Monday, 26 December 2011

Kertas Kecil

Tumbuh lebat,hijau sebagai bagian dari paru-paru bumi. Aku berdiri tegar tempat bercumbunya makhluk Tuhan. Makhluk kecil seperti burung menopang hidupnya denganku. Aku senang karena sampai saat ini hidupku masih berguna.

Matahari tetap besinar bergantian dengan bulan. Hidup terus berjalan dan berganti melewati masa yang kadang kelam. Hidup tak bermasalah, bagaikan air dalam gelas yang tak berarti. Bukankah seharusnya kita bersyukur karena ada kerikil tajam yang harus kita lewati? Bukankah itu tandanya Dia sayang pada kita?

Kini,tangan-tangan penjamah menyentuhku. Bukan tanpa alasan mereka menumbangkanku. Mereka peduli dengan bumi tempak aku berdiri. Tapi, mereka juga butuh bekal untuk tetap hidup. Aku memaklumi itu karena ini memang takdirku. Saat berdiri sendiri, aku terlihat kekar. Namun kini semua telah berubah. Aku tak sendiri karena ada perpecahan tubuhku yang lain. Kini mereka akan berjuang sendiri sebagai bagian kecil dari ciptaan Sang Maha Kaya.

Sebuah kisah kecil dari bagianku. Mereka membawanya pergi jauh entah kemana. Melewati padang ilalang, gunung, lautan dan kini disebuah tempat besar. Ku masih termangu, ternyata banyak juga sepertiku. Bukan aku sendiri yang merasakan kisah ini. Tapi banyak juga dari mereka jauh lebih berkisah.

************
Mentari tersenyum dengan ceria. Mereka memotongku dengan alat yang kata mereka bernama CHIPPER.  Mereka kemudian memasak ku untuk menghilangkan getah dalam tubuhku dan tak lupa memberikan sulfat/sulfit cairan kimia yang berfungsi melunturkan getah. Dari sinilah yang tersisa adalah serat tubuhku.

Setelah getahku hilang, mereka memutihkanku menggunakan chlorin senyawa yang mengandung chlor atau bahan kimia lain seperti peroksida. Setelah semua selesai,dibentuklah lembaran atau pulp yang siap dipakai untuk membuat kertas.

Masuklah aku ke proses pembuatan kertas. Sebagai pulp mereka menghancurkanku dan menggilingku untuk meningkatkan fleksibilitas serat sehingga mempunyai daya strength yang kuat. Setelah tergiling, mereka menambahkan bahan kimia dengan aneka fungsi. Starch berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan kehalusan permukaan kertas. Bahan pengisi untuk menutupi rongga-rongga yang kosong sehingga meningkatkan opasitas kertas. OBA untuk meningkatkan derajat putih kertas. Perentesi untuk membantu meningkatkan retensi bahan pengisi. Sizing atau bahan darih yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan kertas terhadap air,tinta ataupun minyak. Setelah semua selesai,kini seratku siap diolah menjadi lembaran kertas dan dapat digunakan para manusia.(Sumber cara pembuatan kertas)

**********
Lagi, menjadi bagian lebih kecil lagi. Kertas kecil kini menjadi nama bagianku. Bukan lagi putih,tapi lebih banyak lagi seperti pelangi. Aku sekarang cukup cantik. Sampul coklat indah pas menjadi sampul kepalaku. Kertas kecil untuk nota dan membawaku ke tempat itu.Mereka menyebutnya "Toko", sebuah tempat besar dengan berbagai macam benda sepertiku. Asing.... yah mereka memang belum pernah terlintas di otakku. Tak banyak cerita, karena sekian lama aku hanya menunggu seperti teman yang lain. Aku masih menunggu takdir dari-Nya. Berkelana bukan mencari alamat, tapi mencari jalan menuju surga-Nya.

Lama, akhirnya aku bukan milik "Toko" lagi. Kini aku beralih tangan milik gadis itu. Seorang gadis yang membawaku pergi jauh. Inikah akhir kisah itu???

