Saturday, 23 July 2016

Perlengkapan Olahraga yang Harus Kamu Miliki untuk Mendaki Gunung

Bismillaahirrahmaanirrahiim....


Sudah baca postingan saya tentang pertama kali naik gunung Andong? Mupeng? Pengen naik gunung? Saya dong pengen banget muncak lagi, hehehe.


Mendaki gunung adalah olahraga yang paling menyenangkan, seru dan banyak keuntungannya. Selain mendapatkan tubuh yang sehat, pengalaman yang luar biasa, juga dapat melihat indahnya pemandangan alam. Namun tentu saja ini adalah olahraga yang mengandung banyak risiko sehingga pastikan dalam mendaki kita membawa perlengkapan olahraga yang lengkap agar dapat mendaki dengan aman dan mudah.


Beberapa perlengkapan tersebut antara lain:



  • Carrier

Carrier ini disebut juga tas punggung. Namun karena ini untuk mendaki maka tentu saja jenis tas yang dipakai harus lebih kuat dan dapat menampung banyak barang. Bagi yang masih pemula maka dapat menggunakan tas yang kapasitasnya 60 liter.



  • Celana panjang

Perlengkapan selanjutnya adalah celana panjang. Celana ini sangat penting agar ketika mendaki, kaki tidak terkena duri atau ranting pohon yang tajam. Pastikan celana tersebut nyaman dan tidak membuat kita kesulitan untuk bergerak. Jangan gunakan celana dari bahan jeans yang ketat.



  • Atasan Tebal


Selain celana panjang tentunya harus membawa baju atas. Sebaiknya bawa baju lebih dari satu sebagai ganti yang nyaman sehingga tidak gerah dalam mendaki. Memilih baju bahan tebal juga bagus agar tidak kedinginan, dan sebaiknya pilih baju yang terbuat dari bahan katun yang tebal.



  • Sleeping bag

Perlengkapan ini sangat penting untuk tidur di atas gunung dan tidak akan membuat kita merasa kedinginan. Selain itu tas ini dapat dilipat menjadi kecil jadi tidak makan banyak tempat.




  • Sepatu tracking

Sepatu adalah hal yang paling kita perhatikan. Tidak harus mahal namun dapat melindungi kaki dari segala macam hal yang membahayakan termasuk hewan. Sepatu harus yang anti selip agar tidak licin.



  • Tenda


Dalam mendaki juga membutuhkan tenda. Tentu saja ini adalah tempat untuk berteduh dan berlindung pada saat sampai di atas gunung. Kita dapat membeli tenda sendiri atau bisa pinjam di persewaan tenda agar lebih hemat. Bawalah tenda yang ukurannya sesuai dengan jumlah tim agar tidak terlalu berat.



  • Jaket

Hal ini tentu saja akan sangat dibutuhkan mengingat hawa dalam gunung sangat dingin. Jadi sebaiknya pakai jaket yang tebal dan dapat tahan terhadap udara dingin.



  • Sarung Tangan

Ini adalah perlengkapan sekunder. Apabila butuh maka bawa aja. Biasanya wanita yang mendaki akan membawa ini.



  • Kantong Sampah


Dan ada satu hal lagi yang harus dibawa pada saat mendaki gunung yaitu kantong sampah. Salah satu perlengkapan olahraga penting dalam mendaki namun sering dilupakan. Sebab apabila bawa kantong sampah sendiri maka akan dapat buang sampah pada kantong tersebut dan tidak buang sampah sembarangan.

Kalau bisa sih perlengkapan di atas ya di bawa semua. Kalau pun tidak, yang pokok itu wajib ada, semisal tenda biar kita aman saat istirahat di alam sana. Gitu deh Perlengkapan Olahraga yang Harus Kamu Miliki untuk Mendaki Gunung.

Sampai jumpa. Happy blogging!

13 comments:

  1. wah jadi tau nih perlengkapan yang harus di siapin ketika mau mendaki gunung, soalnya saya belum pernah sama sekali camping di gunung, jadi ada pengalaman kalo tar mau mendaki gunung

    ReplyDelete
  2. satu lagi mbak, balsem hehehe...akupernah masuk angin,jadi ditengah2 dikerokin deh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa iya itu jg mbak. Kmarin pas di Andong ada yg masuk angin

      Delete
  3. Berhubung aku nggak pernah muncak tapi terlanjur mupeng sama postingan kamu tentang Andong Peak, aku jadi berniat nyicil barang barang di atas. Oh ya, olahraga apa yang wajib dilakukan sebelum muncak dan harus disiapkan sejak H-berapa sebelum muncak, Jiah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olahraga ringan kalo aku, seperti jalan kaki, sepedaan. Minimal seminggu sblm brangkat. Kli bs mah tiap hari jalan kaki

      Delete
  4. Ndaki gunung itu emang candu hehhe, penuh perjuangan dan seruuuu :)

    ReplyDelete
  5. saya sampai skrng belum pernah pernah merasakan yang namanya Mendaki Gunung, membaca tulisan ini saya jadi pengen untuk mendaki gunung :)

    ReplyDelete
  6. setuju, kesemuanya memang penting n selalu aku bawa kalo udah ngedaki :D

    ReplyDelete
  7. jujur selama gue sekolah sampe kuliah gak pernah sekalipun naik gunung, kalau bukit dibelakang rumah sih sering. soal alat-alat diatas ada beberapa yang kutau soalnya kalau temen-temen packing biasanya nyimpennya di kostan ku sih

    ReplyDelete
  8. setiap kali mendengar cerita orang naik gunung, saya juga kepengen ikutan naik, tapi kalo dipikir-pikir lagi rasanya saya gak akan sanggup soalnya saya penakut :(

    ReplyDelete
  9. Kalau ke puncak gunung jangan sampai bawa mantan kecuali mau dibuang

    ReplyDelete
  10. Jangan lupa bawa alat masak, minimal nasting, ntar apinya nunut teman (siap digebuki)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?