Friday, 29 January 2016

Heboh Nasib Judul Berita

Bismillaahirrahmaanirrahiim....
Akhir-akhir ini banyak sekali kehebohan? Nggak artis, orang biasa sampai pejabat semua heboh sendiri. Bener nggak? Hayo ngaku?
Apa itu heboh?

Menurut KBBI heboh berarti gaduh, ribut, gempar, geger. Kalau menurut saya, heboh itu sesuatu yang menimbulkan wow. Apalagi kalau sudah jadi Emak-emak. Anak manjat pohon aja heboh nyuruh segera turun sambil ngomong nanti jatuh. Kalau udah jatuh disukurin. Emak macam apa itu?
Akhir-akhir ini selain ketemu berita heboh yang memang betulan heboh, saya juga ketemu berita judul heboh tapi isinya nggak heboh-heboh amat. Ibarat beli makanan, ini yang diantar nggak sesuai dengan yang diiklankan. Duh merasa tertipu sekali!

Saya adalah salah satu orang yang suka baca berita online. Beli koran berupa kertas kan butuh duit, apalagi kalau langganan. Beda dengan baca berita online. Selain simple, berita ini mudah diakses dan kita cuma nunut kuota internet. Duduk manis sambil minum, megang cangkir teh tetap keliatan cantik karena muka nggak ketutup kertas. Dari semua kemudahan itu, kenapa judul berita gitu amat sih?
Semua orang juga tahu, judul merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah tulisan, mau fiksi atau nonfiksi. Terus terang saya sendiri nggak pintar dalam memberikan judul. Dari yang saya tahu, judul yang menarik akan berpengaruh pada dibaca tidaknya suatu tulisan. Tulisan bagus tapi judulnya nggak banget, siapa yang mau ngelirik coba?
Saat ini, mungkin karena tren atau tuntutan management, hampir semua situs berita online diberi judul ‘Heboh’ dan ‘Nasib’. Ada apa dengan mereka? Ini latah atau tak kreatif dalam membuat judul? Masih mending kalau beritanya betulan wow. Lha ini judul doang yang HEBOH tapi isi gitu aja.


Sebagai pembaca, saya itu sedih. Ketika kita bebas berpendapat dengan menulis misalnya, kenapa banyak judul atau pun berita yang malah membuat tanda tanya? Apa kalian para penulis berita atau yang bekerja di situs berita nggak sedih?
Kamu nggak tahu, Ji betapa kerasnya jadi wartawan. Sudah ngejar berita, nulis pula!!!


Saya bukan kalian itu fakta. Saya hanya pembaca yang ketika menemukan hal yang tidak sesuai akan protes sesuka hati. Kalian sudah bisa masuk jadi pegawai berita itu keren! Saya tahu mencari berita itu butuh perjuangan. Nulis pun sama. Tapi, tolong beri kami berita yang betulan berita dengan judul yang nggak itu-itu saja. Kita ini kaya bahasa lho! Masa judul kaya gitu disukai sih?!
Gara-gara judul, kena bully
Tak jarang saya juga menemukan ini. Gara-gara baca judul saja langsung berpikiran macam-macam. Yang paling bikin nangis adalah judul apa sementara isinya apa. Sudah ambigu, nggak nyambung lagi. Mungkin judul yang WOW akan menaikkan pengunjung dan menambah pundi-pundi. Tapi, apa kabar ilmu jurnalisme?

Saya bukan lulusan perguruan tinggi manapun. Jaman sekolah juga tidak masuk jurusan bahasa. Kalian yang lebih tahu tentang kebahasaan dan teori penulisan berita, tolong pakailah teori tersebut. Jangan menyesatkan kami para pembaca awam. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kita orang Indonesia. Kalau bukan kita yang pakai bahasanya, siapa lagi? Ini saya tulis bukan karena benci, tapi saya peduli.
Sampai jumpa! Happy Blogging!