Ternyata bukan.... Karena ini awal dari semuanya. Kau tahu kenapa? Karena sesungguhnya manusia itu pandai berkarya. Mereka menyulap bangsa sepertiku menjadi benda-benda yang indah. Terbersit dalam fikirku, untuk apa semua itu? Meja,kursi,patung, mungkinkah dalam diri mereka ada bagianku???

"Aku bertanya,tapi tak terjawab karena mereka memang bukan diriku"

Aku,kertas kecil itu. Goresan jari menempel pada tubuhku. Sebuah nama J-AJ bertandatangan manis. Sayup-sayup ku dengar perkataannya,

"Dikirim ke Jepang,"

Hatiku bertanya,

"Jepang,dimanakah keberadaannya???"

Untuk yang kesekian kali, kulewati lautan, gunung, dan padang ilalang. Kemana lagi aku akan berkelana? Sampaikah aku pada pintu surganya?

Sang mentari tersenyum sendiri
Sang bayu membelai suasana hati
Kemanakah aku dibawa pergi?
Sampaikah pada surga Illahi?

Hati bergetar
Mengingat dulu aku yang kekar
Ketika awan gelap gemuruh menggelegar
Dan petir kian menyambar

Kini aku harus bersabar
Mungkin kisah ini akan indah
Ku terus berdoa pada-Nya
Mudahkanlah aku Ya Rabb

****************
Kini ku pergi jauh meninggalkan semua kenangan yang ada. Aku harus berjuang menghabiskan masa demi masa ke tempat yang tak pernah ku ketahui. Ini memang takdir Tuhan untukku dan aku harus mensyukuri itu. Lalu bagaimana nasib mereka nanti??? Mereka bagianku yang tak jelas keberadaannya. Ya Tuhan, jagakanlah mereka untukku.

Burung besar mengepakkan sayapnya. Yah kini untuk yang pertama kalinya aku naik pesawat tanpa pasport yang manusia agung-agungkan. Aku seperti bebas dalam tas pemilikku. Langit biru yang indah menghiasi bumi. Awan putih berkumpul penuh pesona. Lalu, nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan?

Aroma harum menyeruak, harum.....Mereka memanggilnya Sakura. Aku melihatnya berdiri tegar disamping makhluk lainnya. Sakura merupakan bunga yang sangat dicintai dan dibanggakan masyarat Jepang dan menjadi simbol nasional bangsa Jepang.

Aku bersembunyi dibalik tas pemilikku. Menikmati keindahan Sakura yang begitu menggoda. Sakura berwarna merah muda sehingga ia tampak putih dari kejauhan. Mekarnya Sakura menandakan awal musim baru di Jepang. Cabang-cabang Sakura yang sarat dengan bunga menjuntai menjulur ke atas air di tepi danau, menimbulkan bayang-bayang yang indah. Dari balik jendela aku terus memperhatikannya secara seksama. Oh Sakura, Mungkinkah kini ada rasa dihatiku?

***************
Kini ku tatap hari
Indah terasa
Karena ada kau
Sakura

Aku berjalan sendiri disini
Setiap hari kau ku pandangi
Tak pernah henti
Terus menunggu hari

Sakura,
Kau Indah
Tak pernah terbayang
Aku jatuh cinta


Gemuruh menggelegar. Aku terganggu saat memandangimu Sakura.
" Apa ini," bisikku dalam hati. Terasa guncangan yang begitu dasyat. Aku terjatuh terdorong sapuan benda lain bercampur air. Secepat kilat semua tak tersisa. Yang ada kini hanya tangisan pilu dari mereka manusia.

Gempa bersekala 8,9 skala richter (SR) mengguncang Jepang pada pukul 05.46 GMT mengakibatkan gelombang stunami. Tsunami menerjang mencapai jarak 5 KM dari garis pantai dan salah satunya tempatku tinggal, Fukushima. Tsunami setinggi 10 meter menyapu kota Sendai sehingga banyak rumah terendam air laut. Gempa ini merupakan salah satu gempa terbesar yang pernah terjadi di Jepang.

