Monday, 11 January 2016

Akhirnya Terbongkar Juga

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa sih yang kerbongkar? Saya mantannya Dude? Hello!!! Sudah 2016 ini! Masa masih ngomongin Dude? Udah nggak jaman keles!!!

Tahu pelaku Nikah Siri Bikin Hepi? Lalu siapa yang mau dipedekatein?? Itu Mbak saya, sulung bernama Nur Aprilia Dwi Sasanti.

Seperti yang saya pertanyakan di Flashfiction Pedekate, Mbak saya ini lahir bulan Agustus bukan April. Anak pertama bukan kedua. Lalu kenapa ada April dan Dwi?

Bertahun-tahun saya bertanya di dalam hati kenapa dan kenapa nama Mbak kok gitu. Mau tanya sama Bapak, tapi sungkan. Nanti dikira saya ngiri karena nama asli saya njawa, pasaran dan pendek pula. Kalau nama Mbak kan lebih panjang, lebih ngota. Dan beberapa waktu lalu semua terjawab....

Akhirnya terbongkar juga asal muasal nama si Mbak. Ternyata nama itu adalah nama seseorang di masa lalu Bapak. Orang yang pernah Bapak kasihi. Oh my God!!!

Nama mantan Bapakmu ya, Ji?

Sembarangan! Hari gini kok ya nggak move on!

Jadi, ceritanya dulu waktu Bapak masih muda, pernah bekerja di rumah orang di daerah Jawa Timur. Rumah orang yang ditinggali Bapak itu punya anak balita bernama Nur Aprilia Dwi Sasanti. Setiap pagi Bapak ngemong soalnya Ibunya si anak ini masakin Bapak dan orang-orang yang ada di sana. Mungkin Bapak sayang banget sama si April sampai-sampai berangan-angan kalau punya anak perempuan diberi nama yang sama.

Kalau Facebook bisa mempertemukan orang, saya yakin blog pun sama. Kamu yang berusia di atas 30 tahun, Mbak April, atau siapa pun dirimu, mungkinkah kau mengingat Bapakku yang warga Jepara? Maukah kau bertemu dengannya yang tak lagi muda? Meski tak berkata apa-apa, saya yakin Bapak selalu ingin melihatmu yang kini sudah dewasa.

Nama adalah doa. Seaneh apa pun namamu, saya percaya di sana ada harapan tulus dari orangtua. Jadi, Kamu kah Aprilnya Bapakku?

21 comments:

  1. bapaknya sampai segitunya ya..pasti beliau mencintai april yg dulu smpai anaknya juga dinamai sama persis gitu...bagus tuh kalau bisa dipertemukan...coba dicari digogel atau di fb atau medsos lainnya..hehe..spa tahu ketemu dn bisa mempererat silaturahmi...jadi ingat dulu sy pernah tinggl di tegal wktu kecil...tpi ibu jarang cerita...akhirnya berbekal ingatan masa lalu sy nekat nyari rumah kontrakan ditegal dan alhamdulillah ketemu dan orang2 tua di sana masih ingat dng sy...padahal sy ndak ingat mereka...

    ReplyDelete
  2. saya kira mantannya eh g tw mh bukan
    akhirnya saya bisa tidur nyenyak

    ReplyDelete
  3. Semoga mbak April nya terbaca....

    ReplyDelete
  4. nama memang selalu memiliki sejarah. Namanya bagus Jiah...

    ReplyDelete
  5. Semoga segera bertemu dengan April :)

    ReplyDelete
  6. HAHAHAHAAA

    mantanku ada tuh yang mau bikin nama anaknya sama persis kaya namaku, ehh istrinya udah keburu cemburu, untungnya anak yang lahir nggak jadi cewek, tapi cowok.. hahha

    ReplyDelete
  7. Mudah2an cerita ini sampe ke mba april.. rasanya pasti akan sangat mengharukan..

    ReplyDelete
  8. Pasti Bapak punya esan yg terus diingat tentang anak yang dimomongnya ya sampai mbaknya diberi nama yang sama. Semoga bisa bertemu dan silaturrahmi antara April dan April ya mbak Jiah.

    ReplyDelete
  9. Ahaaa ternyata anak balita sumber inspirasine

    ReplyDelete
  10. ih aku terharu banget nih, semoga mbaknya baca ya

    ReplyDelete
  11. Wah mudah-mudahan bapak ketemu sama April ya mbak. Kayak di sinetron2 nih mungkin kalo ketemu.

    ReplyDelete
  12. Nama adalah doa. Seaneh apa pun namamu, saya percaya di sana ada harapan tulus dari orangtua. Jadi, Kamu kah Aprilnya Bapakku?


    Bukan...bukan...saya gak tau hehehe. Tapi ini semacam keberuntungan ya mba, karena zaman sekarang apa2 bisa ter-record di internet. Tapi, kalau Bapak ketemu April, apakah Bapak masih ingat seperti apa April itu? Semoga bisa dipertemukan :)

    ReplyDelete
  13. Wuih, berkesan banget ya si bapak dengan April. ^^ Sampai anaknya ikutan pakai nama April

    ReplyDelete
  14. Hehe, tadi sempat mikir yang macem2 deh akuh, huft, suuzon. :D
    Semoga si Mba Aprilnya baca dan nasib mempertemukan dirinya dengan Bapak lagi ya, Jiah. Pasti haru banget deh kalo akhirnya ketemu. :)

    ReplyDelete
  15. Bukan saya mba, asli, serius deh! :D :P
    Ngikik

    ReplyDelete
  16. Wuuuaah...ada juga yaa yg bukan anak kedua pakek nama dwi dan tidak lahir di bulan seperti namanya..karena selama ini saya juga berpikir yang punya nama dwi pasti anak no.2 :)

    ReplyDelete
  17. wah, unik banget mbak. kalo baru 30-an mungkin medsosan mbak.

    ReplyDelete
  18. Duh, yang ngefans ama Dude..... apa Duda, hahaha

    ReplyDelete
  19. ealah, kirain mantannya, jiah. hihi. semoga segera bertemu ya.

    ReplyDelete
  20. cerita dibalik sebuah nama, lha kalo nama kamu ceritanya apa mbak?

    ReplyDelete
  21. Aku kok malah mewek-mewek ini baca kalimat2 yang akhir. Pasti akan mengharukan banget jika bapak ketemu sama April. Terutama bapak yang terharu...

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?