Serunya Arung Jeram Buat yang Enggak Bisa Renang

07:00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apa yang kalian pikirkan jika mendengar kata Bali?

Berlibur? Honeymoon? Pantai? Pulau Dewata? Kalau yang ada di pikiran saya sih, balik lagi ke Bali!

Emang sudah pernah?

Alhamdulillah sudah. Empat tahun lalu saya ke Bali, sendirian pula. Jalan-jalannya di daratan aja. Ke laut pas pulang dan naik kapal. Waktu itu sih hepi biar kata sendiri tanpa ada yang menemani. Sekarang kalau dipikir, kok saya kuper banget?! Kenapa waktu itu enggak manfaatin buat jalan ke tempat lain saat di Kuta? Kenapa saya enggak ini dan itu? Kenapa?!

Yang lalu biarlah berlalu. Kalau ada kesempatan lagi saya ingin ke Bali tapi mainnya di air, seperti arung jeram. Alasannya sih simpel. Karena saya sudah pernah menikmati jalan-jalan di daratannya Bali. Lagian perairan Indonesia itu indah dan luas banget! Sayang kalau dilewatkan!

Ji, di Jeparakan banyak pantai, sungai bahkan air terjun. Ngapai jauh-jauh ke Bali?

Ah itu. Laut di Jepara kan tergolong laut utara sementara Bali ikut laut selatan. Dari segi ombak itu beda. Penguasa Pantai Selatan kan terkenal banget walau sebenarnya enggak ada urusan sama pilihan liburan, hahaha.

Di Jepara banyak laut dan beberapa di antaranya sudah saya kunjungi. Saya dan teman lain pernah camping di Pulau Panjang. Sayangnya saya enggak berani main air. Naik kapal aja peganga sama anak yang nyupir. Beberapa kali ke air terjun seperti Air Terjun Sumenep, Banyu Anjlok juga dan berakhir dengan foto-foto tanpa main basah-basahan. Kalau di laut enggak berani karena tidak bisa berenang, sementara di air terjun enggak berani karena malu dilihat banyak orang dan juga susah saat pulang. Jalannya setapak dan harus naik turun bukit. Kalau badan basah kan bikin susah. Nah makanya saya ingin coba Arung Jeram di Bali. Pasti seru sekali saat kita bisa menikmati olahraga air dari pegunungan. Di Jepara belum ada rafting?!

Yakin mau ikut Arung Jeram? Enggak bisa renang lho, Ji?!

Asal you know aja, Arung Jeram itu bisa buat siapa saja termasuk golongan orang yang tak bisa berenang. Main Arung Jeram sendiri pakai tenaga. Jadi saya mungkin akan terlihat perkasa dari pada mandi di air terjun.

Kalau main air terjunnya sama kamu dan pose kaya gini, bolehlah! 😆

Serunya Arung Jeram Buat yang Enggak Bisa Renang bisa kita nikmati dengan Bali White Water Rafting dari Bali Funky!!!


Apa sih Bali Funky?

Bali Funky itu perusahaan yang nyediain paket wisata artistik dan modern untuk kita yang sedang berlibur ke Bali. Bali Funky nawarin tur fantastis di kendaraan kenyamanan AC dan supir berbahasa Inggris profesional, penjemputan di bandara dan layanan transportasi dengan perhatian terhadap detail & harga termurah tanpa mengurangi layanannya.


Salah satu yang ditawarin Bali Funky ya White Water Rafting di mana kita akan arung jeram dengan perahu karet dan peralatan berstandar internasional mulai dari penjemputan di hotel dan pergi ke lokasi arung jeram, pakai peralatan lengkap, pemandu profesional dan dipulangkan kembali ke hotel dan asuransi. Harga yang ditawarkan untuk turis mancanegara US $ 35 / orang (min 2 orang), sementara wisatawan domestik Rp 350.000 / orang (min 2 orang).

Fasilitas yang disediakan saat rafting antara lain:
  • Layanan transportasi ber-AC
  • Kopi/teh saat datang
  • Peralatan Rafting lengkap
  • Pemandu profesional Bali
  • Penggunaan fasilitas handuk dan shower
  • Fasilitas kamar dan toilet
  • Makan siang dengan berbagai menu oleh Chef bintang 5
  • US $ 50.000 asuransi (kecuali barang pribadi)

Sudah bayangin serunya rafting?!



