Friday, 19 February 2016

Dari Bolu Sampai Data Memori yang Hilang

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Waktu ulang tahun kemarin, saya cerita niat banget buat kue. Sebagai percobaan, saya beli deh bahan-bahan untuk membuat bolu. Di buku resep yang dibeli barengan wajan serba guna sih ada. Cuma saya males bongkar karena ketumpuk sama buku-buku lain. Cari Google? Saya baca juga, cuma nggak ngikutin resep yang saya baca, hihihi. Saya pilih resep yang dicatat si Mbak dari saudara yang biasa buat kue. Yuk capcus deh!

Bahan yang harus disiapkan antara lain:
Terigu satu gelas besar kurang lebih 170 gr (Saya pilih terigu Cakra)
Telur 4 butir
Gula putih satu gelas kecil
Panili 2
Blueband 2 gr dicairkan
Ovalet 1 sendok makan

Akhirnya tuh di tanggal 14 Februari saya buat tuh kue bolu. Pertama, campur semua bahan kecuali terigu sama bluebandnya. Kocok sampai mengembang. Biasanya busa si telur jadi putih gitu. Karena belum punya mixer, saya ngocoknya manual. Dikocokan pertama, ampun! Saya nggak kuat! Akhirnya di adonan yang kedua saya sendiri yang ngocokin semuanya. Setelah adonan telur dkk mengembang, campur deh terigu dan bluebandnya. Dikasih pasta warna juga boleh. Adonan oke, masukin loyang. Panggang sekitar 50 menit, jadi deh!

Sumber: wwwdotdapurasikdotcom
Nggak ada foto itu hoax banget, katanya! Sebenarnya sih saya sudah jepretin tuh adonan bolu, bolu panggang sampai matang siap disantap. Tapi, entah bagaimana saya malas ngeshare di FB. Bikin gitu doang masa dipamerin? Niatnya kan buat postingan di blog, betapa saya bangga bisa buat kue. Lalu apa yang terjadi?

Senin pagi saya ganti HP #Alhamdulillah. Karena belum beli memori, yang lama saya masukin deh ke HP baru beserta kuotanya. Sudah seneng-seneng, eh ternyata HPnya belum bisa dipake internetan. Bye bye WhatsApp dkk deh. Bengong doang, cuma bisa foto #Hadeh!. Hari berikutnya, saya liat-liat deh HPnya. Masih kurang software apa gitu buat instal. Pas lihat video lama, kok nggak bisa dibuka. Lihat foto pada ilang, lagu gak bersuara. Kenapa?!

Saya cek dong lewat komputer, siapa tahu formatnya doang nggak cocok. Jeng-jeng! Ternyata hasilnya pun sama, datanya jadi 0 kb sementara foto entah pada ke mana. Sebenarnya saya sedih. Itu foto krucil, video si Sinta joget, Azzam, nggak ada salinan satu pun. Mau nangis juga buat apa?! Dan saya baru sadar, itu foto kue bolu juga belum ke upload!

Jadi teringat cerita data memori yang hilang 2-3 tahun lalu. Dulu mah mau nangis sampai akhirnya nemu software buat balikin data yang kehapus. Kalau yang sekarang, duh kayanya saya harus ikhlas. Pakai software pun nggak balik penuh, hanya beberapa. Daripada makan hati, ya sudahlah. Mari buka lembaran baru dengan HP baru, hihihi.

Nggak papa deh foto bolu pertamanya ilang. Toh yang penting cara buatnya nggak lupa. Jadi nanti pas lebaran sudah bisa pamerin kue hasil buatan sendiri. Nanti kalau ponakan-ponakan pada ultah, pede lah buat kuenya, hahaha.

Sampai jumpa! Happy Blogging! Jangan lupa ikutan [Mini Kuis] Dua Empat. Hari terakhir lho!

6 comments:

  1. kalo gitu buat lagi aja Jiah nanti aku di undang ke Jepara ya

    ReplyDelete
  2. artinya,besök harus bikini bolu lagi...biar nggak dikira hoax xixixi..dan kalo bisa bai2 bolunya^^

    ReplyDelete
  3. ihiiir hp baruuu... data ilang emang bikin nyesek sih #eh #kabooor

    ReplyDelete
  4. wuh kue bolunya enak tuh
    gambarnya yg asli mana?

    ReplyDelete
  5. Duh, sedih banget pastinya, Jiah, kehilangan foto. Aku juga pernah ngalami. Pakai software buat ngembalikan, jg ga bisa. Makanya, skrg rajin mindahin foto ke laptop :)

    ReplyDelete
  6. Iya mbak pernah juga mengalami hal serupa :-(
    yg sabar dan try again mungkin ya mbak...

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?