Friday, 14 July 2017

Ini yang Jadi Sebab Sakit Buang Air Kecil

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ramadhan udah kelar Syawal datang, maaf lahir batin semua!

Ramadhan kemarin ceritanya saya lagi ngurangi makan. Dulu seringnya saat buka itu kalap. Iya habis Magrib nahan, tapi begitu Isya’ kelar, masih juga nyari nasi, es, bahkan cemilan yang berbau gorengan. Makan minumnya enggak kontrol banget karena masih menganggap badan enggak akan melar. Tapi Ramadhan lalu, bye-bye deh kelakuan tidak baik itu!

Alhamdulillahnya saya bisa ngontrol karbohidrat dan juga yang berbau minyak. Untuk minum minum es masih tapi memang sedikit. Saya suka teh es atau hangat baik saat buka atau sahur. Satu dua hari normal saja tapi kemudian saya merasakan Sakit Buang Air Kecil. Awalnya saya cuek saja, tidak mau merasa. Lama-lama ngeselin karena itu terjadi tiap sahur sampai pagi menjelang.

Bayangin aja, semalaman enggak bisa tidur gara-gara tongtek, tidur sebentar lalu sahur. Pas nunggu Subuh ini malah pengen pipis terus, mana sakit dan keluarnya sedikit-sedikit. Duh-duh ini beneran ada yang enggak beres. Jangan-jangan kena infeksi saluran kemih!

Saya runut saja dan mungkin Ini yang Jadi Sebab Sakit Buang Air Kecil:
  • Sering menahan pipis. Kebanyakan wanita memang gitu ya. Gimana ya, kita kan lagi solat tarawih terus nahan pipis sebentar sampai beberapa rokaat. Kebiasaan ini sungguh enggak baik dan harusnya dihindari karena menahan buang air kecil itu bisa bahaya buat ginjal. Selain itu, bakteri akan lebih banyak ngumpul karena tidak kita keluarkan.
  • Terkena bakteri E-coli. Nah karena posisi saluran kemih dan anus wanita berdekatan, ini juga kemungkinan besar jadi penyebab sakit buang air kecil yang saya alami.
  • Kebanyakan minum yang mengandung zat deuretik seperti teh. Iya, niatnya kan biar enggak terlalu banyak konsumsi santan. Tapi kebanyakan minum teh juga tidak baik.
  • Kurang minum air putih. Karena kebanyakan minum teh, saya merasa kekenyangan dan lupa banyakin minum air putih. Padahal puasa nahan haus juga lama eh malah konsumsi air putih saya kurangi. Kalau sudah kena anyang-anyangan gini baru sadar deh!
  • Kurang menjaga kebersihan area V. Mulai dari kelembaban, bakteri nyebar dan juga cara cebok saya kemarin kurang betul.

Sudah tahu sebab-musabab dari ISK, saya pun segera mencari solusi agar sakit yang saya alami tidak berkelanjutan. Saya berusaha jaga kebersihan daerah V dan menghindari pemakaian celana ketat. Saya juga mengurangi teh dan memperbanyak minum air putih. Sayangnya, ternyata air putih saja tidak cukup. Ada buah Cranberry yang kaya akan Proantocyanidin yang dapat mencegah penempelan bakteri E-coli. Karena nyari buahnya susah dan juga mahal, saya minum saja Prive Uri-Cran Plus.


Uri-Cran ini mengandung 375 mg ekstrak Cranberry dan 60 mg Vitamin C per sachet. Kalau diminum dengan air dingin rasanya asam-asam manis segar enggak ada pahitnya buah Cranberry. Biar kata enak diminum, konsumsinya saat anyang-anyangan atau pas lagi ISK saja. Kondisi normal malah bikin kita pengen pipis terus kalau minum ini.

Setelah saya mengkonsumsi Uri-Cran, alhamdulillah sedikit demi sedikit sakit buang air kecil hilang. Pipis kembali normal. Rasanya jauh lebih nyaman ketika ISK reda.

Kalian sendiri pernah mengalami Sakit Buang Air Kecil? Bagaimana cara mengatasi ala kalian? Share pengalaman kalian yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

14 comments:

  1. Pernah juga sih ngalamin...Kadang kalo udah pw di depan laptop malas mau kemana mana...

    ReplyDelete
  2. Adik saya prnah ngalami anyang2an ... kasian juga ngeliatnya...'..

    ReplyDelete
  3. Ahhh... aku baru tahu kalo kebanyakan minum teh bisa jadi pemicu ISK. Tapi emang sih yaa.. minum teh bisa bikin kita gampang kebelet pipis. Kalo ditahan2 itu jadi malah bahaya. *ini komen ditulis sambil nahan pipis, berabe langsung mau ke KM* :p

    ReplyDelete
  4. Jadi inget, saya dulu kalau buka puasa cuma minum satu gelas teh anget saja. Baru minum lain-lainnya setelah tarawih. Ya, biar tidak ingin kencing pas tawarih hahaha. Alhamdulillah, air putih selalu terjaga. Minimal tiga gelas setiap harinya. Hehehe.

    ReplyDelete
  5. Pernah banget pas hamil, dan kezel. Udah perut gede pipis terus deh, cuma ya terima nasib aja ya karena itu memang normal adanya pada wanita hamil. Kalo ISK sih belom pernah, kalo beser karena kebanyakan minum sih sering. Hihihihi makasih sharingnya yaa, bisa buat referensi nih kalo ada yang ISK.. :)

    ReplyDelete
  6. Hello mbak, mohon maaf lahir batin jg ya, mumpung msh syawal :D
    Saya dulu jg gtu mbk, sukanya makan (apalagi yg pedes) minumnya es teh manis doank.
    Skrng sih udah insyaf tau pentingnya air putih spy gk anyang2an TFS

    ReplyDelete
  7. Rasanya males memang ya, lagi fokus sesuatu kok malah bolak-balik krn kebelet :-/

    ReplyDelete
  8. Aku malah pernah sampai keluar darah. Dua kali pula! Setelah itu kapok! Gak mau lagi menahan pipis dan selalu sedia tisu basah dan kering di tas.

    ReplyDelete
  9. Anyang-anyangan itu ngeri ya, nahan pipis doang sakitnya begimana deh. Aku pernah ngerasain dan sakit banget. Makanya sekarang beneran enggak mau nahan pipis, enggak mau lagi ngerasain sakit kaya dulu.

    ReplyDelete
  10. Jangan nahan pipis mbak, bisa bahaya.
    Dlu bapaku gitu nahan pipis pas di mobil, eh malah sakit buang air kecil. Semoga gak kambuh lagi ya sakitnya, sehat selalu.

    ReplyDelete
  11. aku juga sering nahan pipis mbak. tapi sekarang nggak lagi deh. selain karena anyang-anyangan itu rasanya nggak enak, juga nggak mau kena penyakit yang lebih parah.

    ReplyDelete
  12. Nahan pipis paling engga enak banget tuu mba. Engga lagi lagi nahan pipis. Kayanya multivitanin uricran plus bagus banget nih vitamin yg terkandung didalamnya sangat banyak dan bagus untuk tubuh

    ReplyDelete
  13. Dulu aku sering banget nahan buang air kecil sampe perut rasanya ga enak banget, untung sekarang udah kenal sama uri-cran juga hehe

    ReplyDelete
  14. Wah pernah banget ini, aku paling ga bisa kencing kalo di tempat umum yg engga banget, kebiasaan di rumah, jadi suka nahan2, dan itu rasanya nggak enak sih :(

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?