Bagi pemula seperti saya apalagi yang enggak bisa renang, supaya tetap enjoy saat rafting kita harus tahu beberapa hal:

  • Pilih sungai dengan kriteria kita
Kalau di Bali ada Sungai Ayung Ubud, Sungai Telaga Waja Karangasem dan Sungai Melangit Klungkung. Pilih dari aliran, kedalaman atau lokasi juga.

  • Pilih pemandu yang profesional. Minimal dia bisa menyelamatkan saya, hehehe.
  • Ceki-ceki kondisi badan, stamina dan tenaga.
Karena dalam rafting kita bakal mendayung, ada baiknya latihan gerakan lengan yang banyak biar enggak kesleo. Kalau sudah pandai mendayung, saat naik di bahtera rumah tangga akan lebih mudah #IkiOpoSih.

  • Lapor instruktur bahwa kita enggak bisa renang, apalagi berenang menyeberangi lautan cintamu. Jangan malu wong demi keselamatan diri sendiri.
  • Pakai perlengkapan sesuai badan.
  • Perhatikan posisi duduk yaitu di pinggir perahu karet. Nanti pemandunya akan ngatur.
  • Ikuti instruksi, jangan sok tahu!
  • Awas jatuh dan perahu terbalik!
Tenang, jangan panik, kita pakai jaket pelampung. Saat jatuh, buat posisi tiduran dan jangan melawan arus. Pandang ke depan dan angkat kaki biar kalau ada apa-apa di depan kita bisa menahan dengan kaki. Kalau perahu terbalik, nyelam dulu dan keluar.

Sebenarnya masih banyak banget tur yang ditawarkan Bali Funky. Untuk kali ini kalau ada yang ngajak ya mau rafting dulu habis itu tetep lanjutin main di daratannya, hehehe. Bisa juga mendaki gunung. Lumayan sudah setahun belum mendaki lagi. Tapi untuk sekarang ke Gunung Agung belum bisa ya, statusnya awas! Mungkin lain waktu bisa ikut nyelam. Kali aja sayanya mau belajar berenang, apalagi berenang ke lautan hatimu. Kalau kalian bisa ke Bali, mau ke mana aja sih? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!


"This post is my attempt to be chosen as 1 of the 4 winners of Bali Funky Blogger Hunt in collaboration with Pungky Prayitno"


Sumber gambar dan referensi:
http://balifunky.com/best-deals/bali-white-water-rafting.php
https://www.water-sport-bali.com/tips-rafting-untuk-pemula/
IG @laudyacynthiabella

You Might Also Like

25 komentar

  1. itu foto di air terjunnya kenapa foto yg bikin mupeng coba? hehehe... aku blm pernah nyobain arung jeram, pengen bangeeet :)

    ReplyDelete
  2. wah sepertinya cowok seperti aku yang gak bisa renagn bisa nyoba ini juga nih rafting yang takut tenggelem karena punya pengalaman tenggelem di sungaii..

    si daerah aku ada gak ya...

    ku coba lah tips nya

    ReplyDelete
  3. Kaks, aku fokus sama foto yang berdua itu. Bisa ya pergi ke air terjun dengan pakaian yang formal begitu. Aku mau udah pake celana pendek dan baju ketekan aja. Wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  4. Saya baru nyoba arum jeram di Citarik,,,, emang memacu adrenalin

    Btw, itu murah banget cuma 350 untuk domestik

    ReplyDelete
  5. Kalau lihat orang rafting, kayaknya seruuu gitu ya. Tapi saya kapan ya bisa ikutan? Hemm...
    Eh aku baru tau, nih, ternyata gak harus bisa renang ya kalau mau ikut rafting :)

    ReplyDelete
  6. Aiiiiiih semoga kita ketemu di Bali ya kak Jiaaaaaaah
    Ihiiiir
    Hahahhaa

    Aku juga pengen rafting di white water. Duh laaaah semoga kita sama2 dapat hadiah liburan gratis ini ya kak, hehehe

    Aamiin

    ReplyDelete
  7. Sama2 tempat wisata, kalo di Bali sensasinya beda ya .... hehe

    ReplyDelete
  8. Melting aku liyat yang didepan air terjun. Aku blm pernah tau nyobain arung jeram, rada sedikit serem aih lihat nya.

    ReplyDelete
  9. Kalau saya ke Bali, yang akan saya jelajahi pantai-pantainya yang masih alami dan gak banyak turis.
    Main arung jeram? Berani, gak, ya?? Belum pernah nyobain soalnya.

