Anak Tukang Bengkel Enggak Tahu Dunia Permotoran? Kebangetan!

August 04, 2017

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Anak Tukang Bengkel Enggak Tahu Dunia Permotoran? Kebangetan! Siapa itu? Ngaku!

Saya #KetawaPerih.

Sebenarnya enggak harus anak tukang bengkel sih, siapa pun sebaiknya tahu minimal sedikit yang namanya dunia permotoran, apalagi kalau setiap hari menggunakan motor. Kalau tiap hari bawa mobil, ilmu permobilan juga perlu.

Kenapa? Apa pentingnya?

Ya biar kita enggak heboh sendiri kalau ada masalah. Jika terjadi kerusakan kecil, maka kita masih bisa mengatasi itu sendiri.

Saya mau cerita nih. Bapak saya itu punya bengkel motor kecil sekaligus tambal ban. Otak atik sih bisa aja. Tapi karena kesibukan di sawah dan nyari rumput, yang masih eksis itu si tambal ban ini. Orang rumah rata-rata bisa nambal. Jika enggak ada Bapak, Bu e bisa, Kakak, Adik, dan Kakak Ipar juga bisa. Saya? ENGGAK BISA, CUY!

Buah itu enggak jatuh jauh dari pohonnya. Tapi kalau urusan motor, saya mah jauh banget. Pegang rantai motor aja enggak pernah apalagi ganti oli motor. Saya cuma bisa ngendarai, itu saja beberapa kali jatuh sampai lecet, bah!

Ini nih rangkaian ketidaktahuan saya tentang motor:

Pixabay
  • Waktu sekolah pakai motor biasa hidupinnya pakai stater manual. Kick starter sudah mati. Genjot udah susah payah tiba-tiba mati di pinggir jalan. Gugup deh, bingung karena enggak kuat genjot stater manualnya. Akhirnya berhentiin Kakak kelas buat minta bantuan, hahaha.
  • Masih saat sekolah, lagi naik motor tiba-tiba mogok aja. Waktu itu sama si Kakak diboncengin. Ternyata businya yang enggak bener.
  • Lain waktu pakai motor sendiri dan tiba-tiba berhenti juga. Gugup banget, bagaimana kalau businya yang enggak bener? Walau ada kunci busi, tapi saya enggak ngerti. Langsung telepon Bapak yang untungnya pas mogok di desa sebelah. Waktu dicek ternyata busi oke. Apa yang salah? Bensin habis #Doeng!
  • Kerja, jalan santai karena lagi tugas di luar. Pakai motor dan tiba-tiba berbunyi aneh. Ternyata rantai lepas. Duh, masa cantik-cantik, rapi terus pegang rantai? Ya sudah lari ke bengkel. Sama Masnya dibantuin benerin dan gratis lagi. Mereka enggak mau dibayar coba.
  • Masih seputar kerja. Lagi dinas di daerah dekat rumah. Bawa barang dan tiba-tiba bunyi aneh. Lagi-lagi rantai. Kali ini rantai putus. Duh nasib bener. Nyari pertolongan sama Bapak dan dibenerin deh itu rantai.
  • Hujan deras, ban kempes. Kirain cuma kempes kurang angin ternyata ban bocor. Nyari tambal ban enggak nemu. Untung lagi dekat rumah. Ya sudah, bawa lari ke rumah buat ditambal. Dududu kebangetan emang saya!
Ngeri-ngeri sedap lah wong saya suka naik motor tapi hal simpel kaya kehabisan bensin aja enggak ngeh. Apalagi kalau pakai motor matic dan olinya habis.

Emang pernah kejadian?

Kakak saya sih. Dia bawa motor matic dan tiba-tiba saja mogok padahal baru isi bensin. Untungnya itu pulang dari pasar dan dekat rumah. Untungnya lagi itu motor matic enggak tiba-tiba ngunci gasnya dan mereka akhirnya selamat sampai rumah. Setelah dicek, ternyata oli motor maticnya habis, kering banget padahal baru diganti. Mana kalau pakai mesinnya gampang panas. Duh jangan-jangan salah beli oli nih!

Langsung saya browsing nyari Oli Motor Terbaik yang bisa bikin mesin dingin. Ketemunya Federal Matic 2x Revolusi Dingin, 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel.


