Friday, 13 May 2016

Tips Agar Wanita Tetap Aman Saat Naik Kendaraan Umum

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Salah satu ketakutan terbesar wanita ketika naik kendaraan umum adalah menjadi korban tindak kriminalitas. Maklum saja, kini kota-kota besar seakan jadi lokasi sasaran pelaku kriminal. Ada banyak wanita karier yang bepergian dengan kendaraan umum dan lalai menjaga keselamatan diri sendiri.


Sebenarnya menjaga keamanan dan keselamatan diri sendiri ketika naik kendaraan umum tidak sulit kok. Lakukan saja beberapa hal ini agar tetap aman saat naik kendaraan umum :

Kenakan Pakaian yang Sopan

Kejahatan terjadi bukan karena niat pelaku, tetapi juga karena ada kesempatan. Jadi, pakaian yang sopan tentu meminimalkan kesempatan bagi pelaku kriminal untuk melakukan tindakan asusila. Bagi para wanita yang berhijab, usahakan untuk mengenakan pakaian yang syar’i, tidak ketat, dan bisa menutupi aurat dengan sempurna.

Tidak Mengenakan Perhiasan Berlebihan

Wanita kerap tergoda mengenakan perhiasan dalam jumlah banyak untuk menampilkan kecantikan. Hal ini tak jadi masalah jika menaiki kendaraan pribadi. Tetapi mengenakan perhiasan berlebihan ketika naik kendaraan umum tentu memicu aksi kejahatan. Jadi, mengenakan perhiasan secukupnya berupa anting dan jam tangan sudah cukup untuk membuat penampilan lebih menarik sekaligus menjaga keselamatan di kendaraan umum.

Di dalam bis
Jangan Menaiki Kendaraan umum yang Terlalu Sepi

Kendaraan umum yang sepi dirasa menjadi tempat yang tepat bagi pelaku kriminal untuk melancarkan aksinya. Solusinya, biasakan diri untuk menaiki kendaraan umum yang jumlah penumpangnya agak banyak. Sementara bila terpaksa menaiki kendaraan umum yang penuh sesak, jaga selalu barang bawaan yang ada di tas. Jangan sampai lengah ketika berdesakan karena pelaku kriminal kerap memanfaatkan situasi ini untuk mencuri.

Tak Perlu Terlalu Sering Memegang HP

Terlalu sering memegang HP di kendaraan umum juga berbahaya. Namun kini ada perangkat jam tangan pintar (smartwatch) yang siap mendukung akses ke HP. Toko jam tangan Samsung yang menyiapkan jam tangan pintar canggih tak hanya ada di pusat perbelanjaan, melainkan juga bisa diakses secara online. Melalui MatahariMall, membeli jam tangan pintar jadi makin praktis dan harganya pun terjangkau. Kenakan jam tangan pintar ketika menaiki kendaraan umum untuk mengakses notifikasi dan fitur penting lainnya pada HP.

Demikianlah empat hal mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga keselamatan diri sendiri ketika menaiki kendaraan umum. Mulai sekarang pasti tak ada lagi keraguan untuk naik kendaraan umum sendiri setiap kali beraktivitas.

Sampai jumpa. Happy blogging.

17 comments:

  1. jadi inget dulu pas naik angkot selalu bawa tas ransel di depan,dan jarang ngotak/ik hp

    ReplyDelete
  2. Kalo sering megang hp di angkot atau bus takutnya dijambret. Tahu2 ilang deh. Mending ntar aja klo udah nyampe tempat tujuan ya, Jiah.

    ReplyDelete
  3. Mbak, saya pernah punya pengalaman dilecehkan di bus Mbak, padahal semua saran itu sudah saya lakukan. Perlu ditambahi kalau perempuan itu harus berani teriak kalau ada apa-apa. Kalau perlu menguasai ilmu bela diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kudu berani teriak jg untuk minta tolong

      Delete
  4. Tips yang sangat bermanfaat unttuk wanita ya kang. memang wanita kerap kali memakai pakaian seksi dan perhiasan yang berlebihan tapi itu malah mengundang orang jahat untuk berbuat nekat ya mas. jadi hindarilah hal yang seperti itu karena yang berlebihan itu tidak baik

    ReplyDelete
  5. Artikel diatas emang harus diperhatikan para perempuan, tapi ssaya ko jadi tertarik baca komentar yang diatas itu... Jiah kamu udah ganti kelamin gitu? Ah, atau yang komentar itu sekedar numpang komen doang.. hahahha

    ReplyDelete
  6. Naik kendaraan umum yang terlalu sepi itu memang bikin was-was, dulu pernah melakukannya bahkan di malam hari, dag dig dug srrr rasanya...kalau tidak dalam keadaan terpaksa, sebaiknya memang menghindari naik angkutan yang sepi :)

    ReplyDelete
  7. sering2 main hape di angkot bikin pusing mbak hee

    ReplyDelete
  8. sama jangan bengong, nanti ada yang nyolong, kaya temen saya yang gak sadar udah kehilangan hp di angkot

    ReplyDelete
  9. aku juga gapernah keluarin hape dikendaraan umum sik :D
    nice tips sis hahha

    ReplyDelete
  10. sebagai pengguna setia angkot, saya udah melakukan semuanya Mba Jiah, tapi yang nomor 3 itu saya tetap berani naik angkotnya walau sunyi jika sopir angkotnya saya kenal :)

    ReplyDelete
  11. Aku sering sambil pegang HP.....

    ReplyDelete
  12. tapi jangan naik angkot yang terlalu rame juga yang sampe umpel2an. karena semakin rawan kena copet.

    ReplyDelete
  13. Kalo di bis memang harus lebih ekstra hati-hati, soalnya rawan sesak. Kalo di angkot masih bisa buat main-main hp, bahkan pernah sampe hampir kebablasan saking asiknya main hp. Untung supir angkotnya ngingetin :D .
    Kok jadi curhat ya hehe
    Waspada tetap nomor satu, kalo ada yang mencurigakan langsung ambil tindakan.

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?