Friday, 20 February 2015

Nulis Cakap, Job Review Kudapat

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Tidak bisa dipungkiri menulis di blog membawa dampak positif bagi saya. Dengan menulis otak saya dipaksa untuk berfikir sehingga terasah. Walaupun begitu saya sangat menikmatinya. Dari menulis, saya juga mendapat pundi-pundi hadiah #Dulu. Dari sanalah akhirnya job review datang.

Pertama kali mendapat job review itu ditawarin teman. Ditanyain berapa page rank blog Sisi Lain. Setelah e-mailan dengan pihak yang memberi job tentang syarat dan ketentuan apa yang harus saya kerjakan, akhirnya saya menulis job review untuk yang pertama kali.

Post job review pun terbit. Setelah itu saya laporan via e-mail link postingan yang saya buat. Beberapa waktu setelah postingan saya diteliti, akhirnya fee pun datang.

Dari pihak pemberi job tadinya mau bayar via paypall. Berhubung saya belum punya, akhirnya fee ditransfer lewat rekening. Dasar sayanya ndeso karena baru punya rekening, dapat transferan itu We O We wow banget. Lumayanlah buat beli kebutuhan keluarga sama perlengkapan rumah tangga.

Saya sadar ternyata mendapat job review itu enak. Sama enaknya kalau dapat hadiah buku-buku de el el :uhuk. Mulailah saya meningkatkat tulisan dan tentunya tebar link supaya page rank saya naik. Iseng lagi saya sengaja cari job review. Dapat? Alhamdulillah hehe :smile.

Saya tahu, dibandingkan blog lain dari segi tulisan, page rank maupun alexa rank, Sisi Lain belum ada apa-apanya. Tapi ketika blog kita berhasil dapat job, saya rasa itu adalah sesuatu yang keren. Kenapa keren?

Yang namanya orang memberi pekerjaan, tentunya melihat siapa yang akan mengerjakan. Masa sih? Iya dong :uhuk. Hal yang perlu kita perhatikan supaya bisa dapat job review antara lain:

1. Blog yang punya ranking dan alexa rank mumpuni.

Tidak semua blog bisa mendapat job. Job diberikan kalau blog kita punya ranking atau paling tidak blog kita populer. Masa iya blog sepi komentar dan jarang blogwalking isi satu postingan di kasih job? Tidak mungkin kan? Ingat tujuan job review itu membuat web/apapun yang kita review terkenal. Cara meningkatkan rank antara lain: blogwalking, tebar link, sering posting dan share tulisan. Coba deh tanya Suhu Google!

2. Bisa mengolah kata dengan baik.

Untuk pengolahan kata, selain bakat dalam menulis kita juga harus sering menulis. Dengan banyak menulis, mau tidak mau kita juga belajar bagaimana merangkai kata yang baik dan bisa dipahami orang lain. Kalau kita sudah bisa seperti itu, orang tidak akan malas membaca karena tertarik dengan apa yang kita sampaikan. Coba bayangkan kalau kita menggunakan bahasa alay? Bahasa Vickynisasi yang entah artinya apa. Siapa coba yang akan tertarik?

3. Siapa cepat dia dapat.

Page rank oke, bahasa oke, apa lagi?

Setahu saya, untuk dapat job review kita juga butuh yang namanya kecepatan. Kita harus sadar diri bahwa blog keren itu banyak sekali. Kalau kita tidak cepat, bye bye job review.

4. Faktor keberuntungan.

Kamu sudah memenuhi 3 faktor di atas dan masih belum dapat job? Tenang, kamu mungkin masih punya keberuntungan. Tetap semangat menulis walaupun tidak mendapatkan uang. Siapa tahu tiba-tiba ada e-mail memberi tawaran job. Saya pernah? Iyes :smile.

Saya pernah mendapat job review dari e-mail pengelola salah satu toko online yang terkenal di Indonesia. Hadiahnya bukan uang, tapi voucher belanja. Rejeki, siapa sih yang mau nolak? Dari voucher tersebut saya belikan sepatu. Gaya sedikit lah soalnya biasa beli di pasar :uhuk.


Bagi saya, walaupun fee job review yang saya terima tidak banyak, saya tentu saja sangat bersyukur. Tandanya, apa yang saya tulis itu bermanfaat dan bisa menghasilkan sesuatu. Bangga tidak? Tentu saja.

Jadi, sudah pernahkah kamu mengerjakan job review? Mau job review? Tingkatkah tulisanmu! :smile :bye
"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

21 comments:

  1. jd inget pertama kali dpt job rev awal 2014..senengnya g karuan hihi

    ReplyDelete
  2. pertama kali dapet job review dibayar 50rban aja udah seneng, hehe :D

    ReplyDelete
  3. pengen banget dapat job review ^_^ makasih, ya infonya :)

    ReplyDelete
  4. Belom pernah dapet. Tapi setelah baca ini jadi semangat. At least, selain numpahin ide, jadi ada tujuan lain dari ngeblog. Terimakasih =)

    ReplyDelete
  5. aku juga dapet job review berhadiah voucher belanja, seneng banget padahal aku postingnya gak tiap hari tapi karena ada entri yang rame bisa ditawarin :)

    ReplyDelete
  6. @ mak hana: wow smangat biar dpt lg
    @ juvmom: saya lbh sih, seneng hihi
    @ sri: sama2, smoga hbis ini dpt. Smangat
    @ kening: smoga bd dpt jg, smangat ya
    @ dewi: bejo brarti mak hihih

    ReplyDelete
  7. Pernah dapat sekali-kalinya bayarannya cuma 20 ribu tapi senangnya bukan main

    ReplyDelete
  8. @ dwi: hitung2 buat pengalaman heehe

    ReplyDelete
  9. Pertama x dpt job review tahun 2014 mak dari Traveloka.. rasanya tu...mo gelindingan saking bahagianya ^^

    ReplyDelete
  10. Cuman sekali doang dapat job review, selebihnya ikut lomba blog :D

    ReplyDelete
  11. @ mak muna: saya bantu glindingin mak hiihi
    @ mak leyla: saya beberapa x, ikut lomba sering hihi

    ReplyDelete
  12. Selamat ya mbak Jiah, kalau aku harus banyak belajar nih...

    ReplyDelete
  13. saya belum pernah dapat job review...

    kapan ya bisa seperti mbak jiah..

    ReplyDelete
  14. @boku no: mksh, saya jg msh byk blajar ini
    @gunawan: hrs lbh hebat dr saya dong hehe smangat

    ReplyDelete
  15. Duh semoga aku dapat banyak job review. ..aamiin
    .... (*malah berdoa setelah baca tulisan ini saking mupengnya)

    ReplyDelete
  16. @ mak ade: ikut aminin, tulisan mak ade kan keren :uhuk

    ReplyDelete
  17. Hi, Jiah, seneng baca tentang Job Review ini, walaupun si Makbunbun renta ini blom pernah tuh ngerjain JR dan dibayar, hehe...Pengeeen. Nice posting.

    ReplyDelete
  18. @ bunda yati: yg penting smangat nulis dulu bun, job review kan bonus

    ReplyDelete
  19. Semoga kita beruntung selaluuu :)

    ReplyDelete
  20. Memang asyik ya Jiah dapat job review ... kalo sudah dapat koq rasanya pengen dapat lagi :)

    Moga menang yaa lombanyaa

    ReplyDelete
  21. saya sampe sekarang juga masih senyam-senyum kalau dapet job review hehe

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?