Federal Matic ini punya Heat Protection Formula, perpaduan spesial Viscoelastic Molecules (meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin), Active Moly (melindungi gesekan antarkomponen mesin dan menjaga suhu mesin tetap dingin) dan Double Act Cleaner (membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen menjadikan kinerja mesin lebih optimal). Federal Matic bisa mengontrol panas dua kali (2X) lebih efektif karena dapat melumasi bagian terkecil mesin dengan sempurna dan membersihkannya dari kotoran yang bisa hambat performa mesin.

Saat kita pakai Federal Oil, Oli spesial ini kita akan dapat banyak keuntungan diantaranya:


  1. Hemat Oli, karena kerjanya efektif, tepat sasaran.
  2. Hemat bensin, Mesin dilumasi dengan baik, kerjanya lebih maksimal dan enggak mudah panas. Kalau sudah gitu, ada keuntungan ketiga,
  3. Tarikan enteng. Mesin semua oke, pas dipakai pun enak, enggak berisik dan ringan.

Federal Oil punya banyak produk, bukan hanya oli motor matic aja. Jadi kalian enggak perlu hawatir buat pilih oli ini dan harganya juga terjangkau.

Karena pengalaman-pengalaman kurang mengenakkan saat pakai motor, akhirnya saya belajar buat cek ricek kondisi motor yang akan saya gunakan. Cek bensin, oli, rem, ban dan spion. Kelengkapan surat juga penting. Tapi BPKB enggak usah dibawa ke mana-mana juga.

Jika motor bocor, berhenti dan cek ban. Jika ada pakunya, diambil baru cari bengkel. Kalau paku dibiarkan, bukan hanya nembal ban tapi bisa ganti ban karena dijamin lubangnya akan banyak.

Saat pakai motor juga ketahui asal usulnya, misal kreditnya sudah dibayar atau lunas, motor gadai atau motor warisan. Pengalaman orang, ada lho yang motornya diambil paksa. Katanya itu belum lunas. Yang makai enggak tahu, asal dikasih aja. Ternyata dia dibohongi dan motornya hilang. Parah kan?! Kalau sampai terjadi, cek surat tugas mereka atau ke tempat ramai sekiranya bisa dapat bantuan orang lain.

Walaupun dunia permotoran itu bukan keahlian kita, karena kita menggunakan setiap hari maka pengetahuan minimal itu wajib ada. Pilih lah mana yang terbaik buat motormu agar ketika dipakai bisa lancar dan aman tentunya.

Kalau kalian pernah enggak heboh sendiri saat motor tiba-tiba mogok? Pernah diberhentikan orang asing juga?! Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

21 komentar

  1. Aku gak begitu ngerti soal oli. Karena selama ini kalo beli oli selalu dipilih sama abang bengkelnya. Huhuhu. Seenggaknya sekarang bisa punya perbandingan oli yang ku pakai sama oli ini

    ReplyDelete
  2. Papa dan kakak saya paham tentang motor, saya tahunya tinggal pakai saja. Perlahan-lahan saya jadi belajar untuk merawat motor, salah satunya mengganti oli secara berkala. Federal Oil sepertinya harus saya juga, banyak keunggulannya.

    ReplyDelete
  3. NGomongin oli, aku jadi inget ke pleset di bengkel pas kali pertama dateng ke Bengkel. HUaaaaaaa...........
    OH, jadi ini Oli yg lagi diperbincangkan dalam dunia blogger? Keknya emang mesti dicoba olinya, biar motornya makin gesit.

    ReplyDelete
  4. duh kebangetan ya hehehe
    tapi untung udah bisa ya kenali masalah motor sekarang
    saya juga gini nih
    tahunya make aja
    seringnya ban bocor dan bunyi bunyi gitu
    dan untung jalan yang dilewati pergi pulang ktr selalu rame
    paling dorong dikit ada bengkel

    ReplyDelete
  5. Pernah banget heboh sendiri. Selalu takut kalau mogok. Makanya berusaha rutin urusin motor takut kenapa2

    ReplyDelete
  6. Yang bensinnya abis itu bikin aku ngakak mbak. Jauh-jauh mikir busi, ternyata bensinnya abis hahahaaa...

