih kecil, ketika akhir ramadhan Bu e selalu buat kue. Bukan kue kering model Dahlia atau Natsar. Kuenya itu terbuat dari terigu, telur, mentega, gula yang diuleni. Setelah apa ya namanya kalis (bukan?!) adonan dibentuk. Bu e biasanya pakai garpu dibalik, kadang dibuat bulet suka-suka.

Bertempat di dalam rumah tepatnya ruang tamu, Bu e dan saya beraksi. Bu e serius bentuk kuenya yang sampai sekarang tak bernama dan saya bantu ngrepoti :smile. Kalau dilihat, model kuenya kaya Gelek. Cuma lebih mini.



Gelek Sumber Gambar: http://hizistore.blogspot.in/2014/03/resep-cara-membuat-kue-perut-ayam-gelek-renyah.html

Karena saya bantu ngrepoti, saya juga bentuk adonan jadi bulat agak besar lalu saya goreng. Icip-icip ramadhan saya kumat. Setelah matang dan ditiriskan, itu kue saya makan. Bue tidak tahu, sayanya lupa kalau puasa hehe :hepi. Ini namanya rejeki :uhuk. Namanya anak kecil, belum balig, mau puasa saja sudah alhamdulillah.

Selesai makan, Bu e negur. "Lho! Kamu kan puasa," katanya. Saya ketawa ketiwi karena serius lupa. Akhirnya lanjutin puasa lagi deh.

Semenjak besar, khilaf makan atau minum saat ramadhan makin jarang. Tapi ya itu, tetap icip-icip ramadhannya belum hilang. Itulah mengapa ramadhan di rumah selalu punya cerita dan kesan tersendiri. Kalau diperantauan selalu saja kangen yang namanya masakan rumah. Kangen ramadhan di rumah.

Bagi kalian yang diperantauan, jauh dari rumah, kangen tidak ramadhan di rumah? Kalau saya yang pernah jauh dari rumah, seenak apa pun makan diperantauan, lebih enak makan sambal di rumah, bersama keluarga. Semoga kalian yang diperantauan bisa pulang dan icip-icip ramadhan di rumah, amin :hepi :hai.

11 comments:

  1. Itu namanya Taat, Cah Ayu....
    Kamu bisa masak to? Serius? Calon mantu idaman nih.

    ReplyDelete
  2. Kalo habis icip2 kue karna lupa, trus langsung inget kalo lg puasa padahal belum minum, seret dong yaaa... alangkah bahagian kalo ingetnya setelah minum. ahahaha

    ReplyDelete
  3. Aku juga waktu kecil ikut sibuk icip2. Kalo Ramadan, pake indra penciuman. Eh.. Bukan cium suamiku loh ya... Mencium bau masakan kalo hafal akan tahu hambar, asin atau keasinan

    ReplyDelete
  4. Wah, asyik tuh, dapat bonus lupas incip2. :)

    ReplyDelete
  5. hahaha... icip2 anak2 kan bukan sekedar icip2, tapi memang benar di makan :)

    ReplyDelete
  6. Iyalah, kalau masak mesti diicip biasanya. Kalo lagi puasa, masaknya nggak pake icip2 ya Jiah? Pake feeling ajakah. Selamat menjalankan ibadah puasa ya.

    ReplyDelete
  7. Icip2 di ramadhan itu makruh ya, Jiah? Aku selama ini ngiranya malah ga boleh hehe. :D

    ReplyDelete
  8. Pokoknya semua makanan di rumah itu enak ya, Mbak, duuuh jadi tambah kangen ingin pulang ke jombang neh....

    ReplyDelete
  9. @ mbak norma: iling poso euy
    @ mbak susi: klo masakan kampung bisa lah mbak. Aku blm bs ngira2 pakai penciuman
    @ mbak rosa: tp aku blm pernah gitu mbak. Paling lupa, makan habis terus inget klo puasa haha
    @ irham: namanya rejeki mas haha
    @ mbak santi: ho oh sih mbak. Tetep ditelan hahay
    @ mak lianny: klo aku tetep icip rasa, gak ditelen tp. Tp klo model kolak gak pake icip
    @ mbak ila: makruh mbak. Jgn ditelen tp ya
    @ pak azzet: iya pak. Mangan rak mangan kumpul hehe
    @ mbak evi: enak klo gorengnya krispi

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?