Monday, 25 January 2016

Perubahan Dimulai dari Kita

            Bismillaahirrahmaanirrahiim....

            Akhir-akhir ini banyak sekali berita menghebohkan. Dari bom Sarinah, seorang dokter wanita yang hilang, wanita meninggal setelah minum kopi, dan masih banyak lagi. Kenapa harus perempuan? Kenapa banyak kekerasan terhadap perempuan? Kenapa perempuan tidak melawan dan justru malah mudah tergoda?

            Saya sendiri sebagai seorang perempuan harus mengakui bahwa saya juga sering tergoda terhadap sesuatu. Saya tidak mau ketinggalan saat melihat perempuan lain bisa melakukan hal yang luar biasa. Kami sama-sama perempuan. Dia bisa kenapa saya tidak?

           
            Emansipasi wanita, kita menyebutnya itu. Wanita dan pria memiliki hak dan kewajiban yang sama. Ketika lelaki bisa bekerja, wanita juga bisa. Kini tak ada batasan lagi. Semua bebas bersuara. Kita bebas bersuara, lewat sosial media misalnya. Lalu kenapa banyak yang pro kontra dalam melihat sesuatu? Kenapa kebanyakan dari mereka adalah akun milik wanita?

            Satu jam setelah bom di Sarinah, banyak sekali yang menyuarakan diri untuk berempati dengan hastag #PrayForJakarta. Lalu ada juga yang menyuarakan agar tidak menggunakan tagar itu untuk menghindari melemahnya rupiah dan lain-lain. Hingga akhirnya, banyak yang menghujat kepada orang yang mengatakan rupiah akan melemah. Hei, bukankah kita memang diciptakan berbeda-beda?

Sumber

            Kita semua diciptakan dengan sesuatu yang unik, berbeda antara satu dan yang lain. Empati dengan #PrayForJakarta tidak salah begitu juga yang berpikir untuk waspada agar rupiah tidak melemah. Kenapa? Coba bayangkan jika kamu adalah seorang yang bekerja dengan orang asing. Misalnya bermain saham. Naik turunnya saham walaupun hanya nol koma akan sangat berpengaruh. Kalau kita hanya berkutat dengan warga lokal, mana peduli sama dolar?! Perbedaan itu lumrah, karena kita Bhineka Tunggal Ika. Berbeda-beda tapi akhirnya bersatu juga.

            Karena sifat serta pemikiran yang tidak sama, kita tidak mungkin memaksakan sesuatu kepada orang lain. Kita bisa sama-sama berkarya untuk menjadikan Indonesia yang lebih baik walaupun jalannya berbeda. Bukankah perbedaan menunjukkan keragaman dan kekayaan pemikiran?

            Ketika kita bisa membangun sekolah untuk meningkatkan SDM penerus bangsa, ayo lakukan. Jika kita hanya mampu membantu Indonesia dengan tenaga semisal bidang olahraga, kenapa tidak? Saat kita mampu berpikir dan menyuarakan ide-ide kreatif lewat tulisan dan sosial media, mari kita lakukan. Dan bila kita hanya mampu berjuang dengan doa, berdoalah, Tuhan akan mengabulkannya.

            Kita Indonesia, mengahargai setiap karya anak bangsa. Indonesia bisa merubah menjadi lebih baik asal kita mau bersatu dalam perbedaan, bahu membahu dalam mengahadapi masalah.

            KEB (Kumpulan Emak2 Blogger) hadir untuk merangkul para wanita khususnya untuk menyuarakan pemikiran serta karya-karya mereka. Bersama KEB kita berbagi, saling sharing sehingga wanita yang mungkin hanya Ibu Rumah Tangga bisa saling berbaur dengan Ibu-ibu lainnya. Kita bisa berkarya untuk Indonesia tentunya.


            Hai Ledies! Kalian itu keren, kalian hebat dengan cara kalian sendiri. Tak usah malu kalau dirimu berbeda. Tetaplah berkarya untuk bangsa. Keunikanmu menjadi kekuatanmu. Yuk tunjukkan dirimu pada dunia!!! Karena perubahan dimulai dari kita.

Lomba Blog #4TahunKEB dan XL

18 comments:

  1. dollar itu ngaruh banget dimanapun jiah pasti bakal kena imbas kecuali pendapatanmu dibelanjakan dengan ikan dari kolam sendiri dan sayur sama nasi dari kebun sendiri
    kebutuhan seharihari banyak yang impor kok, atau kalau nggak gitu semua yang dibutuhkan untuk produksi yang demikian

    tagar aja bisa ngaruh please lah yaa..orang2 itu mungkin gak tau ngebuzz link di blog aja punya dampak banyak kok. ya kan ji..

    yang ngomongnya begituan paling juga pada kisruh kalau dollar naik banyak terus imbasnya baru ngerasain -__-

    ReplyDelete
  2. Setiap orang punya kelebihan masing - masing.

    ReplyDelete
  3. Tiap manusia memang unik. So, aku juga pede aja lah menuliskan pemikiran2ku di blog :D

    ReplyDelete
  4. Yap, mari kita berkarya dgn perbedaan karena kalo sama semua ya gak bagus juga, ga bervariasi hidup ini hehe..

    ReplyDelete
  5. Kadang karya besar malah tidak mendapat dukungan dari pemerintah karena hal sepele hingga harus diakui oleh negara tetangga (duh, ketinggian), yang penting kalo saya mah bisa ngasih manfaat buat orang lain.

    ReplyDelete
  6. Menghargai perbedaan tetapi tetap memegang prinsip *duh apaaaa :D

    ReplyDelete
  7. Kita berbeda, itu kenyataan, Kita bisa berkarya dalam perbedaan di KEB, itu kenyataan lain ... iya kan Jiah :)

    ReplyDelete
  8. Saya bangga menjadi diri sendiri. Hohohoh. Semoga menang ya ^^

    ReplyDelete
  9. Saya ketinggalan biki postingan buat KEB ini... Padahal sudah bookmark :(

    ReplyDelete
  10. Saya senang diantara perbedaan. Dan setiap perbedaan itu unik.
    Senang jadi bagian dari KEB dan mengenal teman baru.

    ReplyDelete
  11. Jd inget Aa Gym, perubahan itu dimulai dr diri sendiri, mulai dr yg mudah, mulai dr sekarang

    ReplyDelete
  12. perbedaan itu justru membuat semarak :).. bayangn aja kalo semua org di muka bumi itu sama, seiya sekata, ga kebayang ngeboseninnya seperti apa ;p

    ReplyDelete
  13. Hidup wanita!

    Kok gak nyambung?
    Yo ben, postingmu juga gak nyambung. Wkwkwk....

    Aku mau ke Sinanggul... enaknya mampir ke kiosmu gak ya?

    ReplyDelete
  14. Dolar emang ngaruh dengan kebutuhan sehari-hari kita. Kakak saya jualan spare part, jadi tau banget gimana ngaruhnya dolar sama harga barang yang dijual. Kita emang ga beli dolar, tapi kita beli barang yang harganya bisa tergantung dengan dolar :-)
    Semangat berkarya :-)

    ReplyDelete
  15. perbedaan malah membuat kita makin kaya dan berwarna :)

    ReplyDelete
  16. Semoga dengan berkumpulanya KEb, bisa saling memotivasi untuk berkarya lebih baik, ya. Makasih sudah berpartisipasi mak Jiah :)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?