Tuesday, 19 April 2016

Apa Itu Hari Belanja Online Nasional?

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Pernah belanjan online? Atau malah sering? Ada lho hari belanjan online, nasional lagi. Hei, Apa Itu Hari Belanja Online Nasional?


Di Indonesia banyak hari yang diperingati sebagai hari penting mulai dan salah satunya adalah hari penting mengenai belanja secara online. Hari Belanja online nasional adalah hari perayaan yang dilakukan untuk mendorong dan juga mengedukasikan kemudian berbelanja daring. Di Indonesia, perayaan ini telah 2 kali diadakan sebelumnya yaitu di tahun 2012 dan 2013.

Sumbet: Beritajualbelidotcom
Pertama kali dilakukan pada 12 Desember 2012 untuk mempromosikan kepada masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online yang aman dan juga nyaman dan dapat dilakukan kapan saja. Kampanye ini juga dilakukan untuk memajukan industri di bidang e-commerce yang ada di Indonesia dengan pengguna internet di Indonesia yang cukup tinggi yaitu lebih dari 63 juta pengguna. Tajuk 12 12 12 menjadi promo dari salah satu toko online untuk melakukan diskon besar-besaran. Jika di negara lain seperti Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, Kanada mengenalnya dengan Black Friday, di Indonesia dikenal dengan HarBolNas atau Cyber Monday.

Setelah di tahun sebelumnya yaitu 2012, 2013, 2014 sukses digelar, hari belanja online nasional (Harbolnas) yang jatuh atau diperingati di tanggal 12 Desember dikenal juga dengan 1212, memiliki respons yang cukup memuaskan. Rata-rata e-commerce yang melakukan diskon besar. Di tahun 2013, Harbolnas dilaksanakan dan memecahkan terjadinya rekor penjualan online yang ada di Indonesia. Hampir selama 2 tahun, cyber Monday atau harbolnas mengalami peningkatan jumlah peserta dan diskon. Dahulu yang hanya diikuti oleh 7 e-commerce saat Harbolnas namun berkembang hingga 72 e-commerce dan di tahun 2015 mencapai 140 situs e-commerce dengan masing-masing diskon mencapai 90%. 

Di tahun 2015, Harbolnas dilakukan selama 5 hari yaitu tanggal 10-15 Desember dan diikuti 140 situs e-commerce. Masing-masing situs toko online melakukan antisipasi yang sangat matang untuk mengantisipasi adanya masalah misalnya crash pada toko online karena banyaknya pengunjung atau pengguna internet yang ingin membeli atau hanya sekedar berkunjung di toko online tersebut baik dengan menggunakan PC atau menggunakan mobile sebagai alat untuk mengaksesnya. 

Kenaikan peserta hari belanja online nasional diharapkan dapat membawa manfaat tersendiri dan memajukan industri e-commerece yang ada di Indonesia. Ketua dari Harbolnas 2015, Indra Yonathan juga mengatakan jika terdapat kenaikan traffic dari 2014 ke 2015 hingga 10 kali lipat dengan revenue yang meningkat hingga 8 kali lipat. Adanya Harbolnas ini tidak hanya membantu untuk mempromosikan tentang berbelanja online yang aman namun juga dapat dilakukan sebagai salah satu cara atau promosi e-commerce. 

Masing-masing peserta Harbolnas telah mempersiapkan server yang dimiliki untuk berjaga-jaga jika server down. Namun, server yang down membuktikan jika antusiasme masyarakat di Indonesia yang semakin hari semakin gila atau semakin tinggi. Diharapkan dengan ini, masyarakat Indonesia dapat berbelanja dengan aman secara online. Kunjungi Berita jual beli untuk info lebih.

Sampai jumpa. Happy Blogging.

6 comments:

  1. harbolnas bikin ketar ketir dompet..

    ReplyDelete
  2. 1 tahun terakhir saya juga sering sekali belanja online, selain lebih mudah, kita juga lebih tahu pasaran harga barang yang akan kita beli

    ReplyDelete
  3. saya suka banget belanja online, apalagi kosmetik, hihihi :D

    ReplyDelete
  4. harbolnas bikin kekepin atm haha

    ReplyDelete
  5. duh kalau belanja online hampir tiap minggu gue selalu belanja online padahal ga tau deh itu barang yang udah kebeli ada yang kepake atau enggak bahkan ada juga yang udah rusak

    ReplyDelete
  6. emang sekarang ini kebanyakan orang yang belanja online, soalnya males untuk keluar. klo online kan tinggal pesen tunggu kiriman dateng.hehe jadi belanja online itu sangat mudah banget.

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?