    ReplyDelete

  10. Aku tuh juga belum pernah arung jeram walaupun di deket sini juga ada, kalau berenang sih bisa cuman nggak pro banget nyahaha takutnya udah habis tenaga duluan kan. Kalau ke Bali aku penginnya suasana pedesaaanya yang adem asri sambil ngopi hihihi

    ReplyDelete
  11. Seneng banget sama arung jeram Mbak. Pengen banget bisa kesana suatu hari nanti. keren banget ternyata ada tempat arung jeram di Bali. Apalagi dijemput langsung di Bandara nya atau hotelnya. Oh iya Mbak, Bali Funky itu nyediain penginapan nggak Mba? :D

    ReplyDelete
  12. Aku pikir gambar pertama yang muncul, fotonya jiah sendiri,aku tertipu kak hehehe

    ReplyDelete
  13. pas, saya ga bisa renang!
    dibelajari pun, guru renangnya jadi ketularan ga bisa renang.

    ulasannya komplit smapai ada daftar paketnya segala wih!
    gambarnya lho bikin ngiler boi..

    pengen rafting

    ReplyDelete
  14. kepingin banget ikutan aarung jeram, suer. Tapi aku kan ga bisa renang, apa ia aman untuk orang yang ga bisa renang kayak aku (malu......)

    ReplyDelete
  15. Bali itu nggak ada matinya ya, selalu saja ada sesuatu yang menyenangkan. Kayaknya sekali dua kali nggak pernah cukup buat explor Bali

    ReplyDelete
  16. Seumur-umur belum pernah ngerasain arung jeram, apalagi pergi ke Bali.. Ajakin aku dong Jiaaah. Eh itu ada paket murahnya ga sih

    ReplyDelete
  17. postingan mba jiah bikin aku makin mupeng buat travelling ke Bali nih.. berasa ditulis spesial buat aku wkwk kebeneran banget pengen arung jeram tapi gak bisa berenang :D

    ReplyDelete
  18. hahahaha dr judulnya aja menyuarakan suara hati.. wakaakakaka

    dulu sblm negara api menyerang aku bisa berenang..

    tapi setelah itu cuma bisa gaya batu..

    karena gaya grafitasi tubuhku cukup tinggi..

    kira kira u org seberat aku aman ga ya ikut rafling disitu?

    ReplyDelete
  19. Yea, Bali! Pas banget bicara Bali. Kebetulan ada kompetisi ttg wisata ke Bali saya jd tertantang bahas kegiatan 3 tahun yg lalu yg tidak pernah saya kisahkan di blog.

    ReplyDelete
  20. Jiaah iih...postingannya bikin baper!
    Aku tuuh paling gak bisa lihat foto teh Bebel sama Abang EE.
    Malah dijadiin header postingan.

    Harusnya kalo ke Bali, pasangan Yaya-Hamish doonk...
    hiihi...kalo mereka ber2, aku ga seberapa baper...karena ga stalkingin IGnya.

    ((komen #opose aku iniih...??))

    ReplyDelete
  21. Seru banget rafting si sungai putih Bali-nya.
    Itu seperti menikmati Bali dengan cara lain ya? Soalnya selama ini Bali identik dengan pantai.
    Semoga sukses lombanya :)

    ReplyDelete
  22. Sy pernah arung jeram tahun 2007 di Bali. Seruuu. .
    Saya ga bisa berenang
    Waktu itu dikasi arahan sebelum naik boat, ternyata teori ga semudah praktek .
    Waktu perahu kesangkut dan sy harus keluar dari perahu...eh kepeleset trus jatuh ..
    Harusnya hanyut aja ikuti arus .Tp saya malah gapai batu dan kebawa pusaran air
    Hahaha
    Untung ditolong teman
    Seru dan tak terlupakan.

    ReplyDelete
  23. Hemn.. wah arum jeramnya keren tuh mba. Apalagi, liburan dibali sih ama temen temen. Apalagi bali juga merupalan destinasi wisatanya banyak banget jadi. Rekomended banget buat liburab kesana

    ReplyDelete
  24. Dulu waktu sma pernah coba arung jeram. Seru!! Udah cuma sekali itu doang :'( Padahal aku gak bisa renang hahha... tapi kan pake pelampung jadi aman...

    ReplyDelete
  25. ini nih lagi ku cari, gak bisa renang tapi pengen maen air, ya arum jeram solusinya wkwk

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98