Wednesday, 26 April 2017

Yuk Membuat Mie Warna-Warni untuk Menambah Selera Makan Anak

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kadang-kadang anak sulit sekali makan, sebab keasyikan bermain atau nafsu makannya yang berkurang. Maka sebagai orangtua, kita dituntut untuk pintar membuat anak tetap terpenuhi asupan gizinya, salah satu caranya dengan membuat inovasi makanan yang enak dan juga memiliki penampilan menarik. 


Salah satu masakan yang enak, sehat dan cukup mudah dibuat yaitu makanan mie warna-warni. Mie warna-warni terbilang sehat sebab pewarna yang digunakan menggunakan bahan-bahan alami. Tampilan yang menarik dan rasa yang enak akan menggugah selera anak-anak. Kita juga bisa menjadikan mie warna-warni sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

breaktime.co.id
Sebagai pewarna mie, disarankan dari ekstrak sayur atau umbi-umbian dengan berat 38 persen dari berat terigu untuk pembuatan mie. Sebagai tambahan warna mie, berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa kita gunakan untuk menciptakan warna pada mie.


  • Mie Merah. Kita bisa membuat mie merah menggunakan buah bit merah. Caranya sangat mudah saja yaitu dengan mengukus atau merebus buah bit merah terlebih dahulu. Selanjutnya buah bit dihaluskan lalu dicampurkan ke dalam adonan mie. Maka kita akan mendapatkan adonan mie berwarna merah.
  • Mie hijau. Kita bisa membuat mie hijau dari sayur-sayuran bayam, kangkung atau sawi. Sawi menjadi salah satu pewarna mie yang paling baik sebab daya tahan warna hijaunya paling baik dibandingkan kangkung atau bayam. 
  • Mie Orange. Warna orange pada mie juga bisa dibuat. Bahan pewarnanya menggunakan jus wortel yang kemudian dicampurkan dengan adonan mie.
  • Mie ungu. Mie berwarna ungu bisa mudah didapatkan dengan campuran ubi ungu yang sudah dihaluskan. Warna ungu yang kita dapatkan akan intens.

Penggunaan bahan-bahan warna yang alami, selain sehat juga sangat aman jika dibandingkan penggunaan pewarna makanan sintetis. Zat pewarna alami tersebut mengandung banyak vitamin dan gizi lainnya yang dapat bermanfaat untuk tubuh. Setelah mengetahui berbagai macam bahan pewarna alami untuk membuat mie, berikut ini adalah cara membuat mie warna-warni yang mudah dan juga enak.

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat mie warna-warni yaitu :


  1. 60 gram wortel, bit merah, sawi, atau ubi ungu. Pemilihan bahan ini disesuaikan dengan warna mie yang kita inginkan.
  2. 1 butir telur.
  3. Dua sdm minyak sayur.
  4. Satu gelas air putih.
  5. Seperempat tepung berprotein tinggi.
  6. Satu sdm garam.
  7. Tepung tapioka sebagai taburan saat menggiling.


Proses pembuatan mie warna-warni :

Cara membuat mie warna-warni sangat mudah. Pertama-tama haluskan bahan-bahan pewarna alami yang digunakan yaitu wortel, bit merah, sawi atau ubi ungu dengan blender lalu ambil ekstraknya dan sisihkan. Kemudian campur bahan-bahan kering menjadi satu seperti terigu dan garam. Kemudian sisihkan. Selanjutnya, kocok telur dan minyak sayur dalam wadah lalu campurkan dengan ekstrak sayuran atau bahan pewarna hijau, merah, orange atau ungu hingga 250 ml. Kocok hingga tercampur rata. Untuk mendapatkan kualitas mie yang kenyal dan tidak gampang putus, kita bisa menambahkan putih telur pada bahan basah. 

Setelah itu, tuangkan bahan basah warna hijau, merah, orange atau ungu dalam bahan kering sambil diuleni menggunakan tangan. Maka akan terbentuk adonan mie dengan berbagai warna. Uleni adonan hingga kalis. Adonan jangan terlalu basah sebab akan lengket di penggilingan, dan adonan juga jangan terlalu kering sebab menyebabkan susah digiling. Setelah adonan mie jadi menurut warna-warninya, kemudian adonan mie digiling menggunakan mesin mie untuk memipihkan. 

Gunakan tombol 4 dan 3, lalu potong mie dengan tombol 3. Kita bisa melakukannya dengan menaburkan tepung tapioka agar adonan tidak lengket. Selanjutnya, angin-anginkan mie sebentar lalu rebus dalam air yang mendidih yang diberikan sedikit minyak goreng agar bagian-bagian mie tidak menempel satu sama lain. Selanjutnya, tiriskan mie dan siram dengan air dingin. Lakukan hal yang sama pada mie merah, mie hijau, mie orange atau mie ungu. 

Jika tidak ingin mengolahnya sekarang, kita bisa menyimpan mie dalam wadah yang bersih dan ditutup. Simpan dalam lemari es agar lebih tahan lama.

Buat mie itu enggak susah. Dicoba yuk! Sampai jumpa. Happy blogging!

4 comments:

  1. enak ni kalau bisa buat sendiri, aku sering beli yang hijau dari sawi..enak

    ReplyDelete
  2. Lebih menariiikk jdinyaa ya mbaaak makaan mie warna warnii. Apalagii pakai pewarnaa yg alami 😁😁 aman dan tidak khawatir ada efek sampingnyaa. . Hehehe

    ReplyDelete
  3. jangankan anak2, saya jg suka liatnya :)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?