Saturday, 23 April 2016

Gerakan Pungut Sampah, Sumpah Nggak Nyampah itu Asyik

Bismillaahirrahmaanirrahiim.....

Kita pasti tahu, sampah itu ada di mana-mana. Sehari saja mungkin kita bisa menghasilkan banyak sekali jenis sampah. Pertanyaannya, sudah kah kita buang sampah pada tempatnya?


Karena diantara kita masih ada yang belum sadar tentang sampah, maka sebagian orang dari Kelas Inspirasi Jepara mengadakan Gerakan Pungut Sampah, Sumpah Nggak Nyampah itu Asyik. Banyak orang yang ikut dalam gerakan ini. Dari TPA Bandengan, Komunitas-komunitas Jepara, sampai anak SMA mau jadi relawan. Bertepatan dengan Festival Kartini Tahun 2016 dan banyaknya acara di Jepara, gerakan ini dimulai.



Sesuai jadwal, aksi pertama kami lakukan saat acara Kirab Budaya Buka Luwur, 9 April 2016 yang dimulai dari Pendompo sampai Mantingan. Pada hari itu, jumlah peserta lebih dari seratus. Kita dibagi menjadi lima kelompok. Saya sendiri kebagian kelompok B dengan rute utama sampai Polres Jepara.


Banyak yang menyambut positif tentang kegiatan ini. Kalau saya bilang sih cukup berhasil. Ada pedagang yang sudah menyimpan sampahnya. Ada juga anak sekolah yang ingin bergabung jika nanti kami beraksi.


Akhirnya, Minggu tanggal 17 April kami beraksi lagi. Kali ini bertepatan dengan acara Jepara Batik & Tenun Karnival 2016. Bagaimana peserta kali ini?


Tidak banyak, dan kami dibagi menjadi tiga kelompok. Saya sendiri dapat kelompok dua. Aksi kali ini sekitar alun-alun. Selain karnaval batik, di sana juga berdiri tenda yang memasarkan banyak produk, mulai dari makanan, minuman, baju, bros, tenun, dan banyak lainnya.


Muter alun-alun, ternyata kita dapat banyak sampah. Mungkin karena banyak yang jual makanan makanya sampah jadi membludak. Tapi kami tetap hepi, tetap promosi tentang buang sampah pada tempatnya.

Dari dua kali aksi ini, ada wacana untuk melakukan Gerakan Pungut Sampah setiap Minggu pagi saat Car Free Day. Rencananya minggu ini mulai. Semoga sih semua lancar dan juga ada waktu tentunya.


Gerakan Pungut Sampah, Sumpah Nggak Nyampah itu Asyik, semoga kita bisa konsisten menjalankannya. Dan terima kasih buat semuanya. Mbak Sari, dkk. Kalian semua keren!!!

Sumber foto:
Munfarid, Rita, FB Mbak Sari, dan Mbak Sita, WhatsApp.

badge

12 comments:

  1. menuju indonesia bebas sampah harus dimulai dari diri sendiri dulu... :D

    ReplyDelete
  2. sesi ke dua aku rak melu haha

    ReplyDelete
  3. Nggak nyampah emang asyik banget. Bersih dan menyehatkan. Bayangkan kalau penuh sampah :(

    ReplyDelete
  4. Wih mantap nih go green! Btw, salam kenal ya.. Ditunggu post brikutnya.. Mampir balik ya hehe :D

    -jevonlevin.com

    ReplyDelete
  5. keren acaranya, aku mau nyoba untuk anak-anak agar mereka juga lebih peduli dari awal

    ReplyDelete
  6. seru nih acaranya. gerakan pungut sampah,.. harus ada gerakan ini setiap kota. agar semua peduli dan memperhatikan lingkungannya. dan tidak membuang sampah sembarangan. anak-anak juga harus di beri bekal atau ajaran semcam ini sejak dini.

    ReplyDelete
  7. Seru, artikel ini mengalahkan Jargon "Berani kotor itu Baik" milik produk di TV.. kampanye tentang pentingny kebersihan

    ReplyDelete
  8. akttifitas mulia dan merupakan empati terhadap lingkungan. Jika Kudus Jepara bisa ditempuh hanya beberapa menit lngsung gabung capcus deh non :)

    ReplyDelete
  9. Saluuuut dengan pemuda Jepara yang tengah rajin menjadi pioner gerakan peduli sosial. Kereeen kalian semua ^^

    ReplyDelete
  10. Hmm bagus sekali kegiatannya jadi pengen diadakan di tempat tinggal saya biar bersih dan pada sadar.

    ReplyDelete
  11. Andai di sini ada acara gini juga, pasti seruu

    ReplyDelete
  12. Keren acaranya euy mantap perlu ditiru

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?