Sunday, 30 June 2013

Mimpi Yang [Tak] Sempurna


My Dream
Hidup berawal dari mimpi
Kamu adalah mimpiku, dan aku
akan membawamu masuk ke dunia nyataku
~catatan diary

Dulu jaman kecil saat orang bertanya, kamu ingin jadi apa? Dengan polos kujawab, "Aku ingin jadi dokter."


Menurutku, menjadi dokter itu sangat mulia. Kita bisa mengobati orang yang sakit. Kita bisa mensosialisasikan tentang kesehatan. Aku pikir, jadi dokter akan sangat menyenangkan. Sampai lulus MTsN pun cita-cita dokterku masih belum tergeser dengan yang lain. Difikir, jadi dokter itu gampang :smile .


Sampai akhirnya aku masuk MAN, aku ingin merealisasikan cita-citaku itu. Yah, nilai pelajaran IPAku tidak terlalu buruk. Bukankah itu bisa menjadi modal awal? Aku ingin masuk PMR sebagai batu loncatan untuk belajar tentang pengobatan. 


Setelah melihat kondisi dan budged yang harus dikeluarkan, mendadak nyaliku ciut. Biaya untuk ikut kegiatan PMR lumayan menguras kantong dan aku tidak mempunyai uang untuk itu. Aku bukan berasal dari keluarga kaya. Aku juga bukan anak yang dengan mudah minta uang untuk ini itu. Aku sering berpura-pura mengatakan uang sakuku masih padahal uangku menipis. Akhirnya aku memilih untuk mengikuti ekskul Teater. Kenapa teater? Entahlah, aku juga tidak tahu. Yang jelas, saat aku disana aku merasa menemukan duniaku. Dunia yang kucari.


Menjadi dokter memang tidak mudah. Banyak hal yang harus kulakukan dan jelas biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Saat kutahu realita yang nyata terjadi, keinginan untuk menjadi dokter mulai terkikis. Aku tetap masuk IPA tapi nilai IPAku standar dan lagi-lagi uang menjadi kendala. Tak usah dibicarakan betapa sulitnya aku menerima, memacu diri untuk berfikir positif.


Sebenarnya, ada juga sedikit keinginanku untuk menjadi seorang guru. Alasannya karena guru itu bisa mengamalkan ilmu pada orang lain. Tapi pada prakteknya saat aku menjadi guru ngaji atau memberikan les untuk anak SD, mereka bilang aku ini galak :uhuk #BerasaJadiMakLampir.


Ah sudahlah. Sepertinya cita-cita yang kuinginkan dulu belum bisa terealisasi dengan baik :smile .


Beberapa waktu yang lalu, bosku pernah menyuruhku untuk menuliskan 100 mimpi yang ingin kucapai. Apa aku menuliskannya? Yah, aku menulisnya walaupun saat ini masih menginjak diangka 20-an. Memang mimpi yang [tak] sempurna. Tapi aku yakin, apa yang kutulis akan menemukan jalannya jika aku mau berusaha. 


Ini sebagian mimpiku :

Menikah sebelum usia 23 tahun
Memiliki usaha sendiri
Membuatkan usaha orang tua
Membantu dan mencarikan donatur Perpustakaan desaku
Menyelesaikan beberapa draft tulisan dan membukukannya
dan masih banyak hal yang mungkin nanti akan terekan di blog ini.


Mungkin 100 keinginan yang kuimpikan terkesan terlalu naif. Tapi tidak ada salahnyakan jika aku bermimpi? Bukankah bermimpi itu gratis dan tidak perlu membayar? Yah, aku akan mewujudkan apa yang aku mau. Bisa saja satu tahun yang akan datang aku menuliskan rincian mimpi-mimpiku di blog ini saat semuanya bisa terealisasi. Semoga saja, sebelum akhirnya aku mati.


Saat ini, walaupun bukan dokter, aku masih bisa mengobati tangan temanku yang luka. Aku masih browsing tentang penyakit-penyakit yang sering terjadi dimasyarakat. Kadang aku juga ikut mengajar les membaca anak kecil. Yah, tanpa predikat sarjana, aku bisa melakukan apapun yang aku mau. Aku bisa berjualan, aku bisa mengurus anak kecil, aku bisa menulis, aku bisa melakukan banyak hal untuk mewujudkan mimpiku, keinginanku.


