Oseng Jamur Tiram Enak

October 13, 2017

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Beberapa waktu yang lalu saya lagi pengen makan jamur. Oseng Jamur Tiram Enak buat isian Arem-arem kayanya boleh juga. Biasanya kan diisi tahu atau udang. Tapi saya enggak mau bahas Arem-arem sih soalnya bikinnya itu lama dan prosesnya lumayan njlimet. Jadi yuk mari bicara oseng jamurnya aja!



Jamur atau fungi enak dimakan itu jenisnya banyak. Ada Jamur Kancing, Jamur Kuping, Jamur Tiram dan banyak lagi. Saya ingat dulu setiap musim hujan datang selalu berburu jamur di jalan setapak menuju sungai di belakang rumah. Dapat jamurnya lumayan buat dipepes tapi memang kudu hati-hati banget. Kalau dapat jamur lapor dulu sama Bu e karena enggak tahu beracun apa bukan. Bersihinnya juga kudu sampai dalam karena kadang kalau udah lama ada ulatnya kecil-kecil, putih serupa jamurnya. Kalau kemakan bisa bahaya!

Karena sekarang hujannya belum tentu, saya pun malas berburu. Yaelah, cape jalannya enggak dapet-dapet. Padahal di belakang rumah ada tetangga yang buat budidaya Jamur Tiram. Kemarin saat beli sekilonya 13 ribu. Kalau buat lauk sekali makan karena anggota keluarganya banyak. Kalau cuma berdua, cukup banget lah sekilo ini.

Yuk cas cis cuc bikin olahan Pleurotus ostreatus ini!

Bahan:
  1. Jamur Tiram
  2. Bawang Merah
  3. Bawang Putih
  4. Cabai
  5. Kemiri
  6. Merica
  7. Garam
  8. Gula Putih
  9. Kecap Manis
Cara masak:
  1. Bersihkan jamur.  Potong batang yang keras yang sekiranya kurang enak kalau dimasak
  2. Suwir-suwir jamur
  3. Masukkan jamur pada air panas, sebentar saja lalu tiriskan dan peras sampai hilang airnya. Tujuannya untuk menghilangkan bau jamur
  4. Buat bumbu halus dari Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai, Kemiri, Merica, Garam. Berapa banyaknya disesuaikan dengan jumlah jamur yang akan dimasak
  5. Buat bumbu iris, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai. Ini opsional saja. Jika sudah bikin bumbu halus banyak, ya tidak usah pakai bumbu iris. Jika sukanya bumbu iris, ya iris saja yang banyak mumpung harga bawang belum naik
  6. Tumis bumbu iris. Jika sudah harum baru masukkan bumbu halus
  7. Masukkan jamur, aduk-aduk
  8. Tambah garam, gula putih dan kecap manis secukupnya
  9. Oseng-oseng sampai matang
  10. Siap untuk lauk makan

Kandungan gizi:

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) itu bahan makanan bernutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein dengan kandungan protein tinggi sekitar 10,5-30,4%, kaya vitamin, mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori.

Manfaat:
Nurunin kolesterol
Antibakterial dan antitumor
Hasilin enzim hidrolisis dan enzim oksidasi
Bisa juga buat diet karena seratnya tinggi dan baik bagi pencernaan


Mau ngolah Oseng Jamur Tiram Enak, Jamur Krispi, tinggal pesan sama tetangga, alhadulillah gampang deh. Biar mudah, tapi ternyata budidayanya kudu ada perawatan betul-betul. Untuk sekarang saya belum mampu kaya gitu. Biarlah tetangga saya yang jadi juraga jamurnya, hahaha.

Kalian pernah buat Oseng Jamur Tiram Enak? Atau suka dibuat apa nih jamurnya? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy Blogging!

You Might Also Like

23 komentar

  1. Wah aku bikin osengan gak pernah pake kemiri. Kayanya perlu di coba nih yang pake kemiri

    ReplyDelete
  2. Wah, sama nih kayak aku, kalau masak jamur tiram sukanya dioseng-oseng gitu juga. Dicrispy juga suka, sih. Tapi cepet habis kalo yg ini, soalnya dicemilin aja sama anak-anak :D

    ReplyDelete
  3. aku suka banget olahan jamur mbak, dioseng2 pun enak kan. makan nasi bisa dua kali tambah kalo pake oseng jamur

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget sama jamur, baru tau kalo bisa di oseng juga. Hmm, jadi penasaran mau coba, nanti bilang nyokap ah suruh buat juga.