45 comments:

  1. entah yaa.. aku merasa kalo media resmi skrng ini lebih ngejar rating daripada kualitas berita, beberapa kali lihat uda sulung share judul artikel heboh bin nyebelin yg menurutku gak pantas terbit di media besar hahaha.. abis ini ada deh heboh blogger begini begitu :D

    ReplyDelete
  2. Itu kyknya trik buat menarik pembaca. Dan lama2 aku eneg baca judul kyk gitu

    ReplyDelete
  3. Judul berita sekarang memang bikin sesat... Udah fokus banget sama judulnya, eh.. Isinya apa. Sayang kuota juga kalau yang pas dibuka loadingnya berat. :D

    ReplyDelete
  4. kehebohan memang bisa bikin dunia jadi meriah dan kehebohan memang sangat diperlukan bagi seorang artis agar media mengeksposnya selalu

    ReplyDelete
  5. Demi mengejar visitor jadi pake judul kyk gitu. Padahal kadang gak WOW

    ReplyDelete
  6. Xixixiii.. iya mbk
    Judulnya menjebak
    pas dibuka. Cuma ealah ternyata.... hhhaa

    ReplyDelete
  7. judulnya heboh begitu klik ah biasa aja wkwkkwkw, dan itu emang nyebelin :D

    ReplyDelete
  8. Hehehhe itu satu kata yang mungkin menarik untuk dijadikan Viral ya.
    Padahal pas di klik beritanya mungkin biasa aja
    kapan-kapan coba gitu ? *uhuk hhehee

    ReplyDelete
  9. mungkin mereka dapet order nulis
    mungkin hehehe

    ReplyDelete
  10. Wow sebanyak itu Jiah simpan berita2 heboh? Kapanlagi dan merdeka suka tuh judul WOW tapi isinya bikin bingung.
    Sama sih, saya juga suka sebal merasa tertipu kalo pas dibuka .. yaa isinya cuma gitu.

    ReplyDelete
  11. suka tertipi saya juga dengan berita2 yg hbeoh itu malah kaya baca sesuatu yg tak terlalu bermanfaat, yuk ah ngeblog aja

    ReplyDelete
  12. Aku suka dengan tulisan ini, Ji! Iya, sekarang judul berita suka mengundang kecewa karena begitu kita sampai di body of the article, biasa banget britanya. Gimana, sih? Mau ungkit rating kok harus nipu pembaca ya?

    Btw, again, sukak dg tulisan ini, banget! Eits, kegirangannya jangan heboh gitu lah! Hihi

    ReplyDelete
  13. ho'oh, gak pernah klik juga

    ReplyDelete
  14. Aku sebel bangeeet kalo baca berita model ginian, merasa tertipu :(

    ReplyDelete
  15. Hahahahhaha Ember judul berita bikin hebohh hebohh jelekknya

    ReplyDelete
  16. Beritanya pake judul "HEBOH"...tapi beritanya nggak heboh...malesin.. :p

    ReplyDelete
  17. iya malah jadi saru ya mbak.. hahhaa...

    ReplyDelete
  18. Yang nulis gitu kan penulis di perempatan, Ji. Kalo tdk berkibar heboh, memangnya kamu mau nongol?

    ReplyDelete
  19. Soal judul yaa, aku paling nggak bisa buat judul postingan, apalagi judul yang bikin heboh. Jadi judul ya seadanya aja :)

    ReplyDelete
  20. Kalau dipikir, judul berita online lebih lebay daripada koran, Mbak. Mulai sekarang ada baiknya gak terpancing dengan berita yang judulnya bombastis begitu. Utamakan baca media online yang bisa dipercaya..hehehe

    ReplyDelete
  21. kan kita suka yang heboh heboh, ada teroris di tengah jalan aja pada dikerumunin, heboh kan

    ReplyDelete
  22. Setuju. Kadang mikir, media online sama cetak itu nama perusahaannya sama tp yg online kok ngawur semua judulnya.

    ReplyDelete
  23. Katanya kalau gak heboh gak laku...

    ReplyDelete
  24. Hahaha baca postingan ini bikin aku jadi senyum2. Aku jg bacanya berita online. Makanya berita cetak banyak yg gulung tikar.

