Ini Soal Tes Psikologi yang Sering Muncul Saat Daftar Kerja dan Cara Menjawabnya

September 25, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ada rencana buat pergi ke wawancara kerja? Sudah siapin apa saja nih?

Terjun ke dunia kerja saat ini memang melibatkan persaingan yang ketat. Daftar kerja juga membutuhkan perjuangan, sebab tahap-tahapnya beragam. Mulai dari seleksi curriculum vitae (CV), menjawab soal tes psikologi, tahap interview, dan penawaran gaji. Menjawab soal tes psikologi dibutuhkan pembelajaran khusus agar bisa memahaminya secara maksimal. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui soal tes psikologi yang sering muncul saat daftar kerja.

Apa Itu Soal Tes Psikologi?

Soal tes psikologi adalah soal yang terdiri dari beragam pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui dasar-dasar karakter, sifat, dan intelegensi seseorang. Bentuk pertanyaan pada soal tes psikologi memang tidak langsung mengarah ke jenis karakter atau intelegensi kamu, melainkan diajukan dalam berbagai bentuk pertanyaan yang tidak langsung.

freepik

Misalnya berkaitan dengan gambar, pilihan kata, dan lain sebagainya. Dalam setiap pengerjaannya, soal tes psikologi membutuhkan panduan khusus agar seseorang yang mengerjakannya memahami maksud dari soal tersebut. Untuk soal tes psikologi yang sering muncul saat daftar kerja, maka pertanyaan dan pengartian jawabannya juga disesuaikan dengan konteks pekerjaan.

Tujuan Diberikannya Soal Tes Psikologi

Saat proses daftar kerja, soal tes psikologi dibagikan agar tim HRD mengetahui dasar karakter dan intelegensi kandidat atau calon pekerja baru. Di antaranya seperti pengenalan terhadap emosi, imajinasi, intelektual, tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja kamu.

Hal ini penting agar pihak perusahaan bisa menyesuaikan kemampuan kandidat dengan stkamur yang ada. Yakni disesuaikan dengan job desk, budaya perusahaan, dan kemampuan individu maupun kerja kelompok sang kandidat.

Soal Tes Psikologi yang Sering Muncul Saat Daftar Kerja


Sayangnya, meskipun tes psikologi saat ini sudah umum dilakukan di hampir semua proses seleksi kerja, masih banyak kandidat yang belum mengetahui cara tepat menjalani tahap ini. Padahal, ini adalah tahap lanjutan yang penting sebelum kamu menjalani interview kerja dan perusahaan menerima kamu. Ada beberapa soal tes psikologi yang sering muncul saat daftar kerja, di antaranya sebagai berikut ini:

Soal Tes Psikologi Kemampuan Verbal
Soal tes psikologi saat daftar kerja ini menuntut kamu untuk memilih persamaan atau lawan kata dan kolerasi makna dari pertanyaan yang tersedia. Jadi, pengetahuanmu akan keberagaman kosa kata harus luas. Tes ini bertujuan untuk mencari tahu penilaian dasar tentang bagaimana kamu memahami sebab dan akibat dari sebuah permasalahan. 

Untuk menjawabnya, kamu disarankan untuk banyak membaca buku untuk mengasah kekayaan kosa kata yang diingat oleh otak. Kemudian, fokus lah pada pertanyaan agar tidak salah menjawab.

Soal Tes Psikologi Aritmatika
Selanjutnya, ada soal tes psikologi yang sering muncul saat daftar kerja yakni soal aritmatika. Sesuai Namanya, soal ini melibatkan hitungan dan deret angka yang membutuhkan kemampuan berpikir dan berhitung. Soal logika matematika akan disajikan dan kamu diminta untuk menyelesaikannya.

Biasanya, soal aritmatika terdiri dari penghitungan selisih umur, logika memilih deretan angka, dan hitungan (pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) yang dilibaratkan dalam suatu kasus. Beberapa di antaranya merupakan soal logika matematika yang didapat di tingkat pendidikan SMA. Jadi, kamu bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit.

Soal Tes Psikologi Kraeplin
Kraeplin juga menjadi salah satu soal tes psikologi yang sering muncul saat daftar kerja. Kamu akan dihadapkan dengan deretan angka dan diminta untuk menjumlahkannya. Jumlah deretan angka akan sangat banyak dengan waktu sekitar 15 hingga 30 menit. 

Sehingga untuk mengerjakannya, kamu harus tenang dan menghitung dengan waktu yang konstan. Mengerjakan dengan terburu-buru malah akan membuat kamu hanya bersemangat saat di awal pengerjaan dan lelah saat sisa waktu dan soal masih tersedia. Isian dari soal tes psikologi ini menggambarkan konsistensi kinerja dan ketahanan terhadap tekanan kerja.

Soal Tes Psikologi Menggambar Objek
Dalam soal tes psikologi, kamu juga akan diminta untuk menggambar beberapa objek. Seperti pohon dan sosok manusia yang melakukan aktivitas tertentu. Ada pula tes wartegg yakni penyajian beberapa simbol untuk digambar menjadi objek tertentu secara bebas. Untuk mengerjakan ini, kamu sebaiknya menggambar secara detil dan sebaik mungkin. Soal tes psikologi ini bertujuan untuk melihat sisi kreatifitas dan imajinasi seseorang.

Jadi, sudahkah kalian belajar tes psikologi untuk wawancara kerja? Share juga pengalamanmu saat tes ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

0 komentar