Friday, 8 January 2016

Deadliner Menang Lomba, Beruntungkah?

Bismillaahirrahmaanirrahiim....
Menutup Desember 2015, saya dapat kabar bahwa saya menang sebuah giveaway. Seneng? Banget!!! Niatnya cuma rame-ramein aja, soalnya pakainya foto. Saya sendiri kan nggak terlalu pede kalau liatin foto. Akhirnya saya nulis Melihat Dunia untuk GAnya di hari terakhir lomba. Dan kemenangan berujung pada hadiah Jilbab Syar'i, Cadar, Tumbless manset, dan juga komik. Thanks berat buat Mbak Ninda yang sudah menangin dan Mbak Susi yang sudah mau jepret saya.

Dari awal saya mulai ikutan kuis atau GA di tahun 2011, saya adalah seorang Deadliner sejati. Mungkin yang sering baca curhatan saya akan merasa basi karena cerita pertama kali saya dapat hadiah dari giveaway. Hari terakhir lomba adalah hari pertama saya kenal dengan yang punya hajat. Nekat, saya ikut dan akhirnya dapat hadiah bukan sebagai pemenang tapi peserta. Berikutnya saya mulai ikut lagi dan lagi. Di giveaway Dunia Pagi tahun 2011, saya dapat juara bukan karena bagus, tapi beruntung.
Namanya baru ngeblog, punya teman sesama blogger itu sesuatu banget. Tiap kali lihat mereka menang kuis atau lomba, bawaannya pengen ikutan seperti mereka. Walaupun dalam penggunaan internet saya sangat terbatas, setiap ada kesempatan saya gunakan untuk berburu kuis atau lomba apa pun yang ada hadiahnya. Dan jadi Miss DL tak terelakkan lagi karena memang baru dapat info di hari terakhir lomba.
Gara-gara keseringan ikut kuis walau nggak menang, tulisan lama saya jadi banyak komentatornya. Saya punya banyak kenalan di dunia maya. Akhirnya kami saling berkunjung. Saling berbagi Awards dan juga saling berbagi ilmu. Waktu berlalu, saya sadar bahwa tak selamanya saya mengandalkan keberuntungan. Memperbaiki tulisan, bahasa dan tampilan blog itu perlu agar pengunjung nyaman.
Jadi Deadliner dan menang itu memang #BerkahNgeblog. Tapi, sebaiknya sih jangan. Kalau kamu suka ikutan kuis atau giveaway ini yang perlu kamu lakukan:
  • Lihat dan catat sampai tanggal berapa lomba/kuis/giveawaynya
  • Penuhi persyaratannya
  • Buat materi lombanya
  • Publish, jangan lupa daftarin link ke penyelenggara
  • Share

Giveaway kecil-kecilan, buat apa diikutin? Mending ikutan lomba yang hadiahnya gadget. Langsung berjuta-juta!
Kamu blogger baru dan mikir gitu? Kalau kamu punya kemampuan ya ikut saja. Tapi, nggak ada salahnya lho blogger pemula ikutan giveaway kecil-kecilan walaupun hadiahnya cuma buku. Namanya sebuat pencapaian itu nggak langsung tiba-tiba berhasil. Semua ada prosesnya, begitunya juga dengan seseorang yang menang lomba dengan hadiah besar.
Menurut saya yang malang melintang mengikuti giveaway kecil-kecilan, selain bisa punya banyak teman, kita juga bisa nitip banyak link. Ikut sana-sini bikin blog terkenal. Kalau sudah lumayan dikenal, rejeki nggak akan ke mana.
Untuk blogger pemula yang kepincut lihat blogger lain dapat banyak job atau menang loomba, percayalah, mereka ngeblog nggak cuma satu dua hari. Mereka juga melalui proses panjang dan mungkin menguras air galon #Eh air mata. Dan kita pasti tahu, proses panjang itulah yang menjadikan kita kuat, mengahasilkan konten yang baik yang memang layak dihargai.
Ketika akhirnya kita mengumumkan pada dunia bahwa kita bisa menang suatu lomba, apa itu pamer semata? Itu adalah penghargaan dari kerja keras yang kita lakukan. Dan jika kamu benar-benar ingin jadi pemenang, jangan tunggu deadline. Kerjakan dengan hati dan jangan lupa berdoa. Karena tak selamanya keberuntungan itu menyertai kita.

