Wednesday, 26 October 2016

Jenis-Jenis Sarung Kursi untuk Acara Pernikahan

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sebentar lagi masuk bulan Safar yang artinya akan banyak orang yang menikah. Maksudnya ini di kampung ya, soalnya jarang atau malah tidak pernah ada yang nikah atau punya hajat di bulan Muharram.

Saat ada hajat besar dengan tamu-tamu, biar lebih kece pastilah butuh hiasan termasuk sarung kursi. Sarung kursi merupakan salah satu perlengkapan dalam pesta pernikahan yang penting. Dengan menggunakan sarung kursi, tentu acara pernikahan akan terasa semakin semarak. Apalagi saat ini sudah ada berbagai macam jenis sarung kursi yang dapat ditemukan di toko jual sarung kursi. Untuk menciptakan acara pernikahan yang berkesan, kita hanya perlu menyesuaikan motif dan bahan sarung kursi yang digunakan sesuai dengan tema atau konsep acara pernikahan yang digelar.


Sesuai namanya, sarung kursi berfungsi untuk melapisi kursi yang digunakan dalam acara pesta pernikahan. Jenis kursi yang dilapisi dengan sarung kursi ini misalnya futura, chitose, atau napolly. Saat dipandang, kursi yang dilapisi dengan sarung kursi tentu akan terlihat lebih rapi dan menarik dibandingkan kursi yang tidak dilapisi dengan sarung kursi sama sekali. Selain itu, sarung kursi juga dapat menyembunyikan kekurangan kursi seperti debu, karat, atau noda yang ada di kursi tersebut.

Secara umum, jenis sarung kursi dibedakan sesuai dengan jenis kursi yang dilapisi sarung, misalnya futura, chitose, dan napolly. Sarung kursi chitose memiliki bentuk dinding kursi persegi panjang dengan dudukan yang sama dengan bentuk dinding kursinya dan biasanya terbuat dari bahan bertekstur halus. Sementara untuk sarung kursi futura, kain yang digunakan biasanya berbahan satin yang sangat pas dengan bentuk kursi. Di bagian bawah, biasanya ada ornamen tambahan seperti rempel. Ada juga yang menggunakan bahan paragon yang ditambah dengan kain yang diikat menyimpul seperti pita pada bagian dindingnya. Berbeda halnya dengan sarung kursi napolly yang biasanya menggunakan bahan haiget, loto, ataupun pilamin. Semua jenis sarung kursi tersebut dapat ditemukan di tempat jual sarung kursi yang ada di sekitar rumah.

Di samping itu, penggunaan sarung kursi yang tepat dapat menguatkan kesan pesta pernikahan yang digelar. Kita dapat mendesain sarung kursi sesuai dengan keinginan. Namun, jangan lupa sesuaikan hal ini dengan tema pesta pernikahan yang digelar. Tambahkan hiasan kain yang biasanya diikatkan di belakang kursi. Ikatan kain tersebut dapat dibentuk seperti pita atau bunga. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna ikatan kain tersebut dengan warna tema pernikahan. Untuk menampilkan kesan yang berbeda, kita dapat memilih ikatan kain dari bahan brokat atau batik.

Jika ingin mencari sarung kursi untuk acara pernikahan, sebaiknya lakukan survey harga kecil-kecilan ke beberapa toko terdekat. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan harga jual sarung kursi yang sesuai dengan kantong. Semoga bermanfaat!

Sampai jumpa. Happy blogging!

3 comments:

  1. Ini info yang pas sekali buat wirausahawan yang biasanya nyewain kursi dan dekorasi.

    ReplyDelete
  2. sarung kursi yg cantik2 emang bikin kursi jadi beda yaa

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?