Kiat Ampuh Merawat Handphone Smartphone Touchscreen

15:00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Handphone merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh semua orang. Saat ini, telepon genggam berfitur layar sentuh atau touchscreen telah mendominasi dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Fitur touchscreen pada telepon genggam atau smartphone diandalkan karena pemakaiannya lebih fleksibel dan mudah.



Namun bila fitur layar sentuh pada smartphone yang kita gunakan tidak dirawat dan dimanfaatkan dengan baik, maka risiko kerusakan bisa saja terjadi sehingga smartphone tak dapat digunakan. Agar hp smartphone layar sentuh yang kita miliki selalu berfungsi dan bekerja optimal, berikut ini kiat ampuh untuk merawatnya, yaitu:

Pixabay

Pasang pelindung layar dan casing.

Melindungi layar sentuh dari berbagai risiko kerusakan dapat dimulai dengan memasang screen protector atau lapisan pelindung layar. Hal ini bisa dimanfaatkan agar layar sentuh tidak mudah tergores ketika terkena benturan sehingga fungsinya tetap bekerja optimal. Selain itu, pemasangan casing atau flip aksesoris juga perlu dilakukan untuk melindungi bodi telepon genggam yang kita gunakan sehingga lebih aman dan nyaman untuk dipakai sesuai kebutuhan. Sebaiknya, pilihlah screen protector dan casing yang berkualitas sehingga perlindungan kian optimal.

Jangan gunakan kuku atau menyentuh layar terlalu keras.

Sensitivitas setiap smartphone berfitur touchscreen memang berbeda-beda. Kita perlu menyesuaikan sentuhan ketika memakai smartphone dengan baik dan jangan sampai terlalu keras. Selain itu, hindarilah pemakaian kuku atau benda tajam dalam mengoperasikan telepon genggam yang kita punya. Hal ini dilakukan agar layar selalu terlindung kualitasnya dan tidak mudah tergores, pecah atau retak. Sangat dianjurkan untuk menyentuh layar smartphone secara lembut dan disesuaikan dengan tingkat sensitivitas nya.


Matikan layar jika tidak digunakan.

Apabila handphone sudah tidak dipakai, maka alihkan lah ke posisi layar mati atau terkunci untuk menghemat energi. Hal ini memang sangat sepele, namun efeknya cukup penting. Selain bertujuan untuk menghemat energi atau baterai smartphone yang kita miliki, mematikan layar smartphone ketika tidak dipakai juga dilakukan supaya layar sentuh tidak aktif. Jadi, layar tidak tersentuh sembarangan, membuka aplikasi dan lain-lain ketika disimpan di tas, saku atau tempat yang lain.


Bersihkan layar secara rutin.

Membersihkan layar sentuh pada smartphone yang dimiliki perlu dilakukan secara rutin. Ini bisa dilakukan memakai kain yang seratnya halus seperti microfiber atau jenis kain khusus yang lain. Jangan lupa, membersihkan setiap sudut dan bagian smartphone juga perlu dilakukan agar senantiasa bersih dan steril. Jadi, smartphone tidak menjadi sarang kuman ataupun bakteri.

Hindari sinar matahari langsung dan medan magnet.

Menjauhkan layar smartphone dari sinar matahari dilakukan agar kualitas layar tetap terjaga dengan baik. Selain itu, menjauhkan smartphone dari barang-barang elektronik yang memiliki medan magnet juga perlu dilakukan untuk menghindari resiko kerusakan akibat pengaruh elektronik. Sebaiknya, simpanlah smartphone di tempat yang tepat dan aman agar tidak mudah rusak sehingga selalu bisa dipakai dari hari ke hari. Jadi, semua fitur smartphone yang kita miliki tetap bekerja dengan baik.


Itulah beberapa kiat ampuh yang bisa kita terapkan untuk merawat handphone murah touchscreen saat ini. Semua kiat tersebut dilakukan supaya smartphone yang kita miliki tidak mudah rusak dan tetap mampu melakukan berbagai macam fitur komunikasi yang canggih dan sesuai spesifikasi masing-masing. Apabila perawatan dilakukan dengan baik dan efektif, otomatis smartphone kita juga tetap berfungsi dengan maksimal dan mempunyai harga jual yang tinggi.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

10 komentar

  1. Aku bersihin pake minyak kayu putih dan tisu wajah. Aman ga ya?

    ReplyDelete
  2. beberapa waktu lalu hape saya keinjak, yach akhirnya harus ganti baru deh layarnya...

    ReplyDelete
  3. Wah, punyaku malah gak pakai screen protector. Mau pasang tapi sudah terlanjur hancuer, huehehehe... :p

    ReplyDelete
  4. Huaaaah aku niih aku akuuu salaaah ngga pake pelapis kaca & tempered glass.. akhirnya sekarang jatoh & pecah huaaa :( hiks

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tipsnya. Bagaimanapun hp tuh kayak hati yang harus selalu dijaga, cie.....

    ReplyDelete
  6. Sipp, tipsnya udah saya jalankan semua nih. Tapi kalau boleh nambahin satu lagi, ganti pelapis anti gores secara berkala biar hp tetep terlihat kece ;) hehe..

    ReplyDelete
  7. bersihkan layar itu gak pernah aku, wah ternyata harus ya

    ReplyDelete
  8. Waduh jadi diingetkan, aku hampir nggak pernah bersihin hp termasuk layarnya :)

    ReplyDelete
  9. Aku kok jadi.pengen pasang screen protektor

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98