Friday, 15 January 2016

Selamat Ulang Tahun AMJ yang Pertama

Bismillaahirrahmaanirrahiim....
Tanggal 09 Januari 2016, AMJ (Akademi Menulis Jepara) merayakan ulang tahun yang pertama. Sebenarnya ulang tahunnya itu tanggal 10, tapi atas kesepakatan bersama maka acara dilaksanakan hari Sabtu sesuai jadwal pertemuan AMJ. Jauh hari saya sudah diwarning untuk datang. Bagaimanapun saya pernah jadi bagian komunitas menulis ini. Saya rindu berbagi ilmu menulis dengan anak-anak AMJ. Sayang karena harus bekerja, saya melewatkan pertemuan AMJ setiap Sabtu.

Berbekal ijin bolos kerja setengah hari, akhirnya saya datang juga untuk mengobati rindu. Jam satu saya pulang ke rumah, bersiap-siap lalu berangkat naik motor ke Perpustakaan Daerah Jepara. Di jalan motor sempat mati. Wuih deg-degan aja wong saya nggak tahu dunia permotoran. Tiap naik motor itu modal helm SNI, jas hujan, kadang lupa STNK, dan SIM belum punya, hihihi. Setelah ngotak-atik dikit, alhamdulillah motor hidup dan bisa selamat sampai tujuan.




Acara harusnya dimulai pukul 13.00. Tapi, saya sampai pukul 13.30-an, masih santai aja. Setelah peserta kumpul, akhirnya pukul 14.00 acara dimulai. Sayangnya, saya sama Rita kabur karena mau beli kue ulang tahun. Ya sudahlah!



Setelah balik dari beli kue, akhirnya kami bisa menikmati acaranya. Banyak yang datang, mulai dari anggota AMJ sendiri, ada beberapa Sastrawan dan Seniman Jepara, Anggota GEC (Global English Club), Ibu-Ibu Profesional, Mas Syaiful, wartawan soearamoeria.com dan banyak lagi.

Saat tiup lilin, suasana syahdu diiringi gitar akustik Mas Indra Susindra dan Gaperto Art Community, Rama Dinta menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahunnya Jamrud.



Hari ini, hari yang kau tunggu
Bertambah satu tahun, usiamu,
Bahagialah slalu

Yang kuberi, bukan jam dan cincin
Bukan seikat bunga, atau puisi,
Juga kalung hati

Maaf, bukannya pelit,
Atau nggak mau bermodal dikit
Yang ingin aku, beri padamu
Do'a s'tulus hati ...


Smoga Tuhan, melindungi kamu
Serta tercapai semua angan dan cita citamu
Mudah mudahan diberi umur panjang
Sehat selama lamanya...

Karena ini acara senang-senang, kita semua bergembira. Ada sambutan wakil Perpusda, dari Seniman Jepara, Pak Sunardi. Kata beliau, Penulis adalah Pembaca yang baik. Kalau mau jadi penulis, harus mau juga membaca. Sambutan dari GEC, intinya supaya GEC dan AMJ bisa bersatu. Bagaimanapun kedua adalah komunitas yang sama-sama berkembang di Perpusda Jepara. Dari Ibu-Ibu Profesional, Mbak Ratih, katanya kita harus belajar jadi pemaksa. Dipaksa kemudian terbiasa. Menulis dari hati, rizki mengikuti.








Selain sambutan, ada juga yang nyumbang nyanyi, baca puisi, baca cerpen dan juga geguritan. Mas Didit Endro S, salah seorang Sastrawan Jepara yang sudah keliling Asia-Eropa membacakan puisi Konspirasi Seksi. Bahasa ada dua, percakapan dan Sastra. Dalam Sastra itu nggak ada bahasa saru. Tapi untuk bahasa percakapan, kita harus tahu unggah-ungguh bahasa. Sumpah saya sangat menikmati pembacaan puisi tersebut. Kapan lagi coba lihat Satrawan kondang yang membaca sekaligus berekspresi seperti monolog dalam teater. Pukul 16.30 acara berakhir setelah pembacaan cerpen Ulo Lempe karya dan oleh Mas Catur.







Untuk ukuran komunitas yang benar-benar baru, ulang tahun pertama AMJ ini terbilang sukses. Tercatat 40-an orang yang hadir. Dari saya untuk AMJ, smoga langgeng terus dan mampu melahirkan Penulis yang bukan hanya terkenal, tapi karyanya abadi, dikenang sepanjang masa.

Saya kangen belajar bareng anak-anak AMJ. Semoga saya lekas diberi kemudahan untuk sama-sama menimba ilmu dengan mereka, amin ya Robbal ‘alamin....



Sampai jumpa! HappyBlogging!

Foto hasil jepretan Shina, Mbak Rida, semua yang jepretlah, hihi . Terima kasih semuaaa Album AMJ

9 comments:

  1. selamat ulang tahun AMJ,semoga makin baik dan semakin menghasilkan lebih banyak orang yang jago menulis,amin..

    ReplyDelete
  2. Hasil jepretannya Sinna, Say. Bukan Mbak Ridha. Kalau tidak ada tulisan bawahnya itu, baru punyanya Mbak Rida. Aku yg edit fotonya dan memberi kredit sekalian (Sinna full 1 acara sampai laptopku berisik). File gambarnya oh la la bikin komputer jejerit dan kuota menangis jika tak diedit. hahahahahahaha

    ReplyDelete
  3. Semoga komunitasnya terus berkembang yaaaa. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. Senangnya bisa gabung di konunitas menulis, selamat ulang tahun. Eh btw ayo bikin SIM nya jiah:)

    ReplyDelete
  5. selamat ulang tahun, amj! :)
    gue kira amj sejenis universitas, ternyata akademi menulis toh...
    40 orang yang hadir memeriahkan acara sebuah akademi baru emang bisa dibilang sebuah prestasi yak, berhasil mendapatkan animo anggota

    ReplyDelete
  6. Selamat ulang tahun AMJ. Duh jadi pengin ke Jepara. Mampir juga ke komunitas yg ada, misal komunitas menulis ini atau blogger Jeparanya

    ReplyDelete
  7. Wah enak ya punya komunitas yg aktif gitu. Huhuhu

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?