Ikan Layang Bakar Sambal Gula Merah

17:10

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ikan Layang Bakar Sambal Gula Merah itu enak!!! Sebenarnya sih karena ada sambalnya yang manis pedas, hahaha. Pecinta sambal kalau makan enggak ada pedesnya itu kaya ada yang kurang, hihihi.

Foto kiriman Jiah Al Jafara (@jiahjava) pada


Cerita sambal ini sebenarnya udah lama, tahun lalu malahan. Karena sekarang cabai lagi mahal, ya udah kita kenang aja masakan lama berbau pedas.

  • Pertama jelas kita harus punya ikan. Ikannya suka-suka. Tapi kali ini ikan Layang (Decapterus russelli) yang jadi pilihan. Waktu itu saya beli dari tetangga yang diambil dari Karimunjawa.
  • Setelah dibersihkan, bakar ikan tergantung selera.
  • Siapkan cabai, terasi, garam, gula merah dan juga jeruk sambal. Haluskan. Takaran secukupnya. Untuk cabai jelas lebih banyak, hahaha.
  • Ambil ikan bakar, masukan ke sambal.
  • Ikan siap dimakan bersama nasi putih hangat.


Kalau kalian bagaimana? Suka Ikan Layang Bakar Sambal Gula Merah enggak? Atau dikasih sambal lain? Share dong!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

17 komentar

  1. Sambal gula merah mantap tuh boleh lah di cobain hehehe

    ReplyDelete
  2. baru tahu nama ikannya, klu ikannya kayak udah gak asing.
    Ikan bakar atau goreng cucoknya memang sama sambal ya

    ReplyDelete
  3. sambalnya gak pakai bawang merah dan bawang putih, ya? Kapan-kapan saya cobain bikin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawang putih aja biar mantep. Sambal jeruk gak pakai bawang merah, hehehe

      Delete
  4. Suka banget mbak..ikan bakar, daging bakar, sate :) makan pake sambel...dicocol..uih enak bangeet

    ReplyDelete
  5. ih nama ikan gak familiar ya , di aku ikan apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku Layang entah daerah lain, hahaaa

      Delete
  6. mantabbb ini, aplagi dimkn anget2 stlh dibakar trs dicocol sambel, maknyuuuusss

    ReplyDelete
  7. Dibayangin aja bikin ngiler, apalagi kalau makan. Bisa ketagihan. :D

    ReplyDelete
  8. Rasanya kayak rujak dong ya? :o

    ReplyDelete
  9. Aduh, penasaran sama sensasi rasanya. ^_^

    ReplyDelete
  10. Berarti pedas pedas manis gitu ya rasanya? Kaya bumbu rujak buah?

    ReplyDelete
  11. ikan bakar pakai sambal gula merah ??? gimana ya rasanya pedas-pedas manis kali :)

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98