Perawatan Wajah untuk Kulit Berminyak

December 12, 2016

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Hujan, dingin dan tiba-tiba kulit jadi kering? Panas matahari bikin kulit bersisik? Kita harus melakukan perawatan!

Kulit manusia tercipta dengan jenis yang berbeda-beda mulai dari kulit berminyak, kombinasi, normal atau kulit kering. Tentunya setiap jenis kulit memiliki tipe perawatan yang berbeda juga. Jadi pastikan kita tahu jenis kulit sehingga tidak melakukan perawatan wajah yang salah. Pembahasan kali ini adalah tentang kulit berminyak di mana jenis kulit ini adalah yang paling banyak dimiliki oleh wanita.

Kulit berminyak lebih rentan kusam. Kulit berminyak juga mudah berjerawat dan muncul komedo sehingga memerlukan tipe perawatan yang khusus. Hal tersebut lantaran kandungan minyak pada kulit yang berlebih sehingga memicu timbulnya berbagai masalah kulit tersebut. Berikut ini tips perawatan untuk kulit berminyak, yaitu:

Pixabay

1. Ketahui sebab kulit berminyak

Ada beberapa hal yang menyebabkan kita memiliki kulit berminyak, diantaranya:
  • Faktor keturunan, umumnya jika orang tua juga memiliki kulit berminyak, maka hampir bisa dipastikan bahwa sang anak nantinya juga akan memiliki jenis kulit yang sama.
  • Faktor hormon, untuk faktor hormon biasanya dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Sebelum atau saat menstruasi, kulit cenderung mengeluarkan minyak berlebih yang memicu timbulnya jerawat dan komedo.
  • Faktor makanan, makanan berlemak juga bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Untuk itu usahakan untuk menghindari jenis makanan berlemak.

2. Cuci wajah

Mencuci wajah bisa mengurangi produksi minyak pada kulit. Untuk itu disarankan agar mencuci wajah dengan air bersih dan sabun wajah khusus kulit berminyak yang biasanya mengandung jeruk nipis atau bahan pengurang minyak lainnya. Kita juga bisa mencuci wajah dengan air hangat untuk membuka pori, lalu usapkan sabun wajah dan bilas dengan air dingin. Rutin mencuci wajah adalah salah satu perawatan wajah untuk kulit berminyak.

3. Air putih

Manfaat besar pada air putih sudah tidak diragukan lagi. Wajah juga memerlukan air putih untuk membuatnya tetap lembab, jadi biasakan minum air putih 2 liter per harinya agar kebutuhan cairan dalam tubuh bisa terpenuhi. Umumnya tubuh dengan banyak cairan akan mengeluarkan produksi minyak yang lebih sedikit.


4. Masker dari bahan alami

Perawatan selanjutnya adalah dengan rutin memakai masker dari bahan-bahan alami berikut ini:
  • Putih telur, kocok putih telur hingga berbusa, lalu pakai sebagai masker dan biarkan hingga mengering. Lalu bilas hingga bersih. Putih telur bermanfaat untuk mengurangi minyak dan mencerahkan kulit.
  • Mentimun, menggunakan masker mentimun untuk kulit wajah bisa membantu dalam mengontrol kadar minyak yang berlebih dan membuat kulit terlihat awet muda. Caranya dengan menempelkan mentimun yang sudah di blender, lalu sapukan pada wajah dan tunggu 20 hingga 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.
  • Daun seledri, tak banyak yang tahu jika daun yang biasa digunakan sebagai penyedap makanan ini bermanfaat juga untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Untuk kita yang memiliki jenis kulit berminyak, maka bisa mencoba dengan memakai masker dari daun seledri yang telah ditumbuk halus dan diamkan 30 menit lalu bilas dengan air.

Ketiga macam masker tersebut sangat bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah, maka gunakan secara rutin hingga memperoleh hasil yang optimal. Itulah beberapa perawatan wajah khusus kulit berminyak yang bisa kita praktekkan di rumah. Jangan lupa untuk menggunakan pelembab wajah khusus kulit berminyak sehingga wajah terlindung seharian dari produksi minyak yang berlebih. Selamat mencoba.

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

10 komentar

  1. Kurang minum air sama cuci wajah, pake masker, catet ini mbak hhee Soalnya kulitku juga cenderung berminyak mbak, mski ga terlalu sih hhee

    ReplyDelete
  2. Kalo ngilangin jerawat ama bekas jerawatnya bisa kah..?

    ReplyDelete
  3. lebih aman ya, pake masker alami buatan sendiri

    ReplyDelete
  4. Great tips mba, muka aku kombinasi tp kalo pas puanas banget suka oily juga.
    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  5. maskeran tomat juga membantu loh, apalagi pas lagi ada jerawatanya

    ReplyDelete
  6. Aku suka mentimun jadi masker. Adem n segar di kulit, mba. :)

    ReplyDelete
  7. putih telur bisa juga ya untuk membersihkan kulit berminyak

    ReplyDelete
  8. wah nie patut dipraktekkan ladies" mbak hehe

    ReplyDelete
  9. Mbak minta tips untuk perawatan kulit yang kering gmana ya?

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98