Friday, 5 May 2017

Pare itu Tidak Pahit, Asal...

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jiah Al Jafara (@jiahjava) pada


Pahitnya Pare tak sepahit hubungan tanpa statusmu, ahahaha. Beberapa waktu lalu saya posting gambar pare di IG. Pare itu yang nanam si Mbah dan tumbuh subur. Saya belum pernah makan pare jenis ini. Katanya pahit pakai banget. Padahal Pare itu Tidak Pahit, Asal... tidak dimakan, wekekeke!

Serius deh! Pare tidak pahit asal ngolahnya bener!

Ceritanya saya lagi nyoba ngolah pare. Mau masak agak banyak tapi hawatir enggak enak karena resep ala saya sendiri. Enggak sempat liat Google buat cari tips biar enggak pahit, jadi saya ambil satu buah pare saja buat ditumis. Gini nih caranya:


  • Ambil pare, bersihkan bijinya.
  • Potong kecil dan tipis-tipis.
  • Beri garam dan remas-remas. Tujuan remasan ini biar baunya dan kepahitannya agak berkurang. Remas terus sampai kalian puas.
  • Bersihkan dengan air biasa.
  • Rendam sebentar dengan air hangat.
  • Siapkan bumbu untuk tumisan. Bawang merah, bawang putih, cabai, merica, kemiri,  jahe, haluskan.
  • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu.
  • Peras pare yang direndam air hangat lalu masukkan dalam bumbu.
  • Oseng-oseng. Tambahkan garam, kecap dan gula secukupnya.
  • Jika sudah cukup matang, siap disantap!

Dari yang saya buat, lumayan hasilnya. Enggak terlalu pahit. Jika motongnya dengan ukuran besar, kepahitannya juga lebih banyak. Lagian pahitnya hanya di lidah. Masuk perut, kenyang jadinya.

Kalian suka makan pare? Belum pernah coba karena takut pahit? Ya olah sendiri saja. Punya cara lain biar pare enggak pahit? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

14 comments:

  1. Ini makanan favorit Bapak (Rahimahullah).
    dan sampe sekarang, aku gak berani makan pare.

    Rasanya mungkin uda gak pait....tapi masih ada sepo-sepo gitu gak siih....Jiah?

    *Jiah jago masak euui....keren!

    ReplyDelete
  2. Aku suka pare yg ada di tukang somay doang. Oseng pare ibuku juga sering masak sih. Tapi aku gak begitu doyan. Enakan yg barengan ama somay 😛

    ReplyDelete
  3. Pahitnya parebikin trauma berkepanjangan. :'D

    ReplyDelete
  4. kalau nggak pahit bukan pare namanya

    ReplyDelete
  5. Ternyata pare itu buah ya bukan sayur sayuran.

    Yang paling penting adalah bersihkan biji pada pare dan cuci bersih deh biar pahitnya menghilang.

    Biji pada pare yang bikin pahit

    ReplyDelete
  6. Enggak pernah suka pare mak. Apakah aku terkena parephobia? Whahahaha...

    Soalnya setiap liat pare langsung kebayang pahitnya. Hweeek...

    ReplyDelete
  7. Ngolah pare tuh harus cerdik, biar gak kerasa banget pahitnya


    Btw, saudaraku pernah beli pare sekilo, terus menyesal. Dia gak mau beli pare lagi. Soalnya pahit semua 😆

    ReplyDelete
  8. Aku suka makan pare. Tipsnya kalau dari ibuk ya diremas2 garam itu tadi. Ternyata sama ya. Hehe

    ReplyDelete
  9. Nah iya mba, dulu takut makan pare, takut pahit.. ternyata kalao ngolahnya bener malah enak. Sekarang kalau ,akan siomay saya selalu pesan pakai pare.. hi.hi

    Tips mas dikki juga bagus nih. Bijinha ya.. sip2.. diremas dan buang biji.

    ReplyDelete
  10. wah saya jg suka pare..
    proses memasaknya mirip jiah sih. tp ga aku tumis jiah..

    kalau aku dipotong ujungnya, lalu dibersihkan, abis itu potong potong kecil, remas dgn garam, diamkan 15-30 menit, cuci bersih..

    trus siapkan tepung terigu, kasih baking soda dikit, kasih garam dan royco ebi.. aduk rata

    kocok telur.. taruh dimangkuk..

    selanjutnya nanti deh aku bikin postingannya ya.. enak ga kayak makan pare

    ReplyDelete
  11. ku kebetulan suka pare sih, ditumis pake telur enak, diisi baso dibagian tengahnya juga enak. sedep kok walaupun pahit. ada rasa khas yang bikin ngangenin. ntar weekend mau praktek masak dulu ah

    ReplyDelete
  12. Wah, aku paling suka pare bumbu cabai, enak :) Pahit-pahitnya itu justru yang bikin nikmat, hihihi :)

    ReplyDelete
  13. kalau menurut saya, pare itu tidak pahit asal makannya bareng orang yang tersayang. hehe

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?