Aku kan menghilang
Dalam pekat malam
Lepas ku melayang
Biarlah ku bertanya
Pada bintang-bintang
Tentang arti kita
Dalam mimpi yang sempurna
~Peterpan


Hanya Tuhan Yang Maha Sempurna. Tak ada yang sempurna di dunia ini termasuk mimpi. Mungkin bukan hari ini mimpi kita terealisasi, mungkin nanti saat kita berulang kali terjatuh dan kembali berdiri dengan percaya diri. Mungkin bukan di dunia, tapi percayalah mungkin saja doamu sudah menanti diakhirat sana.


“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.”
(Ghafir: 60)


kamu memang bukan yang sempurna, aku pun begitu
Aku kamu masing-masing punya kekurangan
Kita punya cita-cita sendiri dan berhak untuk mewujudkannya
Kamu punya mimpi aku juga
Dalam keterbatasan, kelemahan dan kekuatan kita bersatu
Untuk mimpi kita
Mimpi yang sempurna
Karena kekuatan cinta


"Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Tuppy, Buku dan Bipang di www.argalitha.blogspot.com"

17 comments:

  1. Benar sekali, hidup itu susunan dari berbagai masam impian...

    saat merenung saya bersyukur selama ini memiliki banyak mimpi karena apa yang saya miliki sekarang berawal dari mimpi.

    Terus bermimpi dan semangat menggapainya, ya... :)

    ReplyDelete
  2. "Dalam keterbatas, kelemahan dan kekuatan kita bersatu"

    Kurang tuh keterbatas nya :P
    Semoga menang ya Jiah... Aku belum ikut nih GA ini :D

    ReplyDelete
  3. Barakallah. Saya mengaminkan impian Jiah.

    Moga sukses ya. Dan moga menang :)

    ReplyDelete
  4. 100 impian itu, baiknya memang kita runut menuliskannya, dari impian 1 bulan ke depan sampai impian terindah saat hidup ini.

    Selamat menuliskannya dan saya yakin adik akan mencoretnya satu persatu.

    Saya tukang menuliskan dan mempublikasikan impian, dan alhamdulillah banyak yg dah tercapai. Sampai2 kadang kaget, begitu cepatnya impian tercapai :)

    ReplyDelete
  5. semoga mimpi-mimpi itu menemukan jalan terbaiknya :)

    ReplyDelete
  6. beberapa mimpi kita sama

    hehehe

    good luck!

    ReplyDelete
  7. pelukpeluk, semua impian itu akan jadi pahala untukmu ya sayang...
    jalani saja hidupmu saat ini yaaa, jgn disesali,,okeh,,,

    ReplyDelete
  8. semoga bisa melaksanakan mimpi kedepannya, yang lewat lupakan :) sukses ya Jiah. maaf baru bisa bw

    ReplyDelete
  9. Insyaa Allah bisa terwujud. Insyaa Allah.. Insyaa Allah.. Aamiin!

    jiah, do your best!

    ReplyDelete
  10. kalau gak pakai kata [tak] pasti dikira lagu peterpan :)

    semoga terwujud segala impianmu, Jiah...

    terima kasih yaaa, sudah terdaftar

    ReplyDelete
  11. kalau gak pakai kata [tak] pasti dikira lagu peterpan :)

    semoga terwujud segala impianmu, Jiah...

    terima kasih yaaa, sudah terdaftar

    ReplyDelete
  12. semangka smeoga bisa terwujud. jadi pengen ikutan. kemrin liat mba asiyah juga sama ikutan lomba ini.. aku apa ya? jadi inget cita2ku sampe ngoyo hehe.e.e.

    jiah semngt. aku belum smpt bles FB langsungan.. jarnag ol kemrin

    ReplyDelete
  13. ORA et Labora ya...semoga semua daftar impiannya didengar dan dikabulkan oleh Tuhan:)

    ReplyDelete
  14. mendadak malah inget lagunya peterpan lo jiah
    mimpi yg sempurna :))

    ReplyDelete
  15. ak baca posting malah nyanyi lagunya peterpan saya... hahahaha

    ReplyDelete
  16. kau mau nikah muda yah... umurku udah 23 dan punya pacar aja belum --__-- #malahcurcol

    iya uda dibenerin di draft asli. thank you... iya dimaklumin aja, Andra kan rada rada gila, hahaha

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?