Awas! Ada Gerhana!

08:00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Awas! Ada Gerhana! Ya, semalam 7 Agustus sampai dini hari telah 8 Agustus terjadi gerhana bulan. Sebelumnya sudah ada tapi sepertinya saya kurang ngeh dengan fenomena alam ini. Tahun lalu yang paling menyita perhatian adalah Gerhana Matahari.

Apa sih Gerhana itu?

Gerhana adalah fenomena dimakannya Bulan atau Matahari oleh Buto Ijo. Karena enggak kuat ketika masuk lambung, maka Buto Ijo memuntahkannya kembali. Tapi keterangan ini jangan dipercaya karena hanya dongeng semata, hahaha.

Gerhana Bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. (Wikipedia)

Pixabay

Gerhana Matari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. (Wikipedia)

Kalau sedang terjadi Gerhana terutama Bulan, beberapa hal ini pernah saya lakukan:

  • Ngamuk saat diajak lihat bulan. Ini gara-gara Teman saya cerita bahwa lihat gerhana itu bikin buta. Ketika itu kelas 5 SD dan belum ada pelajaran tentang gerhana. Mbak saya santai saja waktu lihat. Saya mah jerit-jerit enggak jelas.
  • Lihat bulan sambil kagum. Saat sudah tahu bahwa gerhana bulan tidak bahaya, saya lihatin saja. Pernah sambil ngobrol di bawah sinar rembulan yang mulai redup.
  • Fotoin gerhana yang padahal di HP enggak kelihatan jelas. Maklum, perangkatnya masih belum canggih.
Enggak kelihatan, hahaha. Diambil 8 Agustus 2017 sekitar pukul 01.40 selesai dari mushola
  • Goyangin pohon dan nepuk-nepuk hewaan ternak. Kalau saya sih goyangin pohon saja. Katanya biar mereka bangun dan nanti bakal berbuah lebat. Mungkin ini hanya mitos.
  • Mandi. Bukan saya yang mandi sih tapi saudara saya yang hamil. Katanya biar bayinya selamat. Entah efeknya apa wong saya belum pernah begitu.
  • Solat gerhana. Kalau yang ini baru saya lakuin akhir-akhir ini. Jaman masih sekolah tahu niatnya tapi enggak dijalankan. Aturan solatnya juga beda.

- Niat

Gerhana Bulan: 

أُصَلِّيْ سُنَّةَ لِخُسُوْفِ الْقَمَرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

{” Ushallii Sunnatal Khusuufil-Qomari Rak’ataini Lillahi Ta’alaa “}

Artinya : {” Saya niat (melaksanakan) shalat sunnah Gerhana Bulan dua rakaat karena Allah ta’ala “}


Gerhana Matahari: 

أُصَلِّيْ سُنَّةَ لِكُسُوْفِ الشَّمسِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى


{” Ushallii Sunnatal Kusuufis-Syamsi Rak’ataini Lillahi Ta’alaa “}

Artinya : {” Aku niat (melaksanakan) shalat sunnah Gerhana Matahari dua rakaat karena Allah ta’ala “}

- Pertama takbirotul ihrom
- Doa iftitah
- Baca Surat Al fatihah
- Baca surat pendek lain seperti Al Kafirun
- Ruku’
- I’tidal
- Berdiri dan baca Al Fatihah yang kedua
- Baca surat pendek lagi seperti Al Ikhlas
- Ruku’
- I’tidal
- Sujud, bangun dari sujud, sujud dan berdiri untuk rokaat kedua
- Rokaat kedua seperti roka’at pertama dengan dua kali baca surat-suratan, dua kali ruku’ dan dua kali I’tidal
- Stelah selesai, Iman akan berkhutbah seperti khutbah solat Idul Fitri/Adha.
- Selesai lalu doa.

Khutbah solat gerhana semalam
Sebenarnya solat gerhana enggak harus jama’ah, boleh sendiri juga. Hanya cara mudahnya kan ikutin Imam solat saja. Kamunya kapan jadi imam solat saya? #Eh. Yang penting banyakin istigfar aja. Begitu baiknya untuk ajaran Agama Islam.

Itu beberapa hal yang saya lakukan saat gerhana bulan. Kalau gerhana matahari total kemarin karena enggak kelihatan jelas, saya di mushola saja. Sekarang enggak pakai goyangin pohon karena pohon yang berbuah udah gedhe-gedhe . Paling lihat hewan ternak di belakang rumah yang ternyata mereka pada berdiri. Mungkin malah mereka yang lebih peka. Untungnya enggak ada yang teriak sampai ngeributin tetangga. Oh iya,masih di Bulan Agustus ini ada Gerhana Matahari tapi bisa dilihatnya di Amerika sana. Ya kali saja ada yang mau streamingan buat lihat, hahaha.

Kalau kalian yang beragama selain Islam, ada ritual tertentu kah? Atau pada umumnya saat gerhana, kalian ngapain aja? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy Blogging!

