Thursday, 7 April 2016

Belajar Internet Biar Nggak Kudet

Bismillahirrahmaanirrahiim....

Pernah nggak sih kamu merasa hidupmu tertinggal dari temanmu yang lain? Pernah nggak kamu merasa kudet, nggak ngerti apa-apa? Saya merasakan itu, sangat.

Jaman MTsN dulu, internet memang sudah dikenalkan, tapi ya hanya sebatas kenal, Google, Yahoo, gitu aja. Bagi yang punya komputer di rumah sih enak. Lha saya? Ke Warnet aja kalau ada tugas. Itu juga minta bantuan yang jaga. Kudet banget lah.

Masuk MAN, saya mulai memberanikan diri. Belagu saya ke Warnet, browsing tugas tanpa minta bantuan yang jaga. Saya kepo dong isi di internet itu apa. Hingga lulus sekolah, akhirnya saya tau betapa luasnya internet itu.

Mulai kerja di tahun 2010, alhamdulillah banget dapat kerjaan yang di sana ada komputer dan juga jaringan internetnya. Awalnya saya sok-sokan malu buat akun. Akhirnya punya Facebook, Twitter dan juga Blog.

Errr itu kan cuma akun biasa, Ji. Kok heboh amat?

Namanya juga orang desa, dapat gratisan untuk belajar mah seneng banget. Waktu itu saya kerja di shoroom mebel. Setiap pagi saya berangkat lebih awal karena nebeng kakak. Sejam sebelum masuk, saya otak-atik deh isi komputer. Browsing sono sini, bikin hepi. Dan sampai hari ini akhirnya masih bisa bertahan lho, bihihi.

Tiga akun yang saya buat pertama kali itu masih jadi andalan. Yang paling banyak perhatiannya, jelas si blog. Kenapa? Karena dari blog saya belajar banyak hal.


Lewat blog saya bisa berekspresi. Dari sana juga saya kenal banyak orang. Dan dari sana juga tulisan saya yang isinya curhat jadi lebih berisi.

Lho, Ji, bukannya blog memang tempat curhat?

Di awal sih saya pikir begitu. Tapi semakin ke sini, dunia makin terbuka. Semua orang mengandalkan Google. Dan akhirnya saya ingin tulisan saya bukan hanya untuk saya, tapi orang lain juga. Mulai dari itu saya belajar memperbaiki diri.

Namanya ngeblog pastilah butuh yang namanya internet. Pernah nggak galau gara-gara internet?

Pernah dan sering banget. Ada kalanya saat DL tapi nggak ada Warnet yang kosong. Kadang juga hujan lalu jaringan internet antara ada dan tiada. Atau yang paling parah adalah bokek dan nggak bisa beli kuota.

Saya pun bertanya-tanya. Ada nggak sih kartu internet murah, jaringan oke, tapi bisa gratis nelfon dan SMS?

Kok maruk banget ya saya, hihihi. Ya namanya juga hemat. Kalau internet bisa, kenapa nelfon SMS nggak bisa? Kegalauan saya pun terjawab dengan adanya Indosat Ooredoo.

Pasti pada taulah kalau sekarang ini Indosat resmi menjadi Indosat Ooredoo. Yang terbaru adalah jaringan 4Gnya dan alhamdulillah Jepara sudah ada 4G, hore!!! Karena saya kepo bagaimana hebatnya 4G, rela hati lah saya beli kartu Indosat IM3 Ooredoo baru. Hasilnya?


Nggak mengecewakan. Mau ngetwit, set, sedetik kelar. Cucok banget lah kalau buat ngeblog. Yang lebih keren, Indosat Ooredoo ini nawarin paket Freedom Combo M, L, XL, dan XXL dengan unlimited SMS dan nelfon. Ada yang sudah coba? Kalau saya sih lebih suka jaringan internet cepetnya hihihi.

Sejauh yang saya rasakan, pakai Indosat Ooredoo memang lebih hemat. Dan karena masih penyesuaian, ada daerah tertentu di Jepara yang jaringan 4Gnya belum stabil. Harapan saya pribadi, semoga mulai bulan ini jaringan 4G sudah bisa dirasakan masyarakat yang pastinya punya smartphone 4G dong ya.

Sekarang ini di kampung saya sudah banyak yang melek internet. Meski bukan blogger, ya minimal mereka tahu lah. Mungkin kedepannya saya bisa mensosialisasi mereka tentang bagaimana menggunakan internet yang baik. Tentunya untuk mendukung aksi tersebut, saya butuh jaringan internet yang kuat dan stabil.


Dari internet saya mendapat banyak hal. Dan ya saya belajar untuk tidak pelit berbagi tentang apa yang saya tahu. Bagaimana denganmu? Sudahkah Belajar Internet Biar Nggak Kudet?

11 comments:

  1. Sama mbak, sebelum jaman sekarang, main ke warnet hukumnya wajib! Haha. Tapi makin ke sini, popularitas warnet mulai tergusur ya, dan aku pun sudah mulai jadi salah satu penganut yang apa-apa mobile -_-

    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Sudaaaaahhhh.....

    Avatarmu imut2 semua, jadi pengen gigit. ups....

    ReplyDelete
  3. setuju, internet bikin saya gak kudet-kudet amat :D

    ReplyDelete
  4. Hehe...coba liat Jiah yang sekarang eh, bukan cuma sekarang deng... sejak ada MFF juga udah keren lho! Itu tahun berapa ya? Kalo gak salah tahun 2012 tuh udah bisa bikin bingkai yang berisi peserta-peserta MFF tuh. Pokoknya, Jiah keren, coba kalo deket pasti bakal didatengin terus rumahnya sama bunda buat minta diajarin ilmu ngenetnya...

    ReplyDelete
  5. iya mba...
    sekarang udah jamannya internet..
    klo anak muda gk bisa internet ya keterlaluan banget..
    tapi jangan lupa juga harus pinter-pinter jaga adab dan etikanya, biar gk keblabasan, hehe..
    salam kenal mba...

    ReplyDelete
  6. di domisli tempat tinggal saya usaha warnet sudah pada gulung tikar mba

    ReplyDelete
  7. Para provider berlomba-lomba memberikan pelayanan dan paket internet yang terjangkau harganya dengan kualitas yg terbaik.

    ReplyDelete
  8. bener banget, internet bikin ga kudet. dulu kalo anak nanya ini itu suka bingung kalos aya gatau, sekarang mah tinggal googling aja

    ReplyDelete
  9. Udah dong Ji, dan sampai hari ini aku masih suka belajar. Karena selalu ada yang baru dari internet. Baru jga bikin IG, udah ada pinterest, path, alamaaaak, hehehe

    ReplyDelete
  10. Indosat jadi pilihan aaya selama ini mbak. Soalnya sinyalnya stabil dan bisa jafi andalan tiap kali ngejar DL. Hihihi.

    ReplyDelete
  11. Sebelum kenal internet, pas Jaman SMA dulu kalo ada pelajaran komputer ya selalu mainan game, solitaire dan pinball haha tapi kalo jaman sekarang, ketika ada pelajaran komputer, yg di-login pertama ya fesbuk X)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?