Tuesday, 28 February 2017

Bandara Keren di Indonesia yang Diakui Dunia

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Di dunia pariwisata, kehadiran bandara bisa sangat membantu mendongkrak peningkatan jumlah pengunjung. Tanpa adanya bandara, banyak tempat wisata di Indonesia yang tidak mampu menarik banyak wisatawan meskipun memiliki potensi wisata yang besar. Ini artinya, bandara jadi aset penting yang harus diperhatikan seluruh pemilik otoritas terkait yang ingin wilayahnya dikunjungi banyak wisatawan.



Di Indonesia, jumlah bandara memang tak sebanding dengan banyaknya potensi wisata yang ada. Akibatnya, masih banyak destinasi wisata potensial yang sulit untuk dikunjungi. Meskipun jumlahnya tak banyak, Indonesia harus tetap bangga karena ada beberapa bandara internasional di Indonesia yang diakui dunia. Sekali mendarat di bandara tersebut, kamu pasti dibuat kagum dengan kemegahan, fasilitas, pelayanan, atau teknologinya. Tapi sebelum pesan tiket online menuju bandara paling keren di Indonesia, kamu harus tahu dulu di mana saja bandara itu berada! Check it out!


  • Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali
Bandara yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga traveler. Ngurah Rai adalah bandara di Indonesia yang diberi predikat sebagai 10 bandara terbaik di dunia. Sejak mengalami renovasi, Bandara Ngurah Rai terus menerus mendapat penghargaan. Berdasarkan hasil pengukuran kepuasan pelanggan yang dikeluarkan INACA (Indonesia National Air Carriers Association) sampai bulan Desember 2014, Ngurah Rai mendapai nilai 4,20 dari skala 5. Sedangkan menurut survey Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan Airport Council International (ACI) untuk periode Oktober-Desember 2014, Ngurah Rai masuk dalam 10 besar bandara dengan pelayanan terbaik di dunia. Ngurah Rai dinobatkan sebagai yang terbaik ke-7 untuk kategori bandara dengan kapasitas antara 15-25 juta pengunjung per tahun. Bahkan di periode Januari-Maret 2015, peringkat Ngurah Rai naik ke posisi 3. Ini tak bisa dilepaskan dari adanya fasilitas mewah yang ada disana, seperti wi-fi super cepat yang menjadikannya bandara dengan koneksi wi-fi paling cepat ke-6 di dunia. Meskipun memiliki teknologi canggih, Ngurah Rai masih tetap menerapkan unsur-unsur budaya yang ada di Bali melalui desain arsitekturnya. Selain itu, Ngurah Rai pun berlokasi di dekat pusat pariwisata Bali. 


  • Bandara Juanda, Jawa Timur
Dalam survey yang sama, prestasi bandara Juanda hanya sedikit di bawah bandara Ngurah Rai. Dalam survey di periode Desember 2014, bandara Juanda menempati posisi ke 10 untuk kategori bandara dengan kapasitas 15-25 juta pengunjung per tahun. Sama seperti Ngurah Rai, prestasi bandara Juanda pun meningkat ka peringkat 7 dunia pada periode Januari-Maret 2015. 


  • Bandara Sultan Aji Sepingan, Balikpapan
Beberapa kota di Kalimantan belakangan ini memang sering membangun infrastruktur dengan skala yang megah, salah satunya adalah bandara Sepingan di Balikpapan. Bahkan bandara Sepingan diklaim semegah bandara Soekarno-Hatta yang ada di Cengkareng. Dengan konsep eco-futuristic yang cantik, bandara Sepingan pun mampu menghadirkan nuansna hutan tropis Borneo dalam arsitekturnya, lengkap dengan nuansa etnik Kalimantan. Bandara seluas 100 meter persegi ini pun memiliki fasilitas megah seperti garbarata hingga lahan parkir yang memuat ribuan kendaraan. Keamanannya pun termasuk yang terbaik. Bandara ini pernah menyabet gelar ‘Best of The Best Indonesia 2014’ dari INACA. Sedangkan berdasarkan survey ASQ, bandara Sepingan berada pada peringkat 16 dari 79 bandara yang masuk ke dalam survey yang dilakukan ACI untuk kategori bandara dengan kapasitas 5-15 juta pengunjung per tahun.


  • Bandara Kualanamu, Sumatra Utara
Meskipun letaknya tidak terlalu dekat dengan pusat kota Medan, bandara Kuala Namu masih tetap masuk ke dalam bandara terbaik yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, kemegahan dan fasilitas yang ada di sana sangat mampu membuat pengunjung puas. Apalagi bandara tersebut memiliki stasiun kereta yang terhubung dengan stasiun di tengah kota. Dengan begitu, pengunjung pun tidak akan kesulitan untuk mencari akses ke kota Medan.


  • Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng
Bandara yang menjadi andalan penduduk ibukota dan sekitarnya ini adalah bandara tersibuk di Indonesia dengan rata-rata dikunjungi 51,17 juta penumpang per tahun. Meskipun sangat sibuk, semua penumpang bisa terlayani cukup baik di bandara ini. Di bandara Soekarno-Hatta, terdapat tiga terminal yang terbagi menjadi terminal 1 dan 3 untuk penerbangan domestik serta terminal 2 untuk penerbangan domestik dan internasional.

Seluruh bandara tersebut bukan hanya menyediakan fasilitas yang lengkap, tapi juga jadi bandara yang memiliki jumlah penerbangan yang sangat banyak. Meskipun tergolong bandara terbaik di dunia, bukan berarti hanya penerbangan kelas eksekutif yang harganya selangit saja yang mendarat di bandara-bandara tersebut. Banyak juga maskapai yang menyediakan penerbangan dengan harga tiket yang murah untuk menuju bandara-bandara tadi. Untuk mendapat tiket murah pesawat ke bandara terbaik di Indonesia, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Reservasi.com. Selain itu, tersedia pula tiket dengan harga terbaik ke berbagai bandara yang ada di Indonesia.

Sampai jumpa. Happy Blogging!

7 comments:

  1. utk menjadi negara dgn pengunjung wisata yg banyak, tentunya memang bandara adalah hal utama yg harus diperhatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul bgt Mbak. Kalo kota kecil msh jarang

      Delete
  2. keren deh bandara2 Indonesia udah diakui dunia

    ReplyDelete
  3. Dija belom pernah mampir ke bandara ngurah rai nih
    semoga suatu saat bisa kesana

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?