Monday, 12 September 2016

Idul Adha Tahun Ini, Saya Tidak Pulang

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Idul Adha Tahun Ini, Saya Tidak Pulang. Seumur-umur, setiap perayaan hari besar saya selalu ada di rumah. Sengaja meliburkan diri walaupun nanti di rumah tidak ada acara apa-apa. Paling parah mungkin H-2 lebaran baru menginjakkan kaki di rumah.

Lalu kenapa saya tidak di rumah?



Jalan-jalan dong! #Tuing2. Saya pergi ke Pati dari tanggal 7 September 2016. Bukan karena kerja atau lainnya. Saya cuma main ke rumah Mbak saya yang dapat orang Pati yang lebih dekat ke Rembangnya. Sudah dua tahun saya tidak main. Kebetulan kemarin ada acara sedekah bumi. Cus deh setelah acara nikahan adik sepupu, saya cabut.

Niat saya sih nggak sampai hari raya. Minggu sore mau pulang, tapi agak nggak dibolehin Mbak karena saya puasa. Bis Indonesia yang biasa saya tumpangi kadang berangkat jam lima sore. Mbak kasian kali ya kalau saya nggak bisa santai saat buka puasa. Dan ya akhirnya saya lebaran Idul Adha di Pati.

Solat Ied di sini lebih cepat daripada di Jepara. Bukan tentang bacaan, tapi waktu pelaksanaanya. Setengah tujuh aja udah khutbah. Kalau di kampung saya yang Jepara, setengah tujuh baru tahlilan. Makanya waktu khutbah saya sering ngantuk #eh.

Jika di Jepara ada acara Mushofakhah atau salam-salaman, di Pati ini nggak ada. Tapi beberapa jama'ah bawa makanan, ada nasi, buah, sepunyanya deh, lalu dimakan bersama, siapa saja yang mau. Kalau nggak mau ya bubar jalan, pulang. Beberapa laki-laki ada juga yang pergi ke makam.

Setiap daerah memang punya kebiasaan yang berbeda sih. Saya masih punya cerita tentang Sedekah Bumi dan juga jalan-jalan Idul Adha. Tunggu di post selanjutnya ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

15 comments:

  1. aku idul adha juga di rumah aja, happy ied mubarak ya jiah

    ReplyDelete
  2. Idul Adha aku ngumpul ama keluarga mba :)

    ReplyDelete
  3. Idul Adha selalu di rumah, mau siap2 nyate ama tengkleng, hahaha

    ReplyDelete
  4. Tooss Jiah, aku juga nggak pulang. Keliling aja ke rumah teman2 di Palopo. Kenyang deh *eh xD

    ReplyDelete
  5. Wuih asyik ke pantai. Gapapa lah sesekali gak pulang. Biar nanti kangen banget. :D

    ReplyDelete
  6. ga pulang gapapa yang penting masih kebagian daging. :D

    ReplyDelete
  7. asik banget idul adhanya main ke pantai :D ..

    ReplyDelete
  8. Idul Adha tahun ini saya juga tidak pulang, tahun-tahun kemarin saya juga tidak pulang :D

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah aku liburan bersama keluargaku idul adha ini

    ReplyDelete
  10. ternyata kita sama mbak.. idul adha kemaren saya juga gk pulang.. tapi bisa nyate bareng sama temen2.. hehe...

    ReplyDelete
  11. Iedul Adha memang enak dekat ma orangtua ya. Tapi aku juga enggak pulang. Shalat di Bogor aja, abis itu pulang main sama anak-anak. Kurbannya lewat online aja jadi ga perlu dipantau hehe. Ga makan daging karena udah mainstream. Sayur aja sama ayam. Semoga semangat idul adha bisa kita resapi ya Jiah.

    ReplyDelete
  12. Gak pulang tapi masih bisa ngeblog. Masih asyik, sih :)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?