Friday, 5 August 2016

Alergi Susu Pada si Kecil? Oh No!

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sebagai Ibu mau dong yang namanya pro Asi. Tapi, kadang dalam kasus tertentu, ada Ibu yang memberi nutrisi tambahan untuk anaknya lewat susu formula. Dan susu formula kadang bisa bikin alergi lho.

Kasus si kecil yang alergi susu formula cukup banyak ditemui. Pastinya menjadi kekhawatiran tersendiri bukan? Bisa-bisanya, susu yang merupakan nutrisi penting bagi buah hati ditolak oleh tubuh. Hingga alergi tak bisa terhindarkan lagi.



Adapun alergi susu ialah produk susu yang tak bisa dicerna tubuh dengan baik. Bentuk penolakan berupa kemunculan alergi dalam tubuh, entah itu secara langsung maupun tak langsung. Alergen tak selalu datang dengan segera ada yang beberapa hari kemudian. Hari ini baik-baik saja tapi esok maupun hari lain bisa saja alergen muncul. Perbedaan respond tersebut bergantung pada kekebalan tubuh si kecil itu sendiri.


Cepat maupun tidaknya serangan alergen sama-sama dipengaruhi oleh perihal tertentu. Adapun penyebab alergi tersebut antara lain ialah sebagai berikut:


  • Adanya komponen bernama whey dan casein pada susu sapi karena sifatnya yang alergen. Susu dengan bahan tersebut lebih dominan memicu adanya alergi pada bayi.
  • Kurangnya enzim lactase pada bayi, sehingga tak bisa mengolah laktosa pada susu. Akibatnya resiko penolakan terjadi.
  • Faktor keturunan entah itu dari ayah ataupun ibu yang mengalami alergi dengan susu formula.

Alergen pada bayi memang menakutkan, tetapi bisa ditangani sebelum terlanjur parah. Penanganan dapat dimulai dengan beberapa cara, seperti:


  • Mengecek label komposisi terlebih dahulu sehingga dapat menghindari bahan yang memicu alergen.
  • Beralih ke susu lain entah itu dari satu merk maupun berbeda.
  • Memilih susu dengan detail yang sesuai untuknya, seperti pada batasan umur. Karena biasanya, di kemasan telah ada keterangan berupa penggunaan di usia tertentu.

Terdapat cara tertentu dalam mengatasi alergen. Hingga nantinya tak ada lagi susu alergi yang terjadi pada diri si kecil. Begitu pun dengan susu formula dari SGM yang memproduksi beraneka ragam susu terbaik. Susu sapi, susu soya, hingga susu dengan varian rasa buah dan sayur pun ada yang berguna untuk menghilangkan alergi pada bayi . Varian yang super lengkap tersebut pastinya bisa diprioritaskan salah satu sebagai susu pilihan yang tepat bagi si kecil.

Saya memang belum punya anak. Cus makanya tetep jaga-jaga buat pelajaran ke depannya. Sampai jumpa. Happy blogging!

6 comments:

  1. Alhamdulillah anakku gak alergi susu, doyan bgt malahan
    jadi emaknya gak rempong, hihih

    ReplyDelete
  2. Lebih aman sih memang susu soya. Aku gak alergi, tapi maunya sesedikit mungkin kandungan hewani yang masuk ke tubuh. Keponakanku rencananya habis ASI mau lanjut soya saja :D

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah anak saya tidak memiliki alergi terhadap sufor Mba Jiah, sampai saat ini dia baik-baik saja minum sufor, hehe :)

    ReplyDelete
  4. semoga anak saya tidak alergi susu, kasihan kalau alergi.

    ReplyDelete
  5. tantangan tersendiri memang bagi seorang ibu untuk memberikan full ASI kepada anaknya, termasuk istri saya yang akhirnya terpaksa selain ASI juga memberikan susu formula kapada anak kami. Masalahnya bukan karena menambah gizinya, tapi persiapan karena istri mau operasi

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?