Sampai jumpa! Happy Blogging!

19 comments:

  1. Selamat ya, Jiaaah.. Aku mau ikutan tp ga sempat foto. Gak boleh kelihatan wajahnya sih, hahaha... Aku jg suka ikutan GA walaupun hadiahnya kecil, utk nambah teman.

    ReplyDelete
  2. Asyiknya yg menang GA.. dulu rajin ikutan GA meakipun hadiahnya kecil tp seneng aja rasanya.sekarang udah jarang bgt ikut lomba :(

    ReplyDelete
  3. Kalo saya, mau lomba besar atau kecil, kalo cocok materi dan persyaratannya, saya hayuk saja . Kalo menang rezeki. Mau besar atau kecil, namanya tetap rezeki. Kalo kalah? Lumayan jam terbang jadi tambah banyak. Jadi tidak ada ruginya :)

    ReplyDelete
  4. asal persyaratnya gak rempong sebatas follow dan posting terus ada waktu buat ikut selalu meramaikan sih aku jiah... kan ada tuh yang rempong banget pengen di follow semua medsos dan blognya :D

    senengnya kalo dari giveaway jadi nambah teman

    oh ya aku menang pulsanya kah? gabisa buka twitter nih hehe

    ReplyDelete
  5. Saya lebih suka ikut GA, dari pada ikutan lomba2 besar di blog (hahahahaha....) soale udah jiper dulaun kalau ikutan lomba yang hadiahnya besar :D

    Selamat ya, Jiah. Semoga ke depannya semakin banyak menang GA. Mengenai pamer, saya juga tukang pamer kok :)

    ReplyDelete
  6. Aku besar kecil ikut semua selama ada waktu dan syaratnya bisa aku penuhi.. malah lebih sering gak ikut yg besar.. syaratnya kebanyakan,, hehe

    ReplyDelete
  7. jadi deadliner itu suka dag-dig-dug ya Jiah... khawatir udah nulis eh malah gak kedaftar karena berbagai macam kendala. betewe selamat ya udah menang :)

    ReplyDelete
  8. Dengan ikut ga bisa nambah koneksi ya ji, keren euy bisa menang..,hihi

    ReplyDelete
  9. selamat ya gan, semoga saya bisa seperti itu

    ReplyDelete
  10. Sayangnya banyak blogger yang mau instan. :D

    ReplyDelete
  11. inspiring untuk saya yang newbie.. semangat ikut GA!!! mihihihiii

    ReplyDelete
  12. Wah selamat ya kak, semoga bisa menjadi pemacu semangat :D

    ReplyDelete
  13. Sebagai pemula, seya masih semangat ikut GA. Asyik jadi nambah teman. Alhamdulillah kalo menang ...

    ReplyDelete
  14. kirain tadi mau nyindir penggemar DL, ternyata..hehe. Saya juga suka lah GA, rame euy jadi banyak kenalan. Menang urusan belakang (ya iyalah pengumumannya masa' duluan)

    ReplyDelete
  15. Barakallah Mba...

    sering ikutan GA tapi baru beberapa menang kecil.. itu sih aku.. wkwkwkwk. eh, alhamdulillah..

    ReplyDelete
  16. Rindu pulak rsnye nak ikut GA. dah lama.....
    barakalllahu Jiah

    ReplyDelete
  17. tapi kadang ada juga deadliner yang sudah mempersiapkan materi jauh2 hari mbak, mungkin publishnya aja yang pas di hari terakhir :D

    ReplyDelete
  18. Selamat ya mba Jiah. Wah aku sering banget kok ikutan lomba walau banyakan nggak menangnya tapi semangat aja lah.semangat sampai menang

    ReplyDelete
  19. Saya deadliner juga publishnya, soalnya nulisnya lamaaaaa satu blogpost aja, hehehe... Jadi ngedraftnya uda lama, trus nanti baru kelar mepet, pada ga pengen mepet T.T

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?