Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Cerita Di Posyandu

Kalian yang punya Balita suka ke Posyandu? Biasanya apa yang kalian lakukan?

Tanggal 11 Mei kemarin, akhirnya Posyandu diadakan lagi setelah libur di saat bulan Ramadan. Pos Pelayanan Terpadu itu merupakan upaya Pemerintah untuk memudahkan Ibu dan Anak mendapatkan pelayanan kesehatan. Dalam praktiknya, kebanyakan untuk anak Balita. Setahu saya, kadang ada kumpulan atau penyuluhan untuk Ibu, tapi memang tidak sesering cek kesehatan untuk anak.

cerita di posyandu

Dari Keponakan masih di dalam kandungan, saya sudah rajin bantu Ibunya untuk periksa kehamilan. Saat Bocil sudah lahir dan butuh suntik ke Puskesmas Jepara, saya yang selalu mengantar. Ke Posyandu pun, saya kadang ikut juga.

Di desa saya, Posyandu dibagi jadi beberapa kelompok. Saya tidak tahu berapa. Yang jelas, untuk RT saya dapat di tanggal 11 tiap bulan jika tidak ada halangan. Kumpulnya ada di salah satu rumah Kader. Jalan kaki sebentar dari rumah, sudah sampai. Saya sendiri akan mengantar Keponakan kalau Ibunya lagi ada udzur seperti sakit, ngurusin cucian, atau sedang pergi yang tak bisa diwakilkan.

Pas tanggal 11 kemarin, Mbak saya dapat undangan ke Balai Desa pukul 08.00 pagi. Si anak baru bangun pukul 07.30-an sementara jadwal ke Posyandu mulai pukul 09.00. Jadilah Mbak meminta saya untuk mengurus si Bocil sementara dia pergi.

Karena masih Mbok-mbokan, saya ajak dia pergi beli susu agar tidak ngereog saat Ibunya pergi. Lanjut sarapan sambil main. Tadinya saya tawarkan untuk mandi hujan dari air keran karena dia suka. Namun karena hujan betulan, mungkin terasa dingin. Jadilah saya mandikan dengan air hangat. Lalu ganti baju, nyiapin buku dan pergi ke Posyandu.

Di Posyandu, sebenarnya pemeriksaannya cukup simpel. Si Bocil nimbang berat badan. Karena sudah besar, pakai timbangan digital di mana dia bisa berdiri. Lalu ukur tinggi badan, lingkar lengan dan juga lingkar kepala. Setelah semua dicatat, bisa langsung pulang. Itu saja. Kata salah satu Kader, sepertinya mending pergi sama saya. Kalau sama Ibunya suka ngereog, hahaha.

posyandu

Oh iya, setelah buku Bocil dicek, ternyata kurang satu suntikan. Mumpung ada Bu Bidan, disuruh nanyain, ini Bocah harus suntik sekarang atau bagaimana. Dihitung-hitung, usianya 30 bulan lebih 11 hari. Untuk campak lanjutan, usia anak paling tidak 30 bulan. Jadi pas banget.

Sebenarnya saya sedikit khawatir karena saat ngobrol dari rumah, Bocil bilang tidak mau disuntik. Terakhir suntik itu waktu BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Agustus 2022. Dia nangis kejer gitu sambil ditunggu Ibunya. Terus ini Emaknya enggak ada. Kok berani-beraninya saya ajakain suntik, ckckck.

Saya tidak bilang sama Bocil kalau mau disuntik. Saya pangku saja dan ajak dia ngobrol juga makan makanan yang dikasih. Saya tengokkan kepalanya ke kanan agar tidak melihat prosesnya. Saya lihatin wajahnya dan nanyain. Apakah oke? Mau nangis? Boleh nangis, enggak papa. Eh ternyata dia santai saja. Amazing! Imunisasinya sudah selesai semua, yey!

Sampai rumah pun langsung woro-woro ke semua orang dong. Nduk cuntik, enggak nangis! Good Job, Girl!

Ya begitulah cerita di Posyandu kemarin. Oh ya, Mbak saya termasuk tertib untuk cek kesehatan anaknya di Posyandu dari anak pertama sampai ketiga ini. Ikutnya pun betulan sampai si anak berusia 5 tahun. Karena lumayan rajin, jadi beberapa kali buku catatannya dipakai Kader untuk laporan. Gratis ini. Sayang dong kalau tidak dimanfaatkan.

Lalu apakah ada Ibu-ibu yang malas untuk ke Posyandu?

 

pos pelayanan terpadu

Oh, tentu saja banyak. Saya tidak tahu apa yang ada di pikiran mereka. Padahal ini penting juga untuk mengetahui tumbuh kembang anak. Ada beberapa alasan misalnya, malu karena anaknya ngereog saat ditimbang dan diukur. Untuk di bawah satu tahun biasanya pakai timbangan yang digantung. Makanya mereka agak takut. Ada yang dibilang gizi buruk karena memang beratnya kurang. Setahu saya, mereka akan dikasih makanan tambahan secara gratis. Lalu ada juga yang memang orang tuanya anti vaksin dan lainnya. Habis disuntik anak panas, rewel lah, dan sebagainya.

