Thursday, 13 October 2016

Jadi Solo Traveller, Why Not?

Bismillaahirrahmaanirrahiim....


Solo traveller bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang penuh risiko dan terkesan memunculkan perasaan kesepian. Tapi sebenarnya menjadi solo traveller itu menyenangkan dan banyak manfaatnya, lho.

Lalu, apa saja sih manfaat melakukan travelling seorang diri?

  • Menjadi lebih menghargai orang-orang terdekat
Setelah berpisah selama beberapa waktu dengan orang-orang terdekat yang biasanya berada di sisi kita, tentu akan merasa rindu. Rasa rindu terhadap orang-orang tercinta yang menanti di rumah itu akan membuat kita lebih menghargai kehadiran mereka saat bertemu kembali. 

  • Menjadi pribadi yang lebih pintar berkomunikasi dan bersosialisasi
Saat melakukan travelling seorang diri, kita harus mengandalkan diri sendiri untuk berkomunikasi dengan orang asing, tidak bisa meminta teman atau saudara untuk mewakili komunikasi dengan orang lain, misalnya untuk menanyakan arah, dan sebagainya. Di sinilah keterampilan berkomunikasi diuji dan diasah. Selain itu, dalam perjalanan, misalnya dalam penerbangan, di bandara, di lokasi tujuan. Kita tentunya bertemu banyak orang baru. Nah, dengan orang-orang baru inilah kita dapat melatih keterampilan bersosialisasi dan bisa saja menjalin pertemanan. 

  • Menjadi lebih mandiri dan bijak
Saat travelling seorang diri, tentunya tidak bisa menggantungkan pengambilan keputusan pada orang lain. Kita dituntut untuk selalu mengambil keputusan dan memecahkan masalah sendiri. Pengalaman inilah yang akhirnya membuat kita menjadi sosok yang lebih mandiri dan bijak. 

  • Membuat kita lebih memahami diri sendiri
Travelling tanpa ditemani orang yang dikenal merupakan kesempatan untuk mengetahui sejauh apa kesanggupan kita dalam menghadapi berbagai hal baru di luar zona nyaman. Ini kesempatan untuk mengikuti naluri dan melangkah ke mana pun yang kita inginkan tanpa menahan diri demi orang lain yang menemani dan meminta persetujuannya. Kita dapat mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dan memenuhi keinginan itu. Dengan cara ini, akan lebih mengenal diri sendiri.


Nah, untuk kamu yang tertarik mencoba solo travelling, berikut tips-tips yang dapat dijadikan pegangan:

  • Kumpulkan informasi mengenai tempat tujuan
Kumpulkan informasi mengenai tempat tujuan selengkap mungkin dari berbagai sumber. Selain untuk memastikan bahwa tempat tersebut memang tipe tempat yang diincar dan aman untuk solo traveller, juga dapat mengetahui hal-hal menarik lainnya di daerah itu yang bisa kita coba.

  • Bawa perlengkapan seperlunya
Barang-barang yang dibawa sebaiknya seperlunya saja agar tidak merepotkan diri sendiri. Gunakan ransel atau koper mini yang mudah dibawa. Sesuaikan jumlah pakaian yang dengan jangka waktu perjalanan. Jangan lupa membawa mini toiletries dan obat-obatan, terutama jika alergi terhadap makanan tertentu. 

  • Manfaatkan Online Travel Agency
Booking hotel sebelum tiba di tempat untuk menghindari kehabisan kamar hotel atau mendapatkan hotel yang tidak sesuai harapan. Ada baiknya booking secara online melalui situs Online Travel Agency (OTA). Banyak orang beranggapan pesan kamar hotel secara langsung akan lebih murah, tapi nyatanya tidak begitu. Seringkali, konsumen yang datang langsung untuk memesan kamar terpaksa membayar dengan harga yang lebih mahal karena tidak punya pembanding. Nah, di sinilah keistimewaan OTA bermain. Baik melalui situs ataupun melalui aplikasinya yang bisa dipasang pada smartphone. OTA menjamin kita mendapatkan informasi lengkap saat mencari hotel yang sesuai keinginan, mulai dari tipe kamar, lokasi, fasilitas hotel dan penawaran harga, yang pastinya lebih murah. Jangan lupa, cek dan bandingkan harga-harga hotel di beberapa situs atau aplikasi OTA, sebab masing-masing OTA menawarkan harga yang berbeda. 

Selain mempermudah pemesanan kamar hotel, kita juga bisa dengan mudahnya memesan tiket pesawat melalui OTA dengan harga yang lebih murah ketimbang membeli tiket secara langsung. OTA memungkinkan kita membandingkan harga tiket berbagai maskapai tanpa menghabiskan banyak waktu. Proses pembayarannya pun beragam. Selain bisa melalui kartu kredit, Anda bisa melakukan pembayaran melalui ATM, internet banking, dan Indomart.

  • Tunjukkan sikap percaya diri
Bersikaplah seolah kita tahu ke mana harus melangkah. Jangan menampilkan kesan bahwa kita adalah wisatawan yang tidak berpengalaman atau tidak tahu arah yang mudah dimanfaatkan. Hafalkan rute jalan, terutama menuju hotel, dan ingat-ingat di mana kita harus transit jika menggunakan angkutan umum untuk menipiskan risiko tersesat. Jangan ragu atau malas menanyakan arah pada orang lain yang sekiranya dapat dipercaya. 

Nah, itu dia manfaat dan tips seputar solo travelling. I hope you'll enjoy travelling like others do! Just remember, it's worth it!

Sampai jumpa. Happy blogging!

11 comments:

  1. aku belum pernah sndirian travelingnyah mbak.. Emang keliatannya amazing gitu klo kita mampu jdi solo traveller. :D

    ReplyDelete
  2. Dulu aku nyaman solo traveling, Jiah. Sekarang karena uda punya travelmate jadi berasa gak enak jalan sendirian lagi. Huahahah :D

    ReplyDelete
  3. Belum berani solo traveling.

    Em.. Kecuali urusan dinas.

    Trus disambi jalan2..:D

    ReplyDelete
  4. Suka sam tips terakhir--percaya diri--di manapun dan kapanpun ya :)

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah solo traveling, soalnya merasa kurang nyaman kalo nggak sama pasangan hihi *norak

    ReplyDelete
  6. solo traveling seru juga kok tapi memang agak riskan kalo cewek sendirian sih ji

    ReplyDelete
  7. Banyak manfaat memang yang didapat dari travlling. Tapi sayangnya, nggak semua orang suka travelling

    ReplyDelete
  8. Saya lebih suka solo traveling supaya bisa berbaur dengan penduduk lokal

    ReplyDelete
  9. Asikkk kapan-kapan berkunjung ke lombok utara donk

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?