Monday, 21 December 2015

Anak Motor

Bismillaahirrahmaanirrahiim....
“Greng-ngreng!!!”

Sumber
Tiap kali dengar suara motor otak-atikan, rasanya sebel!!!. Polusi suara banget, sakit di kuping. Heran deh! Sebenarnya mereka mau pamerin apa?
Dan entah karena hujan dan jamur mulai tumbuh, sinetron tema motor-motoran bermunculan. Adegannya balapan, geng-gengan, ngangkatin ban motor, ujungnya rebutan pacar. Ngomong-ngomong, kalian juga suka sinetron gituan?
Jujur, saya nonton tapi nggak suka. Sebelum saya balik kerja, kadang Bu e nonton sinetron Anak Jalanan. Mau nggak mau saya lihat. Herannya, Bapak saya juga ikutan nonton. Kadang mereka ketawa ketiwi berdua. Kalau saya minta ganti chanel, alamat kena semprot!
Kadang Bapak bilang gini, “Ibumu ngelindur, siapa yang dipanggil? Boy... Boy... Boy!!! Aku suaminya nggak dianggap!”
Betulan Ibumu ngelindurin si Boy?
Hayah! Itu cuma karangan si Bapak aja. Buat lucu-lucuan biar nggak bosen.
Sebenarnya buat saya, dunia otomotif memang nggak asing. Bapak dari dulu naiknya motor, sampai sekarang punyanya motor juga. Dandanin motor? Jangan ditanya, Bapak bisa. Memang sih sekarang ini Bapak jarang betulin motor, paling motor anak-anaknya. Yang masih itu tambal ban motornya.
Saya curiga, mungkin saat Bapak nonton sinetron Anak Jalanan, beliau ini bayangin saat masih muda. Hobi motor, otak-atik motor. Hah! Jangan-jangan pernah balapan juga! Eh tapi Mbak dulu pernah cerita, waktu muda Bapak sering banget ikut pawai saat ada pemilihan. Kalau diingat-ingat, saat saya balita pernah ikut pawai naik motor sama Bapak, hehehe.
Jadi anak tukang bengkel, tahu banyak tentang motor dong, Ji??!!
Kata siapa? Saya mana ngerti mesin motor? Pernah bawa motor dan mogok aja nelfon Bapak. Kalau tempatnya jauh, minta tolong sama orang. Bensin habis saja saya bingung, hihihi. Rantai motor copot, gugup nggak bisa jalan. Pokoknya saya ini nggak banget deh kalau urusan motor.
Kalau mesin motor nggak tahu, nambal ban motor bisa, Ji?
Saya? Nggak bisa, hehe. Kalau para lelaki di rumah sih bisa, cuma yang perempuannya Bu e seorang. Jadi kalau beberapa waktu lalu ada tukang tambal ban cantik nongol di TV, ya tentu dia kalah sama Bu e. Beliau nambal dari saya balita, lho! Kalau sekarang, biasanya anak lanang yang pada nambal. Kalau terpaksa karena nggak ada yang nambal, baru deh Bu e mau. Namanya rejeki, sayang kan kalau ditolak.
Ji, masa kamu kalah sama Ibumu?
Ini bukan pertandingan ya. Sayanya ngetik aja dari pada nyukil ban. Kalau cuma mompa ban, saya bisa. Iyelah tinggal hidupin kompresor, masukin ke ban. Beres!!!

Bagi saya, kamu mau naik motor, jungkir balik nggak masalah asal tidak mengganggu pengendara lain. Tertib berlalu lintas itu perlu. Jangan sok-soan saat di jalan raya. Kesalahan berkendaramu bisa mengakibatkan hilangnya nyawa yang tak berdosa. Jadi, sudahkah kamu berkedara dengan baik dan benar?

10 comments:

  1. serem kalo liat orang naik motor zaman sekarang. mau muter aja ga pake klakson dulu, jadi kesalip. huhu. serem, untung ga kenapa2.

    ReplyDelete
  2. banyak orang yang nembak SIM sih jadinya yang ngendarain motor gak ngerti tata tertibnya

    ReplyDelete
  3. hemmm kadang kitanya yang hati hati orang lain gak atiati juga jadinya kecelakaan :(

    ReplyDelete
  4. ah iya..suka sebel sama perilaku pengendara motor yg ugal2an gitu..

    ReplyDelete
  5. Iya kadang suka zbl kalo ada anak motor pake knalpot besar, masuk gang malem2. Berisiiiiikkk X(

    ReplyDelete
  6. Yup, masalahnya bukan hanya bahaya utk diri sendiri, tp bahaya utk org lain jg :(

    ReplyDelete
  7. Xixixi, ceritanya lucu deh. Emang kadang buah jatuh jauh dari pohonnya, ketiup angin atau pas jatuh di sungai. Jadi, wajar aja kalo gak bisa betulin sepeda atau nambal ban. :D

    ReplyDelete
  8. Aku suka sebel tuh klo yg knalpot motornya kayak kaleng rombeng, trus kalo mau dinaiki digerung2 dulu, berisiiikk banget

    ReplyDelete
  9. Kalo aku emak motor, tiap hari jemput anak2 naik motor hehe..

    ReplyDelete
  10. apalagi di tempat saya banyak anak kecil udah ngendarain motor. Sereemm

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?