Jujur saya merasa kasihan dengan si anak yang punya orang tua model kaya gitu. Namun apalah saya. Wong Kader atau Bu Bidan saja dibantah, apalagi saya yang masih single. So pasti sangat diragukan karena dianggap belum berpengalaman. Doa saya, semoga saya dan pasangan nanti bisa sepakat bahwa mengetahui kesehatan, tumbuh kembang anak itu sangat penting dan jadi hak mereka.

Well, sekian dulu cerita saya. Adakah yang suka ke Posyandu dan anaknya ngereog juga? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

17 comments

Khoirur Rohmah said...

Aku pernah nemenin ponakan yang lagi posyandu juga mbak
Prosesnya juga termasuk cepat, walau kadang anak rewel kalau setelah dapat giliran disuntik, heee

Mpo Ratne said...

Jaman mpo masih jadi petugas dasawisma pasti bikin status posyandu di status wag . Makanan posyandu buat bocil juga gantian tiap RT

Nurul Fitri Fatkhani said...

Posyandu di lingkungan saya juga aktif, Mbak. Banyak balita dan lansia yang memeriksakan kesehatan mereka sekaligus berobat bagi yang memiliki keluhan

Dee_Arif said...

Kalau aku pengalaman ke posyandu cukup traumatik
Bukan karena anakku ngereog
Tapi para petugas yg dengan gampang judge anakku gizi buruk karena dianggap kurus tanpa lihat riwayat KMS nya
Lalu ujung ujungnya anakku dikasih sufor hasil sponsor sebuah peruahaan susu ke posyandu itu
Dahlah

Andiyani Achmad said...

aku termasuk yang jarang ke Posyandu nih mak, padahal ibuku itu suka melaksanakan tugas buat jaga di Posyandu

Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) said...

Suka banget datang ke Posyandu, biar ketahuan kondisi anak juga. Aku tiap bulan bawa anak bayi ke Posyandu juga

Eri Udiyawati said...

Rupanya bukan di tempat saya saja ada yang malas datang ke Posyandu. Kebetulan mama saya itu kader, suka menginfokan jadwal posyandu tiap bulannya.

Ada aja yg ngebantah, ngapain ke posyandu buang-buang waktu. Hhhh..

Siti Hairul said...

Wah keponakannya keren diimunisasi ga pake heboh. Kadang memang kita yang overthinking duluan ya mbk Jiah hahaha

Utie adnu said...

Kadang memang tipe dan watak orang2 beda ya mba..disampaikan baik2 pun pasti membantah, bikin senyum aja biar hati tenang

Banyak cerita di posyandu jadinya nih dg tipe ortu dn anak2nya

Idah Ceris said...

Berasa udah punya anak ya, Jiiah. Hahaha. Anak² biasanya kalau lagi enggak mood emang ngereog. Ditimbang aja enggak mau. Xixixixii

Ivonie said...

Dua anakku dulu juga rajin ke posyandu, lumayan lah bisa tahu perkembangan mereka walau kadang adaa lupa jadwalnya juga hehe

lendyagassi said...

Keren banget, Jiaaa..
Ini aku suka banget karena bisa belajar sedari sekarang bahwa anak-anak kudu banget rutin diperiksa kesehatannya, sudah masuk garsis hijau atau turun atau naik berlebihan, sehingga sebagai orangtua bisa memilah dan memilih nutrisi seperti apa yang kudu dikonsumsi.

Memang aga ribet sih..
Apalagi posyandu di tempatku selalu hari Rabu di minggu kedua.

Alhamdulillah,
Apapun keputusan orangtua dalam mendidik dan memberikan pengasuhan, semoga ada dasar yang mereka yakini benar. Karena anak adalah amanah.

Diah Kusumastuti said...

Aku dari anak pertama sampai kelima sekarang juga terhitung rajin ke Posyandu. Eh tapi ada satu-dua anak yang sering rewel juga sih kalo ke Posyandu. Yang kayak gini emang menguji kesabaran banget, Jiah. Belum lagi kalo anaknya suka minta beli balon kalo ke Posyandu. Huhu.

Syarifani said...

Aku anak pertama sampai anak tiga semua rajin posyandu. Kebetulan mertua dulu kader posyandu, setelah RT di dekat tempat tinggal ngadain posyandu baru ikut yang deket rumah.
Enaknya ikut posyandu itu rutin dikasih vitamin A dan obat cacing. Terus anak anak seneng dapet jajan. Hehe

Nyi Penengah said...

Bulan ini aku klewat ga imunisasi tapi gendis udah 8 bulan jadi rehat imunisasi nanti pas 9 bulan baru mau mulai campak

Adi Pradana said...

kykny minggu kemarin baru nganterin anak saya ke posyandu, g mw ditimbang.

Akhmad Muhaimin Azzet said...

Iya, Mbak, mengetahui tumbuh kembang anak itu penting sekali. Makasih ya ceritanya. Semoga sehat selalu.