Aku terbang melayang. Memasuki pusaran air laut yang garang. Bayangan masa lalu membayang. Dulu saat aku masih di hutan, betapa hijaunya alam ini. Kemudian manusia menumbangkanku dan membawaku pergi jauh. Banyak perpindahan yang aku lewati sehingga aku menjadi sebuah kertas kecil.

Saat di Jepang, hanya Sakura pengobat rasa rindu yang membiru. Menikmati warna dan harumnya, tak pernah ku kira. Lalu bagaimana dengan sakura saat ini? Masihkah dia berdiri tegar seperti saat ku melihatnya pertama kali? Aku merintih, ingin ku pandangi Sakura untuk terakhir kali. Aku belum mengucapkan sepatah kata pun padanya. Kata cinta yang sudah ku bungkus rapi dalam hati, kini ikut terombang ambing dalam lautan- Nya.

Inikah takdir- Nya??? Inikah akhir petualangan hidup itu??? Sampai disinikah kisahku??? Aku melebur bersama hangatnya air dalam samudra- Nya. Inilah saatnya aku terbang ke Surga. meninggalkan semua yang ada di dunia. Ini memang sudah waktunya. Sakura membayang.... Warna khasnya membentang. Tunggu aku Sakura......

Tulisan ini diikutsertakan pada Adventure Giveaway oleh Ayu


46 comments:

  1. OOT: cek email yah.. aku kirim draft projectku itu. sekaligus minta masukan. hehehe

    ReplyDelete
  2. Its freedom... keren banget dah...

    Tunggu aku sakura...

    Aku jg ingin berkata begitu

    ReplyDelete
  3. Posting yang bagus, apik, menggelitik......

    Makasih telah berkunjung ke http://gunawank.wordpress.com/2011/12/24/cita-citaku-ingin-jadi-guru/

    Salam silaturahim blogger.

    ReplyDelete
  4. sungguh post yang sangat singkat padat dan lebar,

    sukss y ga ny.

    ReplyDelete
  5. @ nuell : oke,,ntar aku cek
    @ shereishou : hohoho~ monggo berkata :-D
    @ gunawank : thanks ,,,salam silaturahim ^^
    @ gunawan : hohoho~ bukannya sempit ?? thanks yah :-D

    ReplyDelete
  6. Sakura, kapan yah bisa melihatnya secara langsung?

    ReplyDelete
  7. Waduh jheng.. Sayasangat tidak faham dengn tulisan warna ijo yang dicetak miring!
    Hehehe..

    Sukses ye GA-nya!

    ReplyDelete
  8. duh, aku malah sibuk dengerin lagu back songnya... Sakura... ikutan nyanyi juga. Barusan ketemu dengan banyak orang Jepang di Bali

    ReplyDelete
  9. untuk melihat sakura secara langsung hanyalah sebuah angan angan di pikiranku

    ReplyDelete
  10. sukses yah kontesnya,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  11. keren banget postingannya deh..... moga sukses kontesnya yaaa.....

    ReplyDelete
  12. saya udah posting untuk GA ini. semoga sama2 sukses kawan.

    ReplyDelete
  13. hahaha, kok dhe gk mudeng yaa Jiah ama postingan kali ini.. #malu -__-

    ReplyDelete
  14. bagus sekali postingan ini, saya sampai bingung harus bilang apa.
    Semoga tulisan ini menang, karena memang sangat bagus.

    ReplyDelete
  15. subhanallah bagus mbak nih isi postingan, semoga menang yah..

    ReplyDelete
  16. woww banyak istilah yang gag mudheng nii.. jadi pingin ikutan ngerasain di tengah2 pusaran air itu :(

    ReplyDelete
  17. woah.. calon dapet giveaway nih.. XD

    ReplyDelete
  18. kereeeeeeeeeeeennnn...
    gud lak dah..

