Benar, Kerusakan Telah Nampak Akibat Tangan Manusia

20:02

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Benar, Kerusakan Telah Nampak Akibat Tangan Manusia. Kalian tidak percaya? Apa kalian tidak lihat bagaimana kekacauan terjadi baik di laut dan di darat? Yuk ah ngaca dan jangan lupa memperbaikinya.

Bukan sok ikutan populer nulis atau nafsirin ayat Al-Qur'an biar kekinian. Tahu ayat di atas sudah lama banget. Surat Ar Rum yang artinya Bangsa Romawi sudah lebih dahulu diceritakan dalam kitab suci umat Islam termasuk peringatan tentang kerusakan akibat ulah manusia itu sendiri di ayat 41.

Foto kiriman Jiah Al Jafara (@jiahjava) pada

MTs, mungkin kelas VIII, ayat 41 di atas masuk dalam materi pelajaran Al-Qur'an Hadist. Setiap siswa wajib menghafalkan dari lafal, arti dan juga makna di dalamnya. Terus terang, ayat ini begitu nyantol di kepala saya.

MAN, kelas XI, pelajaran tentang ayat itu muncul lagi dan naik tingkat jadi dua ayat. Karena sudah hafal 1 ayat, saya jadi jumawa, menyepelekan tugas hafalan saya. Saya paling susah untuk menghafal, itu intinya. Dan yang paling saya manfaatkan adalah ketika masa haid datang. Alasan sempurna itu melalaikan tugas hafalan ayat Al-Qur'an.

Apakah alasan itu bisa diterima?

Tentu saja tidak. Kewajiban adalah kewajiban. Haid bukan alasan untuk melalaikan tugas. Semua itu tergantung niat. Dan dari awal, niat saya sudah salah. Berdiri di depan kelas jadi hukumannya.

Benar, Kerusakan Telah Nampak Akibat Tangan Manusia itu yang saya rasakan. Saya telah melakukan kerusakan pada otak saya. Untungnya, guru saya berbaik hati mengingatkan dengan memberi hukuman.

Bila saat ini banyak kerusakan terjadi, jangan kaget. Memang ulah manusia itu sendiri. Dimulai dari otaknya hingga rusak isi dalam tubuhnya. Semoga kita bisa saling mengingatkan tentang kebaikan dan membuang jauh-jauh segala keburukan, amin....

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

5 komentar

  1. Mantab anak madrasah mah. Kerusakan memang karena ulah manusia sendiri. Karena ingin berkuasa, karena ingin kaya dll.

    ReplyDelete
  2. Ayo lawan untuk mencegah kerusakannya Mbak, minimal kita tidak ikut merusak juga dan tetap menebar kebaikan :)

    ReplyDelete
  3. Betul..sekarang mulai nampak kerusakan alam sekitar, yang dibuat oleh manusianya sendiri ya...

    ReplyDelete
  4. setidaknya, jika kita tidak bisa memperbaiki, jangan ikut-ikutan merusak. :)

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98