You Might Also Like

26 komentar

  1. saya kira gerhana bulan malam ini, gak taunya semalam :(

    ReplyDelete
  2. Hihihihi. Kirain judul film apa sinetron. Ternyata beneran ada gerhana. Semalem aku tidur sore jadi gak ngeh sama gerhana. Paginya baru dapet banyak foto soal gerhana

    ReplyDelete
  3. wahhh baru tau, smlm bulannya penuh kirain purnama aja. dulu kl di rmh nyokap dkt masjid sering ikut sholat gerhana, ada infonya jg dr masjid. di jkt ga ada info apa2 dr masjidnya -_-

    ReplyDelete
  4. sebelumnya, aku penasaran. kek gimana ekspresi Mbk Jiah pas wkatu ada gerhana bulan waktu malam2 jerit2 itu mbak, hihiii
    Waktu Gerhana Matahari itu, kbetulan lagi halangan, jadi nggak ikut sholat Kusyuufus Syamsi

    ReplyDelete
  5. Saya juga baru tahu kalau semalam, biasanya ada berita yang heboh di media kali ini rasanya tidak ya. Kalau saya biasanya foto-foto atau mampir ke planetarium kalau sempat untuk melihatnya lebih jelas.

    ReplyDelete
  6. kemarin sempat baca BC tentang Gerhana ini, tapi semalam lupa... kelewatan deh, padahal pingin ngajak anak-anak lihat gerhana juga, biar mereka ngerti...

    ReplyDelete
  7. Waaah. Gerhana yg kemarin ini ga sempat melihat karena ketiduran. Huhuhu.. Tapi, masih disempatkan lihat gerhana matahari tahun lalu. Itu memang rame banget ada sholat gerhana dan memang waktunya bertepatan dengan libur nasional juga ga salah. Nyepi apa ya.

    But, apapun yg terjadi, tetap syukuri aja deh.

    Ohya kak, review bukuku belum jadi kah? Heheheh

    ReplyDelete
  8. Tadi malam memang ada gerhana bulan. Sayangnya di Semarang mendung, jadi tak nampak.

    ReplyDelete
  9. tadi malam gerhanan bulan ya ?
    tapi kok terang banget td malam seperti bulan purnama
    saya malah baru tahu nih

    ReplyDelete
  10. Lah.. Aku baru tau kalau semalam gerhana bulan. Kalau di kampung kami dulu katanya kalau terjadi gerhana, yang hamil musti sembunyi di kolong tempat tidur, entah apa alasannya kenapa begitu.

    ReplyDelete
  11. Wahahaha aku kok ga ngeh ada gerhana bulan :D
    Tp emang, kl mau foto kok ya kecil bgt ya kliatannya, blm canggih alatnya :D

    ReplyDelete
  12. Kalo di rumah suami,kalo gerhana mukulin penumbuk beras

    ReplyDelete
  13. Hihihi memang masih beredar mitos-mitos tentang gerhana ya... Ibu hamil yang disuruh mandi atau nyumput di bawah tempat tidur..

    ReplyDelete
  14. Nah, aku ketinggalan ini, suami saja yang shalat. Padahal kita harusnya shalat sunah ya

    ReplyDelete
  15. wah ada gerhana ya? saya baru tau ternyata disaat gerhana kita harus melakukan sholat sunah dan membacakan bacaan khusus untuk gerhana matahari totalnya. Saya malah asik tidur dirumah pada saat itu hehe

    ReplyDelete
  16. Waktu isya itu saya ngeliat bulannya gede banget dan terang banget. kemudian tidur. nggak tahu kalo ada gerhana bulan. maklum, waktu itu lagi nggak ada kuota internet. pun dengan tv, yang kitanya nggak nonton berita, malah nonton acara dangdutan
    ah elah

    ReplyDelete
  17. Kali ini cuma lihat pas malam aja. Malah gak tau kalai ada gerhana bulan. Sama anak2 duduk di teras, dan muji si bulan yang cantik dari jauh...

    ReplyDelete
  18. aku termasuk yg clueless kalau beginian hahaha, aku aja baru tahu kalau gerhana bulan itu terjadi kemarin dari postingan jiah. hahahahah jd ya nggak ada ritual khusua juga sih

    ReplyDelete
  19. Wah baru tau semalam gerhara bukan. Aku gak lihat keluar cuma tiduran aja kamar haha. Wah kudet tau gitu keluar ya

    ReplyDelete
  20. Gerhana bulan memang indah. Oh iya mba, saya baru tau tentang mitos goyangin pohon atau nepuk2 hewan ternak.

    ReplyDelete
  21. Pantes semalam bulannya terang sekaleeee, hedeehh gak update sayaaahh. Fenomena alam semacam gerhana bulan dan matahari itu emang menunjukkan keagungan Tuhan ya mbak. Sdh layak kalau manusia makin tunduk sama keMaha Kuasaan Tuhan. Terima kasih infonya :D

    ReplyDelete
  22. Say baru ngeh itu gerhana.. ya Allah lupa enggak sholat gerhana. Kalau di sini gerhana Mandi biar bayinya bersih. Hehe

    ReplyDelete
  23. Kemaren sempetin foto dan shalat gerhana di masjid komplek. Makasih ya

    ReplyDelete
  24. Saya bikin liwetan, mbak, udah nulis di blog juga. Disuruh para tante. Kalau kata mamer sih solat sm sedekah ajah. Kalau mama saya gak nyuruh apa2 :D tapi kok gak ada yg nyuruh mandi ya?

    ReplyDelete
  25. saya kemaren gak sadar kalo ada gerhana bulan :(

    ReplyDelete
  26. baru tahu ada gerhana bulan, telat. padahal gerhana bulan bagus dilihat.

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98