    Kalau oli aku belum pernah sih kejadian sampe kering, tapi sampe warnanya item banget dan tukang bengkelnya komen kalo olinya udah kotor banget hahhahahha

    ReplyDelete
  7. Kalau aku karena nggak ngerti jadi rutin service aja, Mbak. Menghindari hal2 yang tidak diinginkan. Tapi kalau sampai kehabisan bensin ga tau, ya ga gitu juga. Kan ada parameternya. Xixi

    Trus kepo & SKSD sama tukang bengkelnya. Jadi kalo ada apa2 tinggal sms/WA. Hehe

    ReplyDelete
  8. kalau saya mungkin cowok yang gak ngerti tentang motor mba hehee.. copot busi aja saya gak tau,, tapi kalau kick stater masih bisa sih hahaha..

    dulu motor teman pernah korslet kabel klaksonnya.. buru-buru matiin mesin, ttp aja bunyi tuh klakson.. akhirnya dibantu bapak2 sekitar untuk copot kabel klakson yang korslet hahaha

    ReplyDelete
  9. Hahaha, aku banget tih ga paham ttg motor tahunya habis bensin dan kempes ban doang

    ReplyDelete
  10. Pernah tuh, waktu SMA, pertama kali ban bocor. Duh, nangis terharu hampir mewek. Padahal kan cuma ban bocor, lokasinya deket pula. Tapi karena itu adalah pengalaman pertama, jadinya ehem nangis dah

    Saya juga pengguna oli federal. Dari dulu cuma kenal oli federal, soalnya cocok banget sama motorku. Recommended juga 😃😃

    ReplyDelete
  11. Pernah pernah HAMPIR keabisan bensin dan duit tinggal seribu haahahaa. Bismillah aja untung udah deket rumah.
    Terus terang saya jg gak ngerti ngrawat motor jd palingan suami yg urus tiap brp bulan bawa ke bengkel hehe :P

    Btw, mbak kalau pakdheku lbh lucu lagi, dia bisa mbenerin mesin mobil, buka bengkel mobil jg, tapi gak bisa nyetir hahaha :P

    ReplyDelete
  12. Oli Federal bagus sih pernah nyoba pass motor sudah saatnya jajan saya belikan Oli Federal untuk performa yang bagus dan tahan lama olinya. Pass menggunakan oli ini motor jadi ringan banget suspensi yang berjalan mulus dan membuat motor jadi alus ketika di gunakan

    ReplyDelete
  13. oh jiaaaah ala bisa itu karena biasa

    dulu aku bahkan bisa ganti busi motorku sendiri..

    sekarang? naik motor aja udah deg deg an hahaaha

    dah lama ga bawa motor..

    btw aku rekomendasiin ah olinya ke suamiku ya.. aku sih ga tau dia pakai apa.. tp ini kayaknya federal oli bagus nih

    ReplyDelete
  14. Iya banget, gue kalo motor mogok di jalan suka bingung sendiri mau ngapain wkwkkwkw

    ReplyDelete
  15. Kalau dirimu sih urusan kendaraan dipercayakan ke bengkel resmi sih. onderdil dan pelumas dipercayakan kepada produsen sesuai merk kendaraan. sebulan 1x untuk cek kesehatan kendaraan

    ReplyDelete
  16. Jamannya motoran, aku bisa bersihin busi sendiri loh Ji...


    Sekarang mah cemen, bawa motor aja aku takut. Takut kenapa napa anakku sama siapa.... *lebay

    ReplyDelete
  17. Iya nih, kita gak bisa hanya pakai aja ya...harus tau sedikit-sedikit tentang motor yang kita kendarai. Supaya kalau ada apa-apa bisa ditangani sendiri.

    ReplyDelete
  18. Mbak Jiah gak sendiri. Aku juga gak paham gitu-gituan. Boro-boro ngerti soal rante, ban, busi, apalagi oli. Ngendarainnya aja aku gak bisa. Jangankan motor, sepeda aja gak khatam wkwkwk

    ReplyDelete
  19. Bapakku kebetulan orang teknik pesawat, apa namanya lupa, wkwkw. Jadi dulu diajarin pas naik motor harus ngerti benerinnya. Jadi aku diajarin juga kalau ganti oli harus yang bagus, si Federal oil ini termasuk yang bagus kata bapakku.

    ReplyDelete
  20. aku ngak tahu tuh otak-atik motor karena memang ngak mau tahu. Asal pakai saja. ntar klo error baru cari tahu :)

    ReplyDelete
  21. Aku udah lama nih pake federal oil. Dan motor nggak rewel walopun dipake keluyuran jauh banget :D

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98