    ReplyDelete
  25. Siasat media pembuat berita utk menarik minat pembaca, yg nyatanya isinya biasa aja

    ReplyDelete
  26. Itu kayaknya paragraf awalnya sama semua deh..
    "Fiksioner Jiah Jifara yang dulu sering wara-wiri dengan fiksimininya. Tak diduga sekarang dia..."
    Jangan2 itu udah default gitu... jadi kalimatnya udah jadi tinggal masukin nama-pekerjaan dulu-kejadian sekarang

    ReplyDelete
  27. Hahaha, ketipu dengan judul nih yee. Kalo aku mah gak suka baca yang ada hebohnya. :v Pasti HOAK

    ReplyDelete
  28. Aku juga heboh kok Mb Jiah,, hehehe

    lucu2 ya beritanya, dari yang update ampe yang jadul

    ReplyDelete
  29. mau seheboh apa jg, aku mah ga ketipu... jadi emang pilih2 banget sih media masa yg online,mana yg kreridble mana yg yaah gt deh...

    ReplyDelete
  30. Kalau dilihat memang judul dibuat semenarik dan seunik mungkin biar pada lihat,, kadang paling males kena trap. Judulnya A dalemnya B. Huhuhu. Resiko baca berita di online.

    ReplyDelete
  31. Suka sebel ama judul berita yang ga jelas gitu. Judulnya apa... Beritanya apa... Namanya juga buat narik pembaca ya.

    ReplyDelete
  32. Kalau Aku jarang2 baca berita heboh, biar ga kecewa :)

    ReplyDelete
  33. hmm..beritanya juga bikin hebooh

    tapi yang komen tetep kaleem eeaa

    met wiken jiaah

    ReplyDelete
  34. Lah..saya malah tambah heboh kalau tahu mak Jiah jadi tersesat gara-gara berita sok "HEBOH"...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar - Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
  35. waah aku kok fokus ke berita2nya ya Mbk, hahhaha jadi malah tahu ada yang heboh xixiix

    ReplyDelete
  36. mungkin dengan berita super heboh yang ada dimungkinkan menarik animo banyak orang ya mbak..hehee...aku sih just average...tapi kalo soal ikhtiar menekuni dunia adsense nah baru melek nih mata :D hahaa

    ReplyDelete
  37. Hahahhaha

    ini entah bagian mananya yang heboh tapi judulnya heboh banget
    wkwkwkwk

    di halaman depan youtube indonesia juga tuh lagi nampang HEBOH VIDEO POLISI JOGED CANTIK SAMBALADO

    X)))))))

    Bahahahahahakkk

    #indonesia

    ReplyDelete
  38. Paling males baca berita yg judulnya ada 'heboh'nya. Udah deh, ga bakal buka hehehe! Kalo udah gt, kayaknya mending baca koran yg fisik aja. Jarang nemu judulnya aneh dan isi yg bikin keki pembacanya

    ReplyDelete
  39. Iya ya kok judulnya hebah heboh semua.. pdhl isinya blm tentu.. bikin ilfil yg kyk gt hehehe..

    ReplyDelete
  40. berita-berita seperti itu biasanya muncul di facebook saya, tapi akhir-akhir ini saya malas baca beritanya karena dulu pernah tertipu, judulnya heboh tapi isinya biasa ajah :(

    ReplyDelete
  41. Ah klo liat judulnya mending gak usah ngeklik. isinya kadang gak seheboh judulnya kok. Soalnya mereka buat judul heboh kek gitu buat naikin trafik klo bnyk yg klik dan baca

    ReplyDelete
  42. Benar, judul berita banyak yang suka lebay, heboh dijudul tapi isinya nggak jelas :D

    ReplyDelete
  43. gara2 heboh kadang jadi kepo loh mbak...hehehe

    ReplyDelete
  44. heboh luarnya najong isinya... ngabisin kuota aja ya. udah pasti hoax lah isinya makanya aku juga jarang buka yg gitu2an

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?