    ReplyDelete
  5. Aku suka banget jamur, suka beli juga buat di oseng, tp sayang cpwt bgt bsuk ya hrus cepet2 dimasak.
    Kadang kalo dsayur rasany hmpir kayak ayam deh kalo menurur aku

    ReplyDelete
  6. Selain dibikin osengan jamur, biasanya ibu saya memasak jamurnya itu dijadikan semacam kentaki, digoreng kering, dengan krispi yg nikmat. Atau terkadang pula dibikin seperti bakwan, tapi bakwan jamur..

    Bakwan jamur dimakan dengan saos botolan sungguh nikmat, apalagi kalau disantap selagi hangat. Maknyus

    ReplyDelete
  7. enak nih, boleh jadi resep baru. kalau di rumah biasanya jamur tiram digoreng atau dimasak bening aja mbak

    ReplyDelete
  8. Jamur memang enak untuk dimakan, tinggal cara memilih dan berkreasi. Jadi mau mencoba juga Oseng Jamur Tiram Enak yang nampaknya nikmat, mudah juga untuk dibuat ya. Biasanya saya nikmati jamur bersama ayam bumbu saus teriyaki.

    ReplyDelete
  9. Aku kalo jamur doyannya yang keringan aja, kalo dioseng nggak terlalu. Tapi kubaca jamur buat isian arem2 kayanya enak juga deh nyaaaaam, apalagi kalo pedesss. Mantaaap.

    ReplyDelete
  10. Entah kenapa, kl liat foto makanan otak di kepala saya langsung jejingkrakan..

    ReplyDelete
  11. Pak suami suka banget kalau dicrispy sama di bothok. Oseng2 belum pernah bikin, tapi kayaknya lebih enak kalau dikasih saus tiram :)

    ReplyDelete
  12. Besok cari jamur ah ke tukang sayur...
    Btw emang yah saos tiram itu serba guna heheheh. Aku suka pake saus tiram hampir di semua masakan

    ReplyDelete
  13. Kak Jiah tahu banget cara bikin aku laper. ini aku mau beli jamur besok. mau beli bumbu ke pasar tradisional dan beli kue kue lokal. Ayo dukung pasar tradisional

    ReplyDelete
  14. Kalau di rumah, jamur biasanya aku olah disop, tumis gabung sayur2 lainnya atau digoreng. Anakku doyan...


    Cuma satu jamur di rumah yang gak terlalu suka, kuping gajah. Gak tau kenqpa pada gak mau. Ditanya alasannya keras ....

    ReplyDelete
  15. Enak ya tetangganya budidaya jamur. Kalo mamaku suka bikin oseng jamur juga. Tapi kalo aku paling suka jamur crispy hehehe. Pas KKN di Subang, ada pasar malam setiap Rabu malam, kami pasti ke sana buat beli jamur crispy. Enak banget!

    ReplyDelete
  16. Aku dulu pernah budidaya jamur tiram ini. Waktu harga jualnya masih tinggi banget ixxixi menguntungkan sih. Sayang skeg harganya jatuh banget.. Padahal gizinya bagus bgt

    ReplyDelete
  17. Ibu aku gak suka jamur, jadi gak pernah masak deh di rumah. Kalo makan jamur ya di luar hahaha...
    Bahan-bahan resep masakannya mudah didapat ya

    ReplyDelete
  18. Ini menu favorit aku kalau tanggal tua.
    Hahhaa....kebangetan!

    Aku tuuh...suka banget sama si jamur putih ini. Terus digoreng krispy...makannya pas ujan, dicocolin ke sambel kecap atau kasih bubuk cabe.

    Iiih...mantap soul!

    ReplyDelete
  19. ooo baru tau kalau masuk jamur yg jenis itu mesti dipanasin air panas dulu buat ngilangin bau jamurnya hehe. Saya selama ini cuci biasa aja soalnya :D
    Noted, tengkyu tips dan resepnya mabk :D

    ReplyDelete
  20. Jamur itu rasanya gimana sih mba? Jujur saya blm pernah makan dan blm mau makan begituan. Kayanya sih rada anehya.

    Tapi melihat masakan mba jiah kayanya enak banhet untuk dicoba buat nih

    ReplyDelete
  21. Ditabahin janten mbak ji... Jagung manis yang ukurannya kecil... :) Dulu dijakarta makanan fave ini....

    ReplyDelete
  22. Aku suka banget dengan menu dari jamur gini. bakul2 di sekitarku gak ada yang jualan. huhuhu.... dioseng pakai cabe setan... huaaa... suedepeeee

    ReplyDelete
  23. Aku suka cari jamur sendiri mbak. Pas musim panen padi di sawah. Lebih enak dan lebih muraaahh....hehe

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98