Tuesday, 22 March 2016

Sareng Pajak? Kenapa Nggak?

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Buat apa bayar pajak kalau duitnya dikorupsi? Pengusaha yang usahanya gedhe, kenapa bayar pajaknya kecil? Sebenarnya, duit pajak itu larinya ke mana?

Sebagai anak muda #Ciyeee, saya sering bertanya-tanya tentang hal di atas. Setiap tahun bayar Pajak, itu duit buat apa sih? Kenapa pekerja diminta buat NPWP? Nah! Akhirnya di Jepara telah Launching Sareng Pajak, Sharing Bareng Pajak yang diresmikan di gedung Jepara Trade & Tourism Center pada 6 Maret 2016 lalu.

Apa sih Sareng Pajak itu?

Sareng Pajak merupakan bagian dari progam pengembangan UMKM Kabupaten Jepara tahun 2016 yang digelar oleh KADIN (Kamar Dagang Industri) Kabupaten Jepara. Tujuannya untuk pemberdayaan ekonomi dan juga menumbuhkan kepatuhan wajib pajak. Selain KADIN, acara ini juga bekerja sama dengan KPP (Kantor Pelayanan Pajak) Pratama Jepara, dan juga UNISNU (Universitas Nahdhotul Ulama) Jepara.

Sambutan para ketua penyelenggara serta Dekan Unisnu menjelaskan sedikit tentang apa dan untuk apa pajak itu. Pajak merupakan sumber terbesar pembiayaan negara. Untuk memenuhi kebutuhan bersama, ya kita harus gotong royong membayar pajak. Kita para pemuda khususnya diajak untuk melek pajak. Kenapa? Karena nantinya kita akan sering bekerja sama dalam membuka wawasan tentang pajak.


Kedepannya nanti kita hanya bayar pajak?

Dari pemateri Mas Rumail Abbas menjelaskan bahwa tujuan kita kan mengembangkan UMKM Jepara. Ada beberapa progam lho dan kamu harus tahu. Sebagian besar kita adalah pengguna internet bahkan bekerja via online. Pajak juga kudu uptodate dengan membuka direktori online di www.muria.id. Di website ini UMKM di Jepara akan dikumpulkan data-datanya. Tiap bulan akan mengadakan pelatihan. Ada konsultasi tentang usaha juga pada hari Kamis. Kedepannya akan diadakan pameran juga.

Pelatiahan UMKM tuh ngapain aja sih?

Walaupun usaha kita kecil, kita perlu juga bidik pasar online. Di sharing bareng pajak ini kita nanti akan diajari publikasi di sosial media, surat kabar, bahkan SEO dan pencarian premier di Google.

Semua pengusaha boleh ikut?


Untuk awal, sareng pajak mengajak 30 UMKM tiap bulan. Ada pelatihan, info perpajakan dan juga sharing bisnis kreatif. Nanti setelah berjalan, akan ada evaluasi juga. Jadi jangan takut kalau setelah pelatihan kita ditinggalkan. Kita akan tetap dibimbing kok. Sudah usaha dibimbing, diajak berkreatif, nantinya juga ada seminar, kontes dan lomba. Bagaimana? Sareng pajak itu asyik kan?

“Ada dua hal yang pasti di dunia ini: kematian dan pajak” – Benjamin Franklin.

Nggak ada salahnya kita anak muda khususnya mengetahui apa itu pajak. Kalaupun di sana ada yang ngorupsi pajak, nggak mau bayar pajak sesuai usahanya, ya itu urusan mereka. Masa iya hal buruk kita contoh? Kalau kita melakukan hal baik, dengan membayar pajak contohnya, semua itu akan kembali pada diri kita sendiri.


Yuk merapat ke Gedung Jepara Trade & Tourism Center, Jl. Raya Jepara-Kudus KM. 11,5 Rengging Pecangaan Jepara. Buka setiap hari lho, kecuali hari libur, pukul 09.00-14.00 ehehe. Dan dibuka mulai Kamis ini, yey!!!

Sampai jumpa!!! Happy Blogging!

15 comments:

  1. Yang baik perlu dicontoh dan yang buruk hindari hhe.

    Nice sharing mbak Jiah :D

    ReplyDelete
  2. Sosialisasi pajak emang harus disebarkan, banyak yang berasumsi seperti itu soalnya, bener banget mau dikorupsi apa enggak biarkan menjadi urusan mereka, yang penting mari taat pajak :D

    ReplyDelete
  3. Kematian dan pajak? Lucu banget sih, haha

    ReplyDelete
  4. aku blm sempet nulis ini nih...

    ReplyDelete
  5. hari ini, jam 1 siang di kantorku ada sosialisasi pajak dan pengisian SPT. nyimak deh...

    ReplyDelete
  6. ayo jangan malas bayar pajak..!! :)

    ReplyDelete
  7. Wah, kesempatan besar untuk pihak UMKM mengembangkan bisnis ya :)

    ReplyDelete
  8. Yuk rajin bayar pajak, biarin aja yang korupsi pajak uangnya jadi nggak berkah.

    ReplyDelete
  9. Ayo tingkatkan kedisiplinan kita terhadap pajak karena pajak juga buat kita sendiri dan untuk negara yang sedang kita tempati ini.

    ReplyDelete
  10. Kayanya perlu lebih banyak sosialisasi nih.

    ReplyDelete
  11. Bagus ya ada website Muria itu, jadi orang2 palku UMKM bisa pelan2 melek teknologi melalui website itu

    ReplyDelete
  12. Memang katanya, pajak itu merupakan sumber terbesar negara, yang digunakan untuk kepentingan bersama. Jadi, dari rakyat dan untuk rakyat.
    Sedih juga ya, jika ada dana pajak yang diselewengkan :((, rakyat akan dirugikan.

    ReplyDelete
  13. semoga sareng pajak juga merambah ke Bogor nih karena UMKM nya sedang semangat berkembang

    ReplyDelete
  14. Jiah... ayo ke sana lagi. Ada acara tiap Sabtu Lho....
    #trus nangis di pojokan. HIhihihihi....

    ReplyDelete
  15. Wahhh baru denger nih soal Sareng Pajak

    di Padang kek nya nggak adaa

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?