Monday, 5 September 2016

Definisi Rumah Minimalis

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Di post sebelumnya, saya lagi bahas KPR. Punya rumah impian dong! Mau yang besar atau sederhana saja? Bagaimana kalau Rumah minimalis?

Rumah minimalis adalah suatu bangunan rumah yang berukuran cenderung lebih kecil, namun dapat dimodifikasi atau didesain layaknya bangunan masa kini. Mulai dari cara penataan, dekorasi dan penyusunan denah rumah bagian interior atau eksterior yang memiliki unsur yang khas modern. Desainnya pun juga sederhana, memiliki pagar, pintu dan jendela bukaan melebar dengan warna cat yang berjenis monokrom bersentuhan aksen bergaris yang begitu terlihat tegas pada posisi vertikal maupun horizontal bahkan ada yang berbentuk kotak. 

Dari segi rancangan arsiteksur itu sendiri kebanyakan bentukannya memiliki banyak unsur – unsur yang begitu geometris agar berkesan luas, bersih dan nilai harga yang berkelas. Namun tetap berukuran mini demi kenyamanan penghuni rumah. Serta tidaklah terlalu mubazir dengan tempat – tempat atau ruang yang tidak terpakai itu.

Furnitur dan properti yang biasa digunakan dan diperlukan untuk ruangan tidak perlu menggunakan barang yang terlalu banyak dan berat. Hanya memerlukan barang yang praktis dan mudah digunakan, agar terasa semakin nyaman dan begitu leluasa untuk tinggal di dalamnya. Misalnya pada ruang tidur, cukup memerlukan kasur tanpa ranjang, bantal, guling, selimut dan lemari kecil saja. Itu juga menunjukkan keminimalisan tempat tinggal. 

Meski bentuknya tidak besar, namun banyak sekali orang – orang yang berminat untuk tinggal di bangunan mini. Alasannya pun bermacam – macam, ada yang karena harganya cukup terjangkau, mudah untuk dimodifikasi sendiri, praktis, tidak ribet mengurusnya dan kebanyakan berpendapat hanya karena mengikuti tren masa sekarang.

Desainnya pun terdapap berbagai macam, ada yang berumah kayu (seperti kebanyakan rumah kecil di Eropa), dan ada pula yang menggunakan bata semen dan kaca. Begitu pula dengan jumlah tingkat lantainya, ada yang laintai 1 dan ada yang lantai 2. Walau minimalis bukan berarti ukurannya benar – benar ekstra mini atau kecil. Setidaknya tidak terlalu besar dan ada beberapa ruangan di dalamnya yang kosong (tak ada barang atau penghuni ruangan). Sehingga penghuni tak perlu lagi menambah atau mengganti barang-barang baru bila akan pindah rumah.

Kalau kamu, suka rumah yang bagaimana? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

2 comments:

  1. minimalis boleh tp yang sedang2 ajijah biar gak kosong mlompong rumahnya ya ji :D

    ReplyDelete
  2. menurutku sih, semuanya emang minim, hehehe

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?