    ReplyDelete
  19. Keren euy... kertas bercerita dan imajinasi khayalan asal muasalnya hingga kegunaannya, hidup dalam ceritanyaa....

    ReplyDelete
  20. Luar biasa, ini adalah cerita pendek ilmiah yang sangat berkualitas yang pernah saya baca. Salam kenal...

    ReplyDelete
  21. @ rumah persahaban : saya juga msaih ngayal ^^
    @ kopiah : itu puisi :-D thanks yah :-D
    @ ratnawati : hohoho~ mantep tuh
    @ yudi glanter : sama :-D
    @ saryadi nilan : thanks yah :-D
    @ feby : aminnn :-D
    @ alaika : makasih mb' :-D
    @ rusydi : amiiinnn :-D
    @ dhenok : hohoho~ g papa mb' dhe :-D
    @ dinneno : xixixi,,sampai tersanjung... makasih yah :-D
    @ herry : amiinn,,thanks yah :-D
    @ genial : wah~ kalau bisa jangan..
    @ arif : xixixi,,amiin :-D
    @ kira : wooo~ thanks yah :-D
    @ sam : hehehe~

    ReplyDelete
  22. kyknya kamu hobi bgt ya berburu giveaway..
    kalo menang bagi2 donk...
    hehe
    :D

    ReplyDelete
  23. @ penghuni : hehehe~ kalo menang n semoga menang :-D

    ReplyDelete
  24. ulasan indah perjalanan asal mula selembar kertas :-)
    selamat berlomba ya..salam sukses selalu :-)

    ReplyDelete
  25. wah panjaaang. keren banget
    banyak kalimat 'baru' bagiku. Sukses yah dg lombanya

    ReplyDelete
  26. Postingan-Nya bener-bener kreative. Sederet ungkapan dalam hati terwakili didalam-Nya. Seberkas cahaya menuai cerita akan angan dan kenangan, harap dan ketulusan. Cewek banget dah.. sepertinya ini kunjungan perdana saya salam kenal.. :)

    Mohon dukungan sobat ya? untuk kontes yang tengah berlangsung saya ikuti ditunggu..

    ReplyDelete
  27. tulisan yg warna ijo miring sesuatu banget, aku suka ^_^

    ReplyDelete
  28. wah keren ada cerita tentang sakura :D .
    i like this

    ReplyDelete
  29. @ blogs of : makasih... aminnn :-D
    @ system : amin :-D
    @ Shireishou :heheh~ aminn :-D
    @ berbagi kreativitas : heheh~ langsung ke TKP :-D
    @ basithKA : hohoh~ makasih :-D
    @ arr rian : thanks mas :-D

    ReplyDelete
  30. @ nurmayanti : heheh~ sakuranya jangan di panggil" mb' :-D

    ReplyDelete
  31. kalau lautan,gunung,bahkan benua sudah kau jelajahi
    maka cobalah jelajahi dirimu sendiri sejanak saja,karena kamu akan mengerti tujuan kamu untuk apa hidup sekarang & nanti

    ReplyDelete
  32. @ andy : wah bener juga yah~ thank buat nasehatnya :-D

    ReplyDelete
  33. @ outbound : hehe~ makasih :-D
    @ denah : salam kenal ^^

    ReplyDelete
  34. Bagus ceritanya dan penuh pesan.

    ReplyDelete
  35. salam kenal, blognya bagus banget...

    Jgn lupa kunjungi my blog

    ReplyDelete
  36. wah semoga menang ya?
    hehe dasar makasih sudah mau jadi yang ke 556 :D

    ReplyDelete
  37. @ anak rantau : heheh~ makasih ^^
    @ isfanic : salam kenal,,heheh
    @ ninda : amin... sama" :-D

    ReplyDelete
  38. sakura dalam genggaman tangan...#mau banget

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?